Tingkatkan Minat Siswa Belajar Sumber Daya Alam dengan Media Videoscibe
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.38294Keywords:
media videoscribe, IPS, minat siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan menciptakan media videoscibe untuk meningkatkan minat siswa belajar sumber daya alam. Jenis penelitian menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang ahli, yang terdiri atas 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media dan guru IV sebagai ahli praktisi serta tujuh orang siswa kelas IV SD sebagai uji perseorangan dan 15 orang siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode kuesioner/angket dan wawancara. Istrumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kuiseioner. Analisis data yang dihasilkan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media video pembelajaran dinyatakan valid dengan rata-rata ahli media 4,16, dengan kualifikasi sangat baik, rata-rata ahli materi 4,86, dengan kualifikasi sangat baik, review praktisi (guru) 4.6, review siswa uji perseorangan 4,78 dengan kualifikasi sangat baik, review siswa kelompok kecil 4,89 dengan kualifikasi sangat baik. Pengembangan produk media pembelajaran memiliki rata-rata berada pada rentangan 4,01 < X ≤ 5, dengan kualifikasi “sangat baik”. Maka, media pembelajaran dinyatakan sangat baik dan layak diterapkan pada proses pembelajaran.
References
AD, Y. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali dan Jean Piaget. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(2), 97. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501. DOI: https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Agung, A. A. G. (2019). Statistik Dasar untuk Pendidikan. Deepublish.
Ahmad Fadillah, & Bilda, W. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Aplikasi Sparkoll Videoscribe. Jurnal Gantang, 4(2), 177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Al-Rahmi, W. M., Alias, N., Othman, M. S., Marin, V. I., & Tur, G. (2018). A Model of Factors Affecting Learning Performance through the Use of Social Media in Malaysian Higher Education. Computers and Education, 121, 59–72. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.010. DOI: https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.010
Amin, M. (2017). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Kejujuran pada Lembaga Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(1), 105. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222. DOI: https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.222
Ayvaz Tunc, O. (2017). Material Development Based on Digital Storytelling Activities and Assessment of Students’ Views. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 6(1), 54. https://doi.org/10.11591/ijere.v6i1.6347. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v6i1.6347
Badariah, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(5), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/46744. DOI: https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951
Bujuri, D. A. (2018). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dasar dan Implikasinya dalam Kegiatan Belajar Mengajar. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37. https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50. DOI: https://doi.org/10.21927/literasi.2018.9(1).37-50
Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual Approach Using VBA Learning Media to Improve Students’ Mathematical Displacement and Disposition Ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012025
Delil, S. (2017). The Impact of Infographic Animation Videos on Data Visualization. International Journal of Social Sciences and Education Research, 3(4), 1178–1183. https://doi.org/10.24289/ijsser.312933. DOI: https://doi.org/10.24289/ijsser.312933
Desriana, D., Amsal, A., & Husita, D. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Internet dalam Pembelajaran Asam Basa di MAN Indrapuri. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 50–55. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10729. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10729
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ekayani, P. (2017). (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11. https://www.researchgate.net/publication/315105651.
Farhani, D. (2019). Manajemen Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Kokurikuler Keagamaan. Jurnal Isema : Islamic Educational Management, 4(2), 209–220. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619. DOI: https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5619
Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123. https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326. DOI: https://doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326
Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA Terintegrasi Potensi Lokal Pabrik Gula untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543
Hamidah, L., Siregar, S., & Nuraini, N. (2019). Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Menurut Buya Hamka. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 135. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668. DOI: https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.2668
Hardani, A. T. A., & Akmal, A. (2017). Penerapan Metode Snowball Throwing Berbantuan Media Kongkret untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 3(1), 233–245. https://doi.org/10.31932/jpdp.v3i1.37.
Haryanti, N., Wilujeng, I., & Sundari, S. (2020). Problem Based Learning Instruction Assisted by E-Book to Improve Mathematical Representation Ability and Curiosity Attitudes on Optical Devices. Journal of Physics: Conference Series, 1440(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012045. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012045
Hasan, A. A., & Baroroh, U. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab melalui Aplikasi Videoscribe dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Lisanuna: Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2). https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738. DOI: https://doi.org/10.22373/ls.v9i2.6738
Hera, R. (2017). Studi Kasus Permasalahan dalam Proses Pembelajaran Konsep Genetika di SMA Negeri 2 Seulimum Kabupaten Aceh Besar. Genta Mulia, 8(1), 53–63. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/129.
Herawati, R., Sulisworo, D., & Fayanto, S. (2019). The Development of Learning Videos on PowToon-based Work and Energy Topics to Support Flipped Classroom Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education, 9(4), 51–58. https://doi.org/10.9790/1959-0904015158.
