Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X

Penulis

  • Gusti Kade Agus Sulaksana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43397

Kata Kunci:

E-Modul, Model Pengembangan, Pendidikan Karakter

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini berfokus terhadap pembelajaran yang masih bersifat konvensional diikuti dengan hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Untuk itu, diperlukan adanya inovasi media yang dapat menunjang dan mengoptimalkan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pengembangan e-learning berbasis schoology. Subjek penelitian yaitu 1 ahli isi mata pelajaran, 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 27 siswa untuk uji coba. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu pencatatan dokumen, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu analisis deskriptif kualitatif, analisis deskriptif kuantitatif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas e-learning yang dikembangkan dinyatakan valid dengan masing-masing penilain (a) hasil review ahli isi mata pembelajaran dengan persentase 95,00%  kategori sangat baik (b) hasil review ahli desain pembelajaran dengan persentase 92,72% kategori sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran dengan persentase 91,11% kategori sangat baik, (d) hasil uji coba perorangan dengan persentase persentase 92,98% kategori sangat baik, (e) hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 91,46%, dan (f) hasil uji coba lapangan dengan persentase 92,53% kategori sangat baik. E-learning yang dihasilkan berada pada kualifikasi sangat baik, sehingga layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar siswa.

Biografi Penulis

Gusti Kade Agus Sulaksana, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Luh Putu Putrini Mahadewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

Referensi

Agung, A. A. . (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Alten, D. C. . van, Phielix, C., Janssen, J., & Kester, L. (2019). Effect of Flipping The Classroom on Learning Outcomes and Satisfaction: A Meta-Analysis. Educational Research Review, 28(100281), 1–18. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2019.05.003.

Andriyani, N. L., & Suniasih, N. W. (2021). Development of Learning Videos Based on Problem-Solving Characteristics of Animals and Their Habitats Contain in Science Subjects on 6th-Grade. Journal of Education Technology, 5(1), 37–47. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.32314.

Ansyari, M. F. (2018). Developing a Rubric for Assessing Pre-Service English Teacher Struggles with Instructional Planning. Cogent Education, 5(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1507175.

Arif, & Yeniawati. (2018). Pengantar Desain Pembelajaran. Jambi: Pustaka Ma’Arif Press.

Aryawan, R., Sudatha, I. G. S., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 180–191. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/20290.

Astra, I. M., Raihanati, R., & Mujayanah, N. (2020). Development of Electronic Module Using Creative Problem-Solving Model Equipped with Hots Problems on The Kinetic Theory of Gases Material. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 6(2), 181–194. https://doi.org/10.21009/1.06205.

Bajrami, L., & Ismaili, M. (2016). The Role of Video Materials in EFL Classrooms. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 502–506. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.068.

Campen, K., Carolien, A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of Audio Support on Multimedia Learning Processes and Outcomes in Students with Dyslexia. Computers and Education, 150(February), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858.

Coles, A. (2019). Facilitating The Use of Video with Teachers of Mathematics: Learning from Staying with The Detail. International Journal of STEM Education, 6(5). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0155-y.

Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33–47. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157.

Fatmala, N. E., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Kontekstual Berbasis Multirepresentasi pada Materi Hukum Newton Ttntang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/13141/9439.

Fisnani, Y., Utanto, Y., & Ahmadi, F. (2020). The Development of E-Module for Batik Local Content in Pekalongan Elementary School. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.15294/IJCET.V9I1.35592.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri Dalam Berbagai Bidang. Guepedia.

Gürsoy, G. (2021). Digital Storytelling: Developing 21st Century Skills in Science Education. European Journal of Educational Research, 10(1), 97–113. https://doi.org/10.12973/EU-JER.10.1.97.

Hermanto, Y. B., & Srimulyani, V. A. (2021). The Challenges of Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 46–57. http://repositori.ukdc.ac.id/id/eprint/833.

Hilyana, F. S., & Muhammad, M. H. (2018). Integrating Character Education on Physics Course with Schoology-Based E-Learning. Journal of Information Technology Education: Research, 17(1), 3–21. https://doi.org/10.28945/4164.

Ismawati, M., Tegeh, I. M., & Jampel, I. N. (2018). Pengembangan Modul Berorientasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 di SMP Muhammadiyah 2 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 278–284. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20322.

Khusniyah, T. W. (2020). Efektivitas E-Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 4(3), 207–214. https://doi.org/10.30998/sap.v4i3.6283.

