Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana

Authors

  • Luh Ermayani Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Desak Putu Parmiti Jurusan TP, FIP, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) proses pembelajaran pecahan sederhana di kelas III SD, (2) Kemampuan siswa menyelesaikan soal pecahan sederhana, (3) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana dan solusi untuk mengatasi kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD Gugus VII kecamatan Sukasada yang berjumlah 134 orang dan guru kelas III. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik proposional sampel dapat dilihat pada tabel Isaac and Michel. Sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 95 orang siswa. Objek penelitian ini adalah (1) proses pembelajaran pecahan sederhana kelas III SD, (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana, (3) kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana dan solusi mengatasi kesulitan tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes,wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) rata-rata hasil tes secara klasikal 64,07 dengan kategori rendah. (2) Kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana yaitu membandingkan pecahan sederhana, memahami soal cerita. Solusi untuk mengatasi hal tersebut adalah sering memberikan latihan soal, menggunakan bahasa Indonesia dalam pembelajaran, memberikan banyak variasi soal dan perlu adanya inovasi dalam proses pembelajaran. (3) Faktor penyebab kesulitan dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana berdasarkan hasil wawancara dengan guru wali kelas III secara umum meliputi minat dan motivasi, faktor guru, faktor lingkungan.

Kata Kunci: kemampuan,matematika,pecahan sederhana.

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Andika, I Gede Agus Ari. 2017.” Pengaruh Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Kovariabel Kemampuan Numerik Pada Siswa Kelas IV”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume: 5 Nomor: 2.

Budiasih, Luh. 2017 “ Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume: 5 Nomor: 2.

Dantes, Nyoman. 2012.Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Depdiknas, 2003. Undang-undang No. 20 Tahun tentang sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.

Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2015. Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, Karunia Eka dan Yudhanegara, Ridwan. 2017. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Rudhiyama, Gd. 2016. “ Pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.

Sanjaya, H. Wina, 2013. Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Septiani, Nyoman Dewi. 2016. “Penerapan Pemberian Sugesti Positif dengan Model Savi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V” E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.

Shoimin, A.2014. 68 Model Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.

Suaryani, Ni Wyn. 2016. “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Kelas V”. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4, Nomor 1.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di SD.Jakarta:Prenadamedia Group

Downloads

Published

2019-08-15

How to Cite

Ermayani, L., Suarjana, I. M., & Parmiti, D. P. (2019). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19325

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)