PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK PROSES MENGOMUNIKASIKAN DALAM MODEL TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i2.21715Keywords:
Pendekatan Saintifik, Time Token, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik random sampling. Sekolah yang dijadikan sampel yaitu kelas IV SDN 1 Tukadmungga sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SDN 1 Pemaron sebagai kelompok kontrol. Data hasil belajar bahasa Indonesia dikumpulkan dengan metode tes berupa tes objektif dan tes uraian. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskritif dan uji-t. Berdasarkan analissi data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung = 2,42 lebih besar dari ttabel = 2,006dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa. Di samping itu, didapatkan pula bahwa mean kelompok ekperimen adalah 29 dan mean kelompok kontrol adalah 26,29. Berdasarkan hal tersebut, penggunaan pendekatan saintifik proses mengomunikasikan dalam model time token berpengaruh positif terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas IV SD Gugus XIV Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.References
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasi Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung:Yrama Widya
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogjakarta: Gava Media
Dibia, I Ketut dan I Putu Mas Dewantara. 2014.Bahasa Indonesia Keilmuan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogjakarta: Pusta pelajar
Juliati,Wayan. 2013. “ Pengaruh model Time Token berbantuan gambar berseri terhadap keterampilan birbicara siswa kelas V SD gugus I Gianyar”. E-jurnal Mimbar PGSD. Universitas Pendidikan Ganesha, Vol:1, No: 2, 9
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Ragam Pengembangan Model Pelajaran. Jakarta: Kata Pena
Musfiqon, Hm dan Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Muslich, Mansnur.2012. Bahasa Indonesia Pada Era Globalisasi.Jakarta: Bumi Aksara.
Mustikawati, Nyoman Diah. 2015. “Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Menyimak dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tema Cita-Citaku pada Siswa Kelas IV SDN Desa Peguyangan Ditinjau Dari Jenis Pertanyaan Guru”. E-jurnal Mimbar PGSD.Universitas Pendidikan Ganesha Vol.3 No1
Ningsih, Suwarti. 2014.”Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bercerita Siswa Kelas III SD Negeri 1 Beringin Jaya Kecamatan Bumi Raya Kabupaten Morowali”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol:2, No: 4, 244
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)