PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NUSA PENIDA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959Kata Kunci:
inkuiri terbimbing, sikap ilmiah, hasil belajar IPAAbstrak
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikutipembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran
konvensional, 2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional,
3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control group design. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah 87 orang dan sampel penelitian berjumlah 46 orang yang diambil dengan teknik simple random
sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA dan data
sikap ilmiah dikumpulkan menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan
inferensial (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang
mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 0,007
> Ftabel= 0,05); 2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 0,000 > Ftabel= 0,05) dan 3) secara simultan, terdapat
perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa
yang mengikut pembelajaran konvensional (F= 0,000; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa.
Referensi
Agustiana, I. G. A. T dan I. Nym. Tika. 2017. Konsep dasar IPA aspek fisika dan kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Antara. I. Gd. W. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”.
e-journal pendidikan universitas pendidikan ganesha program studi PGSD (volume 5 Tahun 2017).
Dewi, N.L., N.Dantes, I W. Sadia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil
Belajar IPA”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3. Tersedia pada
http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/ view/ 512. Diakses pada 23 Mei 2019.
Shoimin, A. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Sari, N. L. B. A. 2017. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap
kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV”. e-journal pendidikan universitas pendidikan ganesha program studi
PGSD (volume 5 Tahun 2017).
Satiasih, N.L., A.A.I.N. Marhaeni, I N. Tika. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap
Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun
Pelajaran 2013/2014”. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3. tersedia pada
https://media.neliti.com/media/publications/122294-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terb.pdf. Diakses
pada 23 Mei 2019.
Susanto, A. 2014. Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Suryani, N dan L. Agung. 2013. Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)