PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21743Abstract
Permasalahan yang terjadi di kelas V SD Negeri 1 Banjar Bali adalah kurangnya bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran siswa secara mandiri. Bahan ajar yang digunakan hanyalah buku cetak yang secara keseluruhan di dominasi oleh sajian teks saja. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menggambarkan rancang bangun pengembangan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter yang dikembangkan, (2) untuk mengetahui validitas pengembangan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter, (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu: (1) metode kuisioner, dan (2) tes obyektif tipe pilihan ganda. Analisis data menggunakan analisis deskripstif kualitatif, kuantitatif dan statistik inferensial/induktif uji-t.(1) Rancang Bangun Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter meliputi 5 tahapan: tahap Analisis (Analysis), Tahap perancangan (Design), Tahap pengembangan (Development), Tahap Implementasi (Implementation), Tahap evaluasi (evaluation). (2) Lembar Kerja Siswa bermuatan karakter valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan Lembar Kerja Siswa bermuatan karakter berpredikat sangat baik (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (92,63%), (c) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat baik (77,93%), (d) hasil review uji coba perorangan menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (91,20%), (e) hasil review uji coba kelompok kecil menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (95,11%), (f) hasil review uji coba lapangan menunjukkan Lembar Kerja Siswa Bermuatan Karakter berpredikat sangat baik (93,76%). (3) LKS IPA bermuatan karakter yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar IPA (thitung = 4.077 > ttabel = 1,67155 pada taraf signifikansi 5%).
Kata Kunci: aktivitas higher order thinking, inkuiri terbimbing, perangkat pembelajaran
References
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perada.
Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Refrensi Jakarta
Agung, A. A. G. 2014. Buku Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing
Ernawati, Andi. Misykat, M. Ibrahim,A,A. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Multiple Intelligences Pada Pokok Bahasan Substansi Genetika Kelas Xii Ipa Sma Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek Volume 5,No 2, Desember. Terdapat pada http://journal.uin alauddin.ac.id /index. php/biotek/article/download/4276/3999 (Diakses tanggal 27 April 2019).
Fathurrohman, P. H., dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Reflika Aditama.
Febrianti, Erni. Sri,H. Kasmadi,I,S. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Larutan Penyangga Model Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education 4 (1). Terdapat pada https:// journal. Unnes .ac.id / sju / index .php/jise/article/view/6890/5841 (Diakses tanggal 27 April 2019).
Sudarma, K. Tegeh, T. & Prabawa, D. A. P. 2015. Desain Pesan Kajian Analisis Desain Visual Teks dan Image. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tegeh, I Made & Kirna, I Made. 2010. Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Tegeh, I Made. dkk. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Yogyakarta Graha Ilmu.
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter (Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)