PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POGIL BERBANTUAN PETA PIKIRAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11773Keywords:
hasil belajar IPA, model Process Oriented Guided Inquiry Learning, peta pikiranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL berbantuan peta pikiran dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model POGIL berbantuan peta pikiran. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan penelitian non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2016/2017. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji t independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar IPA siswa setelah diberikan perlakuan model POGIL berbantuan peta pikiran berada pada kategori sangat tinggi dengan rata-rata 25,21; (2) hasil belajar IPA siswa yang tidak diberikan perlakuan model POGIL berbantuan peta pikiran berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 18,58; (3) terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model POGIL berbantuan peta pikiran dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model POGIL berbantuan peta pikiran. Hasil perhitungan uji-t independent diperoleh thitung = 6,7 dan ttabel = 2,002 (thitung > ttabel) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, model POGIL berbantuan peta pikiran berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa.
References
Anam, Khoirul. 2016. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Cetakan Ke-2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barthlow, Michele J. dan Scott B. Watson. 2011. “The Effectiveness of Process-Oriented Guided Inquiry Learning to Reduce Alternatif Conceptions in Secondary Chemistry”. School Science and Mathematics. Volume 114. Nomor 5. (Halaman 246-255).
Brickman, Peggy. 2009. “Effect of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence”. International Journal Scholarship of Teaching and Learning. Volume 3. Nomor 2.
Buzan, Tony. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hale, Dena dan Linda Greef Mullen. 2009. “Designing Process-Oriented Guided-Inquiry Activities: A New Innovation for Marketing Classes”. Marketing Education Review. Volume 19. Nomor 1. (Halaman 74-80).
Hanson, David M. 2006. Instructor’s Guide to Process-Oriented Guided-Inquiry Learning. Lisle, IL: Pacific Crest.
Kemdikbud. 2014. “Pendidikan Indonesia Gawat Darurat”. Tersedia pada http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/node/3571 (diakses tanggal 30 Desember 2016).
-------. 2016. “Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan”. Tersedia pada: http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12 /peringkat-dan-capaian-pisa-indonesia-mengalami-peningkatan (diakses tanggal 30 Desember 2016).
Lestari, Desak Putu Sri. 2016. “Pengaruh Model POGIL dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD”. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 4. Nomor 1.
Santyasa, I. W. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Singaraja: IKIP Undiksha.
Sari, S. D. C. dkk. 2015. “Pengaruh POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) Disertai Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Asam Basa”. Program Studi Biologi, Fakultas Biologi, Universitas Kristen Satya Wacana.
Simonson, S. R. dan Susan E. S. 2013. “Implementing POGIL in Undergraduate Biomechanics: Lessons Learned by A Novice”. Journal of STEM Education. Volume 14 (Halaman 56 – 63).
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Cetakan Ke-2. Jakarta: Prenadamedia Group.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Cetakan Ke-1. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Wardani, T.Y.P. 2015. “Pengaruh Model Heuristik Vee dengan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. E-journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 3. Nomor 1.
Warsono dan Hariyanto. 2014. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Cetakan Ke-3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wiratma, I.G.L. 2010. “Politik Pendidikan dalam Pengembangan Kesadaran Kritis dan Jati Diri”. Jurnal IKA. Volume 8. Nomor 2. (Halaman 107-122
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)