Komalasari, K., & Rahmat, R. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126. https://doi.org/10.29333/iji.2019.1218a.

Lange, C., & Costley, J. (2020). Improving Online Video Lectures: Learning Challenges Created by Media. International Journal of Educational Technology in Higher Education 2020 17:1, 17(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/S41239-020-00190-6.

Lubis, M. (2020). Peran Guru pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264.

Makaruku, V. K., & Makulua, I. J. (2021). Manajemen dan Penerapan Pembelajaran Sistem Revolusi Industri 4 . 0 dalam Pembelajaran pada Sekolah Menengah Pertama di Kota Ambon. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Indonesia (JIIPI), 1(1), 49–56. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jiipi/article/view/3216/2597.

Maulana, R., Ahmad, A., & Akbar, R. (2021). Pelatihan Bahasa Inggris Menggunakan E-Learning bagi Anak Pekerja Pabrik Batu-Bata di Gampong Kajhu. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61–68. https://doi.org/10.35870/ajad.v1i2.14.

Meyera, O. A., Omdahlb, M. K., & Guido, M. (2019). Investigating the Effect of Pre-Training When Learning through Immersive Virtual Reality and Video A Media and Methods Experiment | Elsevier Enhanced Reader. Computers & Education, 140, 1–17. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603.

Noor, M. E., Hardyanto, W., & Wibawanto, H. (2017). Penggunaan E-Learning dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di SMA Negeri 1 Jepara. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 6(1), 17–26. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i1.15572.

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763.

Pangestu, R. D., Mayub, A., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Desain Media Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Video pada Materi Gelombang Bunyi. Jurnal Kumparan Fisika, 1(1), 49–55. https://doi.org/10.33369/JKF.1.1.48-55.

Rosnihayati, R. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i1.4110.

Satyawan, I. M., Wahjoedi, W., & Swadesi, I. K. I. (2021). The Effectiveness of Online Learning through Undiksha E-Learning During the Covid-19 Pandemic. Journal of Education Technology, 5(2), 191. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.32364.

Sole, F. B., & Anggraeni, D. M. (2018). Inovasi Pembelajaran Elektronik dan Tantangan Guru Abad 21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 10–18. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.79.

Solihat, A., & Yusuf, S. (2020). Pendidikan Prakarya dan Kewirausahaan pada Era Revolusi Industri 4.0. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(2), 78–82. https://doi.org/10.35899/biej.v2i2.97.

Suartama, I. K. (2014). E-Learning: Konsep dan Aplikasinya. Undiksha Press.

Suchaina. (2018). Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Bimbingan Konseling, 6(2), 97–104. http://ejurnal.uij.ac.id/index.php/EDU/article/view/578.

Sudarwati, N., & Rukminingsih. (2018). Evaluating e-learning as a learning media a case of entrepreneurship e-learning using schoology as media. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 13(9), 269–279. https://doi.org/10.3991/ijet.v13i09.7783.

Sudewa, K. A., Sugihartini, N., & Divayana, D. G. H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo Dengan Discovery Learning Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VIII Di SMP Lab Undiksha Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 25–37. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.29407.

Sugiarto, T. (2020). E-Learning Berbasis Schoology Tingkatkan Hasil Belajar Fisika. CV. Mine.

Susanto, A. (2017). Manajemen Peningkatan Kinerja Guru (Konsep, Strategi, dan Implementasi). Pernada Media Group.

Syauqi, K., Munadi, S., & Triyono, M. B. (2020). Students’ Perceptions toward Vocational Education on Online Learning during The COVID-19 Pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 881–886. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20766.

Tegeh & Jampel. (2017). Metode Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Tinungki, G. M., & Nurwahyu, B. (2020). The Implementation of Google Classroom as the E-Learning Platform for Teaching Non-Parametric Statistics during COVID_19 Pandemic in Indonesia. International Journal of Advanced Science and Technology, 29(4), 5793–5803. https://www.researchgate.net/publication/342719907.

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476.

Wiratama, G. N. K., & Margunayasa, I. G. (2021). E-Modul Interaktif Muatan IPA pada Subtema 1 Tema 5. Mimbar PGSD, 9(2), 175–182. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.34805.

Diterbitkan

2022-02-21

Cara Mengutip

Sulaksana, G. K. A., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0: E-Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas X. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 135–145. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43397

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>