PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NUSA PENIDA

Penulis

  • Ni Kadek Tri Widani Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dewa Nyoman Sudana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Kata Kunci:

inkuiri terbimbing, sikap ilmiah, hasil belajar IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran
konvensional, 2) untuk mengetahui perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran
dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional,
3) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain post-test only control group design. Jumlah populasi
dalam penelitian ini adalah 87 orang dan sampel penelitian berjumlah 46 orang yang diambil dengan teknik simple random
sampling. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen tes hasil belajar IPA dan data
sikap ilmiah dikumpulkan menggunakan non tes dengan instrumen kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan
inferensial (MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang
mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 0,007
> Ftabel= 0,05); 2) terdapat perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing
dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional (Fhitung= 0,000 > Ftabel= 0,05) dan 3) secara simultan, terdapat
perbedaan hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa
yang mengikut pembelajaran konvensional (F= 0,000; p<0,05). Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA dan sikap ilmiah siswa.

Referensi

Agustiana, I. G. A. T dan I. Nym. Tika. 2017. Konsep dasar IPA aspek fisika dan kimia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Antara. I. Gd. W. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”.

e-journal pendidikan universitas pendidikan ganesha program studi PGSD (volume 5 Tahun 2017).

Dewi, N.L., N.Dantes, I W. Sadia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil

Belajar IPA”. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 3. Tersedia pada

http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_pendas/article/ view/ 512. Diakses pada 23 Mei 2019.

Shoimin, A. 2014. 68 model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sari, N. L. B. A. 2017. “Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media audio-visual terhadap

kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV”. e-journal pendidikan universitas pendidikan ganesha program studi

PGSD (volume 5 Tahun 2017).

Satiasih, N.L., A.A.I.N. Marhaeni, I N. Tika. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap

Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun

Pelajaran 2013/2014”. E-journal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol.3. tersedia pada

https://media.neliti.com/media/publications/122294-ID-pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terb.pdf. Diakses

pada 23 Mei 2019.

Susanto, A. 2014. Teori belajar & pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.

Suryani, N dan L. Agung. 2013. Strategi belajar mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).

Diterbitkan

2019-08-21

Cara Mengutip

Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. T. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DAN SIKAP ILMIAH PADA SISWA KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN NUSA PENIDA. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17959

Terbitan

Bagian

Articles