Hermawan, M. A. (2021). Analisis Respon Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Videoscribe Berpendekatan STEM Materi Termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 138–142. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8067. DOI: https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8067
Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS Berbasis RME dengan Pendekatan Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20
Irawati, E., & Susetyo, W. (2017). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di Blitar. Jurnal Supremasi, 7(1), 3. https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374. DOI: https://doi.org/10.35457/supremasi.v7i1.374
Ismail, M. E., Utami, P., Ismail, I. M., Hamzah, N., & Harun, H. (2018). Development of Massive Open Online Course (MOOC) Based on Addie Model for Catering Courses. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 184. https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v8i2.19828
Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1064 – 1074. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124
Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112
Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778. DOI: https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778
Kharisma, J. Y., & Asman, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 34. https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926. DOI: https://doi.org/10.31002/ijome.v1i1.926
Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540
Lesmana, D. (2018). Kandungan Nilai dalam Tujuan Pendidikan Nasional (Core Ethical Values). Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 211–126. https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103. DOI: https://doi.org/10.15408/kordinat.v17i1.8103
Maryani, I., & Sumiar, Z. (2018). Developing Science Monopoly on the Force Learning Material for Elementary School Students. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084. DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.16084
Maulah, S., A, F. N., & Ummah, N. R. (2020). Persepsi Mahasiswa Biologi terhadap Perkuliahan Daring sebagai Sarana Pembelajaran selama Pandemi Covid-19. ALVEOLI : Jurnal Pendidikan Biologi, 1(2), 49–61. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6. DOI: https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i2.6
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I. (2018). Penggunaan Power Point sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939. DOI: https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10939
Mudasih, I., & Subroto, W. T. (2019). Comparison of Student Learning Outcomes through Video Learning Media with Powerpoint. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 183–189. https://doi.org/10.24331/ijere.517997. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.517997
Munawar, A., & Suryadi, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Indonesia Berbasis Videoscribe Materi Kerajaan Islam di Jawa Kelas X Tahun Ajaran 2018 / 2019 di SMA Negeri 3 Salatiga Pendidikan merupakan Komponen Kepribadian yang Lebih Baik. Indonesian Journal of History Education, 7(2), 174–184. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/ijhe.v7i2.36436.
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan, 3(2), 64–72. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Sistem Komputer di SMK. JURNAL INFORMATIKA, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532. DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Oktavia, A., & Agustin, H. (2019). Umbul Card: A Traditional Game as Nutrition Education Media among Elementary School Students. International Journal of Educational Research Review, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.24331/ijere.646821. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.646821
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541. https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Panjaitan, N. Q., Yetti, E., & Nurani, Y. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Animasi dan Kepercayaan Diri terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 588. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.404
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Sparkol Videoscribe. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2019). Development of Video Media Based on Powtoon in Social Sciences. International Journal of Educational Research Review, 4(2), 198–205. https://doi.org/10.24331/ijere.518054. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.518054
Putra, P. H. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Islamika : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 99–110. https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458. DOI: https://doi.org/10.32939/islamika.v19i02.458
Putri, L. G. R. A., Japa, I. G. N., & Riastini, P. N. (2021). Media Pembelajaran Videoscribe-HOTS Bermuatan IPA pada Topik Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Kelas IV SD. Mimbar Ilmu Undiksha, 26(3), 451–460. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.38830
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPS di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Kota Bengkulu. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. DOI: https://doi.org/10.29300/ijsse.v1i1.1325
Rahmatika, D. F., & Ratnasari, N. (2018). Media Pembelajaran Matematika Bilingual Berbasis Sparkol Videoscribe. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 385–393. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3061
Riyanto, M., Jamaluddin, U., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi Video Scribe pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Madrasah, 11(2), 53–63. https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419. DOI: https://doi.org/10.18860/madrasah.v11i2.6419
Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Media Grafis dan Media Papan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran bagi Guru Sekolah Dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77–81. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p.
Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need Assessment of Interactive Multimedia Based on Game in Elementary School: A Challenge into Learning in 21st Century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. https://doi.org/10.24331/ijere.411329. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329
Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927. DOI: https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3(2), 171–185. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2138
Sulhan, S. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS “Keragaman Sosial, Budaya, Ekonomi, Etnis dan Agama.” Journal of Education Action Research, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v4i1.23661
Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). The Development of Animation Videos Based Flipped Classroom Learning on Heat and Temperature Topics. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 304–315. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i2.7017. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7017
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.
Suratun, S., Irwandani, I., & Latifah, S. (2018). Video Pembelajaran Berbasis Problem Solving Terintegrasi Chanel Youtube: Pengembangan pada Materi Cahaya Kelas VIII SMP. Indonesial Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 271 – 282. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3602
Surya, Y. F. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Pendidikan Karakter Abad 21 pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52–61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31
Sutama, & Suranata. (2014). Penerapan Teori Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). DOI: https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i2.1812
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Video Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187–200. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/318.
Wahyuningsih, S. (2016). Inclusive Education for Persons with Disabilities: the Islamic Perspective. QIJIS (Qudus International Journal of Islamic Studies), 4(1), 1–18.
Warju, Ariyanto, S. R., Soeryanto, Hidayatullah, R. S., & Nurtanto, M. (2020). Practical Learning Innovation: Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education. Journal of Educational Science and Technology (EST), 6(1), 79. https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12665. DOI: https://doi.org/10.26858/est.v6i1.12665
Widiari, L. E. R., Margunayasa, I. G., & Astawan, I. G. (2021). Ecosystem Learning with Sparkol Videoscribe-Based Learning Media. International Journal of Elementary Education, 5(2). https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34731
Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 232–245. https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.12055
Yusnia, Y. (2019). Penggunaan Media Video Scribe dalam Pembelajaran Literasi Sains untuk Mahasiswa PGPAUD. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 71–75. https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436. DOI: https://doi.org/10.17509/cd.v10i1.17436
Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138. https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8. DOI: https://doi.org/10.33050/tmj.v1i1.8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Deni Kumara, I Gusti Ngurah Japa, I Nyoman Laba Jayanta
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)