PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA ADIRAMA BEACH HOTEL
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan pada Adirama Beach hotel, (2) menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Adirama Beach hotel, (3) menganalisis pengaruh loyalitas karyawan pada Adirama Beach hotel, dan (4) menganalisis pengaruh kepuasan kerja terhadap loyalitas karyawan pada Adirama Beach hotel. Penelitian ini adalah penelitian kausal yaitu penelitian yang berguna untuk menganalisis hubungan antar variabel satu dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 karyawan. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner kepuasan kerja, loyalitas karyawan dan kinerja karyawan dan dianalisis menggunakan analisis jalur (Path Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh dari kepuasan kerja dan loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan pada Adirama Beach Hotel (F= 0,909; p<0,05), (2) terdapat pengaruh yang positif dari kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Adirama Beach Hotel (F= 0,433; p<0,05), (3) terdapat pengaruh yang positif dari loyalitas karyawan terhadap kinerja karyawan pada Adirama Beach Hotel (F= 0,795; p<0,05), (4) terdapat pengaruh yang positif dari kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan pada Adirama Beach Hotel (F= 0,710; p<0,05).Kata Kunci : Kinerja Karyawan, Kepuasan Kerja, Loyalitas Karyawan.
This study aims to (1) analyze the influence of job satisfaction and employee loyalty to employee performance at Adirama Beach hotel, (2) to analyze the influence of job satisfaction on employee performance at Adirama Beach hotel, (3) to analyze the influence of employee loyalty at Adirama Beach hotel, and (4) analyze the effect of job satisfaction on employee loyalty at Adirama Beach hotel. This research is a causal research that is a useful research to analyze the relationship between variables one with other variables. The population in this study amounted to 33 employees. Data were collected using job satisfaction questionnaire, employee loyalty and employee performance and analyzed using path analysis. The result of research shows that (1) there is influence of job satisfaction and employee loyalty to employee performance at Adirama Beach Hotel (F = 0,909; p <0,05); (2) there is positive influence from job satisfaction to employee performance at Adirama Beach Hotel (F = 0,433; p <0,05); (3) there is positive influence from employee loyalty to employee performance at Adirama Beach Hotel (F = 0,795; p <0,05); (4) there is positive influence from job satisfaction on employee performance at Adirama Beach Hotel (F = 0,710; p <0,05).
keyword : Employee Performance, Employee Loyalty, Job Satisfaction.
Diterbitkan
2018-07-27
Cara Mengutip
., G. P. I. W. K., ., K. K. H. S. M., & ., N. N. Y. S. M. . (2018). PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA ADIRAMA BEACH HOTEL . Jurnal Manajemen Indonesia, 5(2). Diambil dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JMI/article/view/15228
Terbitan
Bagian
Articles