Aplikasi Android Berorientasi Teori Ausubel pada Muatan IPS

Authors

  • Ni Kadek Era Adiutami Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46515

Keywords:

Aplikasi Adroid, Teori Ausubel, IPS

Abstract

Pengembangan media pembelajaran perlu dikembangkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian pengembangan yaitu untuk mengetahui rancang bangun dan validitas media pembelajaran aplikasi android berbasis teori belajar Ausubel muatan IPS. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Metode dalam penelitian pengembangan yang digunakan yaitu metode non tes meliputi observasi, wawancara, dan pemberian angket. Subjek penelitian ini meliputi ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran serta peserta didik kelas V. Penilaian yang diberikan oleh siswa terbagi dalam uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang akan diisi dan kemudian data dianalisis. Data tersebut dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Data yang sudah diperoleh dari instrumen angket yang diberikan rata-rata nilai dari review ahli materi pembelajaran 94,6% (kategori sangat baik), ahli desain pembelajaran 90% (kategori sangat baik), ahli media pembelajaran 84% (kategori baik), uji coba perorangan 95,1% (kategori sangat baik), dan uji kelompok kecil 95,3% (kategori sangat baik). Jadi berdasarkan hasil yang sudah didapatkan dari uji kelayakan pengembangan aplikasi android berbasis teori belajar Ausubel menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak digunakan pada muatan IPS serta dalam proses pembelajaran.   

References

Adnyana, I. B. K. R. (2021). Video Pembelajaran Bernuansa Problem Based Learning dengan Muatan IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 127. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V4i1.32208. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32208

Agustin Adhaningrum, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar IPS Kontekstual Tema Wirausaha di Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan Ips, 14(1), 44–54. Https://Doi.Org/10.21067/Jppi.V14i1.4746. DOI: https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4746

Agustin, D. Y., Setyosari, P., & Suharti, S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Digital untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1793. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i12.14335. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14335

Anggraini, S. Y., A.R., S., & Soleh, D. A. (2021). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram pada Muatan IPA Kelas V Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 145–151. Https://Doi.Org/10.37478/Optika.V5i2.1070. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1070

Anindita, R., Pramitaningrum, I. K., & Kusumawati, A. (2022). Identifikasi Telur Parasit Helminth Berbasis Aplikasi Android Untuk Pembelajaran Praktikum Daring di Era Pandemi Covid-19. Journal of Health (JOH), 9(1), 24–30. Https://Doi.Org/10.30590/Joh.V9n1.389. DOI: https://doi.org/10.30590/joh.v9n1.389

Apfani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Kooperatif Tipe CIRC Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 13–28. Https://Doi.Org/10.24036/Jippsd.V2i1.100033. DOI: https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100033

Asmara, D. V. M., Kuswandi, D., & As’ari, A. R. (2020). Pengembangan Media Kobaki Pada Materi Perkalian dan Pembagian Untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(12), 1839. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i12.14358. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14358

Awang, I. S., & Andri, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi pada Taxonomy for Science Education di Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 4(3), 192. Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V4i3.8411. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v4i3.8411

Az’ Zahra, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Poster Interaktif Berbasis Android pada Muatan IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 131–144. Https://Doi.Org/10.37478/Optika.V5i2.1066. DOI: https://doi.org/10.37478/optika.v5i2.1066

Bakhtiar, F. A. (2018). Pengembangan Aplikasi Berbasis Multimedia pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 5(1), 16. Https://Doi.Org/10.17509/Mimbar-Sd.V5i1.9363. DOI: https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i1.9363

Basri. (2019a). Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran untuk Meningkatkan Gerak Dasar Lompat Tinggi Gaya Straddle pada Siswa. Jurnal Pendidikan, 4(4), 433–439. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i4.12234. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i4.12234

Basri, B. (2019b). Meningkatkan Perkembangan Motorik Melalui Senam Ritmik pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 387. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i3.12160. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12160

Deviana, T., & Sulistyani, N. (2021). Implementasi Kuis Interaktif Berbasis Hots Berorientasi Kearifan Lokal Daerah Melalui Aplikasi Quizizz di Sekolah Dasar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 159–173. Https://Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V10i1.8174. DOI: https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i1.8174

Dikta, P. G. A., Lasmawan, I. W., & Arnyana, I. B. P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA Berorientasi Tri Hita Karana Pada Kelas V Sekolah Dasar. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia., 5(2), 312–323. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jurnal_Pendas.V5i2.514. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.514

