LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPA Materi Pelestarian Sumber Daya Alam
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48297Keywords:
Bahan Ajar, LKPD, InteraktifAbstract
Kurangnya lembar kegiatan untuk pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan LKPD yang diberikan kepada peserta didik kurang maksimal. Permasalahan ini membuat siswa kesulitan dalam belajar dan berdampak pada kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis rancang bangun dan kelayakan produk penelitian. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara tak terstruktur. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuatitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi baik (94,64%). Hasil review ahli desain dengan kualifikasi baik (81,81%). Hasil review ahli media dengan kualifikasi sangat baik (95,58%). Hasil uji perorangan dengan kualifikasi sangat baik (93,17%). Hasil uji kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,19%). Disimpulkan bahwa LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran. LKPD interaktif ini dapat membantu siswa dalam belajar sehingga siswa akan mudah dalam belajar online secara mandiri.
References
Apriyanto, C., Yusnelti, & Asrial. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 38–42. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843
Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844
Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111
Astatin, G. R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi pada Kurikulum 2013. Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 165–176. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.10966. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.10966
Bulan, P., Sudharto, P. H., Irina Safitri, Z., Teuku, A., & Dinalestari, P. (2020). Education for Sustainable Development as Diffusion of Innovation of Secondary School Students. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 84–97. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0007. DOI: https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0007
Desnita, D., Putra, A., Hamida, S., Marsa, P. B., & Novisya, D. (2021). Quality Test of Student Worksheets Based on Contextual Teaching And Learning for Class XI High School Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.600. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.600
Dichev, C., & Dicheva, D. (2017). Gamifying education: What is known, what is believed and what remains uncertain: A critical review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0042-5. DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-017-0042-5
Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277
Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/JEE.V4I2.3344. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344
Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279. DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v1i1.7639
Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381
Huda, A. K., Reffiane, F., & Untari, M. F. asri. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SD Negeri Rejosari 03 Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 171. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3072. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3072
Hulawa, D. E. (2019). Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395. DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I2.373. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14. DOI: https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14
Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A. B., & Muntari, S. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20
Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. Int J Educ Res Open 1. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012
Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489. DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489
Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61. DOI: https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61
Novianti, N. (2017). Teaching character education to college students using bildungsromans. International Journal of Instruction, 10(4), 255–272. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10415a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2017.10415a
Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332
Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223
Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(2). https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.
Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286.
Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.
Puspita, Vivi, & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456
Putra, G. Y. M. A., Suarjana, I. M., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Putra, I. K. A. A. J., Suarsana, I. M., & Suharta, I. G. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan Untuk Siswa Smplb Tunarungu Dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2). https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.23184.
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669
Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Alfarisi, M. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987
Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166
Rochman JK, A. kus. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Submateri Fotosintesis Untukmeningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 663–673. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130
Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814
Safitri, E., Kosim, & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825
Santika, M. (2019). Efektivitas Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Open Ended. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819
Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.537. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.537
Siripongdee, K., Pimdee, P., & Tuntiwongwanich, S. (2020). A blended learning model with IoT-based technology: effectively used when the COVID-19 pandemic? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 905–917. https://doi.org/10.17478/jegys.698869. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.698869
Sotero, M. C., Alves, Â. G. C., Arandas, J. K. G., & Medeiros, M. F. T. (2020). Local and scientific knowledge in the school context: Characterization and content of published works. Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, 16(1), 1–28. https://doi.org/10.1186/s13002-020-00373-5. DOI: https://doi.org/10.1186/s13002-020-00373-5
Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.
Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher Strategies in Online Learning to Increase Students ’ Interest in Learning During COVID-19 Pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(147800), 129–137. https://doi.org/10.29210/147800. DOI: https://doi.org/10.29210/147800
Sutrimo, S., Kamid, K., & Saharudin, S. (2019). LKPD Bermuatan Inquiry dan Budaya Jambi: Efektivitas dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 29. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841
Syarifuddin, M., Hadi Wijoyo, S., & Sukmo Wardhono, W. (2021). Pengaruh Online Learning Experience Dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMKN 2 Malang Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 94–105. https://doi.org/10.29100/JIPI.V6I1.1909. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1909
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Utomo, E. P. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.14015.
Van Nuland, S., Mandzuk, D., Tucker Petrick, K., & Cooper, T. (2020). COVID-19 and its effects on teacher education in Ontario: a complex adaptive systems perspective. Journal of Education for Teaching, 46(4), 442–451. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1803050. DOI: https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1803050
Wahyudi, M., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307.
Wahyuni, K. S. ., Candiasa, I. ., & Wibawa, I. M. . (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir. 5(2), 301–311. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166.
Wijaya, Tegeh, & Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644
Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Ni Luh Wayan Krisnayanti, Anak Agung Gede Agung, I Wayan Sujana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)