ANALISIS ASESMEN PROYEK DALAM PEMBELAJARAN PKN BERORIENTASI PENDIDIKAN NILAI TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Desak Putu Parmiti, Ndara Tanggu Rendra

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis perbedaan secara bersama-sama sikap sosial dan hasil belajar antara kelompok
siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK; (2) menganalisis perbedaan sikap sosial siswa
antara kelompok siswa yang diberikan asesmen proyek dalam pembelajaran PKn berorientasi pendidikan nilai (APMKN) dan
kelompok siswa yang diberikan model pembelajaran konvensional (MPK); dan (3) menganalisis perbedaan hasil belajar
antara kelompok siswa yang diberikan (APMKN) dan kelompok siswa yang diberikan MPK. Penelitian ini merupakan kuasi
eksperimen. Data yang dikumpulkan adalah sikap sosial dengan angket sikap sosial, dan hasil belajar PKn dengan tes. Teknik
analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial MANOVA satu jalur. Hasil penelitian
menunjukkan (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap sosial dan hasil belajar PKn secara bersama-sama antara
kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK; (2) terdapat perbedaan yang signifikan
sikap sosial antara kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang diberikan MPK. Hasil belajar PKn
kelompok siswa yang diberikan APMKN lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang diberikan MPK; dan (3) terdapat
perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara kelompok siswa yang diberikan APMKN dan kelompok siswa yang
diberikan MPK. Kepada Guru PKn, disarankan mencoba menerapkan asesmen proyek dalam pembelajaran teknik klarifikasi
nilai pada pembelajaran PKn.


Keywords


asesmen proyek; pendidikan nilai; sikap sosial; hasil belajar PKn

Full Text:

PDF

References


Candiasa, I M. 2004. Statistik Multivariat Dilengkapi Aplikasi dengan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri

Singaraja.

Dantes, N. 2012. “Perspektif dan Kebijakan Pendidikan Menghadapi Tantangan Global.” Makalah, Disampakaian pada

Pelatihan Dosen Muda Undiksha, 5 Nopember.

Elmubarok, Z. 2009. Menumbuhkan Pendidikan Nilai: Mengumpulkan yang Terserak, Menyambung yang Terputus, dan

Menyatukan yang Tercerai. Bandung: Alfabeta.

Kalih, I K. 2011. ”Pengaruh Implementasi Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Terhadap Hasil Belajar Pendidikan

Kewarganegaraan Ditinjau dari Sikap Sosial Siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3

Negara).” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Lasmawan, W. 2004. ”Pengembangan Model Pendidikan Berdemokrasi dalam Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.”

Laporan Penelitian, (tidak diterbitkan), IKIP Negeri Singaraja.

Linda, N. Eyre, Richard. 1995. Teaching Your Children Values. New York: Simon sand Chuster.

Likert, R. 1991. Organisasi Manusia. Terjemahan oleh P. Suratno. Jakarta: Erlangga.

Muslich, M. 2009. KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. N. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwanti, E., Widodo, E., Masduki, Pamtiwati, Y., Rofieq, A., Uoto, D. P. 2008. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta:

Departemen Pendidikan Nasional.

Raths, L.E., Harmin, M. dan Simon. 1978. Value and Teaching: Working With values in the Classrom. Second Edition.

Columbus: Charles E. Merril Publishing Company.

Seifert, K. 2012. Pedoman Pembelajaran & Instruksi Pendidikan. Diterjemahkan oleh Yusuf Anas. Jogyakarta: IRCiSoD.

Sarapung, N. E. 2010. “Penerapan Model Pembelajaran VCT Berbasis Multicultural Guna Meningkatkan Prestasi Belajar

Agama Kristen pada Siswa SMAK Soverdin Tuban.” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Sudiana, I N. 2010. “Pengaruh Metode Pembelajaran Teknik Klarifikasi Nilai (TKN) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan

Kewarganegaraan Ditinjau dari Sikap Politik pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Petang.” Tesis, Universitas

Pendidikan Ganesha,.

Syah, M. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Umbara, S.P. 2011. “Pengaruh Penerapan Asesmen Proyek Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Sikap Sosial (Studi

Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Tegallalang).” Tesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Zuriah, N. 2008. Pendidikan Moral & Budi Pkerti Dalam Perspektif Perubahan, Menggagas Platform Pendidikan Budi

Pekerti Secara Kontekstual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i1.17963

Article Metrics

Abstract view : 971 times
PDF file view : 628 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.