Edriati, S., Husnita, L., Amri, E., Samudra, A. A., & Kamil, N. (2021). Penggunaan Mit App Inventor untuk Merancang Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 652–657. Https://Doi.Org/10.26877/E-Dimas.V12i4.6648. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.6648

Havizul, H. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar Menggunakan Model DDD-E. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 283. Https://Doi.Org/10.31571/Sosial.V6i2.1202. DOI: https://doi.org/10.31571/sosial.v6i2.1202

Lestari, N. K. A. S., & Sujana, I. W. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Pada Muatan Ips Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(1), 117. Https://Doi.Org/10.23887/Jippg.V4i1.32215. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v4i1.32215

Maryanti, R. D., & Qurrotaini, L. (2019). Pengembangan Papan Karambol IPS Sebagai Alat Permainan Edukatif Kelas IV Sekolah Dasar. 50–55. Https://Doi.Org/103.17.76.13/Index.Php/Jpips.

Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88–101. Https://Doi.Org/10.17977/Um009v29i12020p088. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088

Muyassaroh, M., Nurdiyanto, R., & Rahmawati, L. (2022). Pengembangan Aplikasi Android ‘Ayo Cuci Tangan’ untuk Mengajarkan Kebersihan Anggota Tubuh Pada Muatan Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 131–138. Https://Doi.Org/10.37478/Jpm.V3i1.1508. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1508

Natalia, S. A. M. K. D., & Setiawan, I. K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nawala Visual, 2(1), 9–19. Https://Doi.Org/10.35886/Nawalavisual.V2i1.56. DOI: https://doi.org/10.35886/nawalavisual.v2i1.56

Nurrochmah, S., Supriatna, & Utomo, P. A. (2018). Pengembangan Alat Cakram Bahan Acrylic untuk Pembelajaran Lempar Cakram pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Tahun 27(No 1, Mei 2018), 69–78. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v27i12018p069

Putra, W. B., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 174. Https://Doi.Org/10.23887/Mi.V26i1.31841. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v26i1.31841

Putriningsih, N. K., & Putra, M. (2021). Pengembangan Media Pop-Up Book Berorientasi Pendekatan Saintifik pada Muatan Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 131–139. Https://Doi.Org/10.23887/Jeu.V9i1.32686. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32686

Rani, W. W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Menggunakan Software Smart Apps Creator 3 ( Sac ) Materi Sistem Tata Surya Kelas VI Sekolah Dasar. 8(2), 291–299. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33197/Jitter.Vol8.Iss2.2022.798. DOI: https://doi.org/10.33197/jitter.vol8.iss2.2022.798

Rasvani, N. L. A., & Wulandari, I. G. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Maca ( Materi Pecahan ) Berorientasi Teori Belajar Ausubel Muatan Matematika. Mimbar Pgsd Undiksha, 9(1), 74–81. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i1.32032. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32032

Rijal, A., & Egok, A. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Berorientasi Strategi PQ4R di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 355–371. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i2.13. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.13

Rofiyadi, Y. A., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Aplikasi E-Modul Interaktif Berbasis Android Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jpdi (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 6(2), 54. Https://Doi.Org/10.26737/Jpdi.V6i2.2575. DOI: https://doi.org/10.26737/jpdi.v6i2.2575

Segoro, B., Sapto, A., & Yuniastuti, Y. (2019). Buku Ajar Tematik Berbasis Muatan Lokal untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 1. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V4i1.11827. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11827

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suhirno, Muhari, S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Berpikir Kritis di Kelas V Sekolah Dasar. 4(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V4n1.P600-607. DOI: https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p600-607

Supriadi, M., & Hignasari, L. V. (2019). Pengembangan Media Virtual Reality pada Muatan Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jtp - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(3), 241–255. Https://Doi.Org/10.21009/Jtp.V21i3.13025. DOI: https://doi.org/10.21009/jtp.v21i3.13025

Yasa, A. D. (2020). Pengembangan E-Evaluation Berbasis Aplikasi Hot Potatoes untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 26. Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i1.23987. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23987

Downloads

Published

2022-05-17

How to Cite

Adiutami, N. K. E., & Sujana, I. W. . (2022). Aplikasi Android Berorientasi Teori Ausubel pada Muatan IPS. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 150–159. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46515

Issue

Section

Articles