Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19337Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan asesmen portofolio terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian nonequivalent post test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus VI Kecamatan Buleleng tahun 2017/2018 yang berjumlah 104 orang. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD 1 Kampung Baru dan siswa kelas V SD 5 Kampung Baru. Penentuan sample menggunakan sample random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Instrumen penelitian ini berupa tes pilihan ganda berjumlah 30 butir soal. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berbantuan asesmen portofolio dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembealajaran konvensional pada siswa kelas V tahun pelajaran 2017/2018 di SD Gugus VI Kecamatan Buleleng. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Inside Outside Circle berbantuan asesmen portofolio berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus VI Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Hasil belajar, Model Inside Outside Circle dan Asesmen Portofolio
References
Agung, A. A. Gede. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Cndiasa, I Made. 2011. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Kata Pena.
Kusuma Dewi, Sri Ni Wayan, dkk. 2013.“Pengaruh Penggunaan Education Games Dan Asesmen Portofolio Terhadap Pemerolehan Kosa Bahasa Inggris Siswa Kelas V SD Guugus I Kecamatan Gianyar”. E-Journal Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Nomor 1.
Rahmalika Pande, Gede Pt, dkk. 2014.“Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Dengan Time Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V Gugus 2 Denpasar Timur”. E-Journal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2. Nomor 1.
Setiawan, Hendri. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar teknik dasar passing bola basket pada siswa kelas VII SMPN 1 Sukasada. Jurnal PJOK Undiksha. Vol 2, No1.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Susanti, Trisna Made. 2016. ”Pengaruh Model Pembelajaran Inside Outside Circle Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V di Gugus V Kecamatan Negara Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi (tidak diterbitkan). Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Undiksha Singaraja.
Sutrisno Perdana. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi UNY. Volume 6, No 1, Februari 2016 (111-120).
Tariani Ni Kadek, dkk. 2015. “Pengaruh Pendekatan Sainstifik Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Prestasi Belajar IPA Dengan Kovariabel Gaya Belajar Siswa”. E-Jornal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 3, Nomor 1.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencan Pusaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)