Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbasis Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar PKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21780Keywords:
tri kaya parisudha, word square.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn menyebabkan proses pembelajaran tersebut kurang mengaktifkan siswa sehingga berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V di Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 118 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 42 orang siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan menggunakan metode tes berupa pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 butir. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yaitu uji-t. Nilai rata-rata kedua kelas, yaitu kelas eksperimen = 81,16 sedangkan kelas kontrol = 68,69. Hasil analisis data menunjukkan thitung = 28,02 dan ttab = 2,021, sehingga thitung lebih besar dari ttab (28,02>2,021). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD di Gugus XIV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Saran dari peneliti ini adalah agar dapat dijadikan sebagai bahan rujukan dalam penelitian lebih lanjut tentang model pembelajaran Word Square berbasis Tri Kaya Parisudha dalam bidang PKn maupun dalam bidang ilmu lainnya yang sesuai.
References
Agung, I. G. N. (2014). Penyajian Analisis Data Sederhana. Rajawali Pers.
Ahmad, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group.
Aqib, Z. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Yrama Widya.
Astaawan, dkk. (2018). Teori & Aplikasi Model Pembelajaran Trikaya Parisudha di Sekolah Dasar. Undiksha Press.
Ayu, I. G., Perdani, M., Gading, K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda di Kelas IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1–10).
Kurniasih, dan B. S. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Kata Pena.
Linda, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Dengan Strategi Crossword Puzzle Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP Unsyiah, 3(2), 32–44.
Saputra, P. A., Tegeh, I. M., & Widiana, I. W. (2017). Pengaruh pendekatan starter eksperimen (starter experiment approach) berbantuan video terhadap hasil belajar IPA kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/11042/7092
Sari, N. P. A., Kristiantari, M. G. R., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Literasi sebagai Budaya Sekolah terhadap Pengusaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. E-Journal PGSD, 5(2), 1–10.
Sudiani, N. L., Dantes, N., Kusmariyatni, N., Pendidikan, J., Sekolah, G., & Ganesha, U. P. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA dengan Kovariabel Kemampuan Berpikir Kritis. 2(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Ktsp). Jakarta: kencana Prenada Media group.
Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Kencana.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)