PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL BERORIENTASI TRI KAYA PARISUDHA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v2i3.16372Kata Kunci:
CTL, tri kaya parisudha, hasil belajar matematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha,dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha,terhadap mata pelajaran Matematikasiswa kelas III SD di Gugus III Semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian ini adalahsiswa kelas III SD Negeri 3 Dencarik berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD Negeri 2 Dencarik berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit = 3,22 > ttab =1,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudhadan kelompok siswa yang tidak dibelajarkanmenggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudha pada siswa kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Saran dari penelitian ini adalah agar dapat digunakan sebagai pedoman dalam penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha, dalam bidang matematika maupun bidang ilmu lainnya yang sesuai, serta peneliti juga diharapkan memperhatikan kendala-kendala yang di alami dalam penelitian ini sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan penelitian yang akan dilaksanakan.
Referensi
Agung, A. A. G. 2014. Buku AjarMetodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Arsani. S. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berorientasi Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD.E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.
Aryani. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contectual Teaching Learning) Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.
Atmaja, I. M. N, Arniati, I.A.K. 2010. Etika Hindu. Surabaya: Paramita
Danu, I. M. 2014. Ajaran Weda dalam Filosofi Hindu. Surabaya: Paramita.
Dewi. Candra. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berlandaskan Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1.
Mardana. I. N, Sumartawan. I. K., dkk. 2005. Semara Ratih Pendidikan Agama Hindu. Denpasar: Perpustakaan Nasional.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. 2017. Departemen Pendidikan Nasional.
Ratih. 2014. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Pemodelan Media Sederhana Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, No 1.
Riastini, P. N. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja. Undiksha Singaraja.
Ruhimat, T., Ibrahim, R. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Singer, I. W. 2013. Tata Susila Hindu. Surabaya: Paramita
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)