Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Bermediakan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ida Ayu Km Candra Parwati Jurusan PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia
  • I Gusti Ngurah Japa Jurusan PGSD FIP Universitas Pendidikan Ganesha,Singaraja, Indonesia
  • Luh Putu Putrini Mahadewi Jurusan TP FIP Universitas Pendidikan Ganesha,Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19342

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah, apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) bermediakan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Gugus VIII Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) bermediakan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus VIII Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di Gugus VIII Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas  IV SD No. 3 Werdi Bhuwana yang berjumlah 21 orang dan siswa kelas IV SD No. 1 Werdi Bhuwana yang berjumlah 23 orang. Data  hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda dan dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t).  Hasil perhitungan uji-t  menunjukkan bahwa nilai thitung yaitu  sebesar  4,12 lebih besar dari ttabel  yang sebesar 1,68 yang diuji pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 42. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan mean kelompok eksperimen yaitu sebesar 25,14 lebih besar dari mean kelompok kontrol yaitu 19,91. Dengan demikian, model pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) bermediakan lingkungan sekolah berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IVSD di Gugus VIII Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar IPA,Model VAK

References

Ariastini, Putu, dkk. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Tipe VAK (Visual, Auditory, Kinesthetic) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 2 Sesetan”. e-jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No. 1. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JJPGSD/article/view/1185 /1048Diakses tanggal 20 Januari 2018.

Arisantiani, Ketut, dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning In Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. e-jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1. No. 2. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/818/691

Diakses tanggal 20 Januari 2018.

Astuti, Rai, dkk. 2013. “Pengaruh Model Quantum Learning Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus III Kerobokan Badung”. e-jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 1. No 1. Tersedia pad https://ejournal.undiksha.ac.id/index. php/JJPGSD/article/view/1190/1053. Diakses tanggal 20 Januari 2018.

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

……. 2012.Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif.Singaraja : Undiksha.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Downloads

Published

2019-09-25

How to Cite

Parwati, I. A. K. C., Japa, I. G. N., & Mahadewi, L. P. P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Bermediakan Lingkungan Sekolah Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 145–153. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i3.19342

Issue

Section

Articles