Question Box Dalam Pembelajaran IPS Dengan Model Creative Problem Solving Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25262Abstract
Belum optimalnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Gugus XI Kecamatan Buleleng menjadi alas an utama dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbantuan media Question Box terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan non equivalent post-test only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Gugus XI Kecamatan Buleleng yang berjumlah 118 orang. Dari populasi tersebut kemudian diambil sampel dengan teknik random sampling sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan instrumen tes objektif dalam bentuk pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 2,384 sedangkan ttabel = 1,995 pada taraf signifikan 5 % untuk derajat kebebasan 36 + 34 – 2 = 68. Berdasarkan kriteria penghitungan karena thitung > ttabel maka terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Creative Problem Solving dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Dari hasil analisis uji-t tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creative Problem Solving berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS siswa. Implikasi penelitian ini yaitu model Creative Problem Solving berbantuan media Question Box sesuai untuk diterapkan, karena model ini dapat melatih siswa untuk berpikir kritis dalam menyelesaikan setiap permasalahan secara kreatif, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.
References
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98–107.
Anggraeni, P., & Akbar, A. 2018. "Keseuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan Proses Pembelajaran". Jurnal Pesona Dasar. vol. 6, No. 2.
Cahyani, S.D. 2019. "Pengaruh Mode Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Matematis Siswa". Mimbar PGSD Undiksha. Vol.7, No. 2.
Hatta, M. 2017. "Unsur-Unsur Dinamis Pembelajaran Fasilitas Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kepuasan Siswa MTs". Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 12, No. 1
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Junaidi. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Fisika. SPEJ (Science and Physics Education Journal), 2(2).
Karina, D. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Question Card “Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Alat dan Bahan Kearsipan Pada Siswa Kelas X APK 2 SMK” Adhikawacana Surabaya. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 5(2).
Lasmawan, I. W. (2016). Pendidikan IPS. Singaraja: Mediakom Indonesia Press Bali.
Lestari, D. (2019). Penerapan Model Circuit Learning dalam Pembelajaran Menganalisis Unsur Puisi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 8(2).
Muhamad, N. 2017. "Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa". Jurnal Penelitian Universitas Garut. Vol. 9, No. 1.
Murda, N., & Yudiana, K. E. (2016). Konsep Dasar IPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Nasution, P. R. 2017. "Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah da Pembelajaran Konvensional di SMPN 4 Padangsidimpuan". Vol. 2, No. 1.
Nopitasari, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).
Pertiwi, P., Dony, N., & Mashuri, M. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Box Question Pada Materi Sistem Koloid di MA Siti Mariam Banjarmasin. Dalton: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Ilmu Kimia, 2(2).
Putra, Y. P. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 4(2).
Salmia, N. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Soleha, S., Purnomo, A., & Nisa, A. N. S. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Mind Map terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII di SMP Negeri 38 Semarang. SOSIOLIUM: Jurnal Pembelajaran IPS, 1(1), 1–13.
Sulfemi, Bagja, W., & Yuliani, N. (2019). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2).
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di SD. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tegeh, I. M. (2015). Media Pembelajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Wijaya, Y. D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran IPS SMP Kelas VIII Pada Pokok Bahasan Permasalahan Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya.
Yuliani, Irma, & Dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berbantuan Media Bongkar Pasang Untuk Peningkatan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)