Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27243Kata Kunci:
Concept Sentence, Flash Card, Keterampilan MenulisAbstrak
Keterampilan menulis karangan deskripsi siswa belum optimal disebabkan oleh kurang bervariasinya penggunaan model dan media pembelajaran sehingga proses belajar kurang menyenangkan dan cenderung membosankan. Maka dari itu, dilakukan penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD. Eksperimen semu dengan desain Non Equivalen Controlgroup Design digunakan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 9 kelas terdiri atas 230 siswa. Metode dalam pengumpulan data yaitu metode tes, dan instrumen berupa tes uraian. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t polled varians. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai thitung = 2,170 > ttabel = 1,990, pada taraf signifikansi 5% dengan (dk= 39+42–2=79) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis karangan deskripsi antara kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card dan kelompok yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD. Dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence berbantuan media flash card berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD.
Referensi
Ain, N. Q. (2018). Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan
Alawia, A. (2019). Penerapan Media Gambar Lingkungan Sekitar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 2, 147–158.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Ed. 2. Jakarta: PT Bumi Aksara
Cahyani, N. W. S. Y.A (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Consept Sentence Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2 No 2, 203–210.
Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers.
Emilsa, G. L. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas SDN 188 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5 no 2, 101–114.
Hapsari, D. S., & Sutansi, A. M. (2018). Model Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan), 13–20.
Hermawati, W. A. C. A. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V, 38–49.
Huda, M. (2014). Model - Model Pengajaran dan Pembelajaran Isuisu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karim, K. H. A. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Kata Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas VIII SMP NEGERI 1 Banawa Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 3.
Kurniasih, A. (2019). Penerapan Pendekatan CTL Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Pada Kelas V SD. Jurnal Pendiidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 100–109.
Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin (2015). Ragam pengembangan model pembelajaran untuk peningkatan profesionalitas guru. Bandung: Kata Pena
Kurniawan., H. (2015). Pembelajaran Kreatif Bahasa Indonesia (Kurikulum 2013). Jakarta: Pranamedia Group.
Khaq, A. I. (2019). Keefektifan Modal Pembeajaran Concept sentence Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Kelas III SD Negeri Karangrejo 01 Bonang Dema. 6 (2), 155–160.
Lubis, J. A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Di SMA Negeri 3 Padangsidimpun. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 3, 34–40.
Mirnawati, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2, 165–177.
Mulyani, S. (2017). Penggunaan Media Kartu (Flash Card) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Mutasi bagi Peserta Didik Kelas XII. Jurnal Profesi Keguruan, 2, 143–148.
Nanda, K. A., Putri, T. A., Afifah, E. M., Nofianti, S. E., & Inke Putri Agustin, H. Q. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Flash Card Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal RAP UNP, 11 no 1, 25–23.
Nurhayati, N. A. (2018). Analisis Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dalam Bahasa Indonesia Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas VII SMP N 18 LAU Kabupaten Maros. Jurnal Ilmu Budaya, 2.
Pradana, P. H. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 2 (1), 25–31.
Rahman, A. F., & Atmazaki, A. (2018). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Indonesia Berbasis Teks Di SMP Negeri Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7, 9–6.
Rosadi, L. M. (2018). Kombinasi Strategi Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatakan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1, 103–106.
Rosdiana. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Pokok Bahasan Mendalami Cerita Ulang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2, 405–416.
Sumerti, N. L. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 22 Dauh Puri. Ejurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2, 1–10.
Suryaningrat, H. N. dan E. F. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Roll The Can Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Karangan Narasi. 1, 21–30.
Taufina. (2016). Mozaik Keterampilan Berbahasa di Sekolah Dasar. Bandung: Angkasa.
Ulwiya, N. (2018). Pengaruh Media Flash Card Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6 ( 4).
Wardani, F. D. S. W., & Yelly, P. S. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XII MIA SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 5, 177–186.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edutainment Berbasis Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wijiyanto, R. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Media Objek Langsung. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 16.
Wit, N., & Wahyuni, F. R. E . (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Alat Indra Manusia Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kayan Hilir Tahun Pelajaran 2017/2018. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 2, 32–40.
Zaenab, S., & Suhartono, M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Melalui Strategi Menulis Terbimbing Pada Siswa Kelas II SD Negeri Sidorejo. Jurnal Pendidikan Dasar, 11, 141–147
Zubaidillah, M. H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Jurnal Al Mi’yar, 3 ( 1), 41–56.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal for Lesson and Learning Studies agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)