MODEL PEMBELAJARAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY, SOCIETY) BERBANTUAN VIRTUAL LAB BERPENGARUH TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11776Keywords:
model pembelajaran SETS, virtual lab, kompetensi pengetahuan IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, Society) berbantuan virtual laboratory (virtual lab) terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Mayor Metra Denpasar Utara Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain “Nonequivalent control group design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Mayor Metra Denpasar Utara Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 391 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 79 siswa yaitu 32 siswa kelas IV dari SD Negeri 18 Pemecutan yang menjadi kelompok eksperimen dan 47 siswa kelas IV dari SD Negeri 21 Pemecutan yang menjadi kelompok kontrol. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data kompetensi pengetahuan IPA siswa dikumpulkan menggunakan metode tes yang kemudian dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t dengan derajat kebebasan (dk = 32 + 47 - 2 = 77) pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung > ttabel ( 2,96 > 1,980), sehingga H0 ditolak. Demikian pula nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA kelompok eksperimen lebih dari nilai rata-rata kelompok kontrol (1 = 75,72 > 2 = 65,66). Berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran SETS berbantuan virtual lab dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak melalui model pembelajaran SETS berbantuan virtual lab. Sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran SETS (science, environment, technology, society) berbantuan Virtual Laboratory (Virtual lab) berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa IV SD Gugus Mayor Metra Denpasar Utara Tahun Ajaran 2016/2017.
References
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta:Gava Media
Facthan, Ahmad. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Science, Environment, Technology, Society (SETS) terhadap Kemampuan Berkomunikasi Secara Tertululis Berupa Penulisan Karya Ilmiah Bidag Geografi Siswa SMA”. e-Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Volume 21 No. 1 Tahun 2014. Tersedia pada http://journal.um.ac.id (diakses tanggal 3 Januari 2017)
Hermawan, Asep Herry. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembalajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hermansyah. 2015. Pengaruh Laboratorium Virtual terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berfikir Kreatif pada Materi Getaran dan Gelombang. e-Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (Volume 1 No. 2 Tahun 2015).
Suarjana, I Made dan I Made Ngurah Japa. 2015. Pendidikan Matematika III Berpendekatan PMRI dan Perubahan Konstektual. Singaraja: Universiatas Pendidikan Ganesha.
Sutarno, Nono. 2008. Materi dan Pembelajaran IPA SD. Jakarta: Universitas Terbuka.
Kosasih, E. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2014. Metodelogi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Wirati, Ayu Nyoman. 2014. “Pengaruh Model SETS (Science, Environment, Technology, and Society) Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Gugus VI Mengwi Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 2 No. 1 Tahun 2014. Tersedia pada http:// ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 8 Januari 2017).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)