Model Circuit Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.25584Abstract
Hasil kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V masih tergolong rendah berdasarkan pencatatan dokumen siswa yang belum mencapai KKM lebih besar di bandingkan siswa yang sudah mencapai KKM yakni dari 122 siswa, 84 siswa tidak mencapai KKM atau persentase keseluruhan siswa yang belum mencapai KKM yaitu 69% dan siswa yang sudah mencapai KKM 38 siswa atau presentase siswa yang telah mencapai KKM yaitu 31%. Hal tersebut terjadi dikarenakan kurang adanya variasi dalam penggunaan model serta media pembelajaran dan kurangnya suasana belajar yang kondusif. Signifikan atau tidaknya Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Audio Visual Tarhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD menjadi tujuan dalam penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent Post-Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 122 siswa, teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS adalah tes, dengan jenis tes objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 25 butir. Data yang dikumpulkan yaitu data kompetensi pengetahuan IPS yang dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian setelah diberikan perlakuan yaitu mendapatkan rata-rata hasil post-test pada kelompok eksperimen sebesar 20,38 dan pada kelompok kontrol sebesar 17,35 dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar (4,59) dan ttabel sebesar (2,01). Karena rata-rata hasil kompetensi pengetahuan pada kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol dan diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel berarti dapat ditarik simpulan model pembelajaran Circuit Learning berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.
References
Adiwiguna, I. W., Wiarta, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2016). Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Pendekatan Saintifik Berpengaruh Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7253
Anjarsari, K. Y., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Chips Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10659
Astuti, H. D., Suara, I. M., & Abadi, I. B. G. S. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Dan Kemampuan Berpikir Kritis Tema Sejarah Peradaban Indonesia Siswa Kelas V SDN 1 Sumerta Tahun Ajaran 2015/2016. Mimbar PGSD, 4(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7239
Dewi, N. P. D. A., Wiyasa, I. K. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2017). Pengaruh Model Kooperatif Talking Stick Berbantu Question Card terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa kelas IV. Mimbar PGSD, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10790
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pelajar.
Hutami, T. S., & Hastuti, H. (2019). Keefektifan metode CIRC , role playing , dan VCT dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 1–12. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/12809/12839
Istijabatun, S. (2019). Peningkatan hasil belajar dan sikap sosial siswa melalui model kooperatif J-Trow terintegrasi penilaian peer assessment. Jurnal Pendidikan Sains (Jps), 7(1), 22. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.22-29
Kumalasari, R., & Susanto, B. (2017). Pengaruh layanan informasi bimbingan konseling berbantuan media audio visual terhadap empati siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 20. https://doi.org/10.25273/counsellia.v7i1.1162
Lasmawan, W. (2016). Pendidikan IPS. Medikom Indonesia Press Bali.
Lestari, N. M., Suniasih, N. W., & Darsana, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Berbasis Lagu – Lagu Anak Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKN. Journal of Education Technology, 1(3), 163–168. http://dx.doi.org/10.23887/jet.v1i3.12500
Lovisia, E. (2017). Penerapan Model Make A Match Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA Negeri 2 Kota Lubuklinggau. SPE, 1(1). https://doi.org/10.31539/spej.v1i1.58
Meiyani, K. S., Putra, M., & Suadnyana, I. N. (2017). Pengaruh Model Quantum Teaching Melalui Karyawisata Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10836
Murwantono, M., & Sukidjo, S. (2015). Peningkatan hasil belajar IPS dengan model problem based learning berbantuan media stimulan gambar. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 30–41. https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/4601/4496
Putra, C. A., & Setiawan, M. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 3(1). https://doi.org/10.21067/jbpd.v3i1.2958
Putra, M., Darsana, I. W., & Darmayanti, N. K. A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbasis Reinforcement Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. International Journal of Elementary Education, 1(2), 145–152. http://dx.doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11607
Romaliyana, R. Y., Putra, M., & Sujana, I. M. (2019). Pengaruh Model Circuit Learning Berbantuan Media Flipchart Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V. Media Komunikasi FPIPS, 18(1), 22–30. http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v18i1.22235
Saputra, I. G. N. H., Joyoatmojo, S., & Harini, H. (2018). The implementation of project-based learning model and audio media Visual can increase students’ activities. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 166–174. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.224
Sawitri, N. N. R., Suniasih, N. W., & Sujana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Circ Berbasis Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(2). http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i2.16420
Suaeb, S., Degeng, I. N. S., & Amirudin, A. (2018). Meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V melalui penerapan pembelajaran kooperatif model teams games tournament ( TGT ) berbantuan media tebak gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 146–154. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10435/5111
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2019). Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 4(1), 13. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v4i1.1204
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan model pembelajaran value clarificationtechnique berbantuan media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53. https://doi.org/10.33830/jp.v20i1.772.2019
Thorifah, S. B. A. A., & Umam, K. (2019). The Influence Of Use Audio Visual Media To Increase The Development Of Early Childhood Language. Indria, 4(2), 146–155. http://dx.doi.org/10.24269/jin.v4n2.2019.pp146-155
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)