Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS

Penulis

  • Ni Putu Diah Rahayu Ningtyas Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Tegeh Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non equivalent post-test only control grup desain. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang berjumlah 129 siswa. Dipilih melalui random sampling dengan menggunakan teknik undian untuk mendapatkan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes pilihan ganda. Adapun mean dari hasil analisis data yaitu kelas eksperimen (83,85), dan kelas kontrol (73,13). Analisis data selanjutnya menggunakan uji-t memperoleh hasil thitung = 2,78, berdasarkan taraf signifikan 5% dengan dk = 49 mendapatkan ttabel = 2,015. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 2,78> ttabel = 2,015. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa kelas V SD antara yang dibelajarkan dan yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual. Terdapat pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhdapat hasil belajar IPS siswa kelas V SD Tahun Pelajaran 2019/2020.

Biografi Penulis

Ni Putu Diah Rahayu Ningtyas, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

I Made Tegeh, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan

Putu Aditya Antara, Universitas Pendidikan Ganesha

Jurusan Pendidikan Dasar

Diterbitkan

2020-09-30

Cara Mengutip

Ningtyas, N. P. D. R., Tegeh, I. M., & Antara, P. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 120–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28967

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2