Pengaruh Model Talking Stick terhadap Hasil Belajar PKn pada Siswa Kelas V Semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17619Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar PKn antara siswa yang dibelajarkan dengan model Talking Stick dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas V semester II SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan post test only control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus I Kecamatan Gerokgak dengan jumlah total 126 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling sehingga diperoleh kelas V SD Negeri 3 Tukadsumaga sebagai kelompok eksperimen dan kelas V SD Negeri 1 Tukadsumaga sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif hasil belajar PKn. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan Independent sample t-tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PKn antara siswa yang belajar dengan model Talking Stick dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Besarnya adalah 3,048, sedangkan pada taraf signifikasi 5% dan db = 42 adalah 2,021. Hal ini berarti . Adapun rata-rata skor hasil belajar PKn siswa yang belajar dengan model Talking Stick (23,08) lebih tinggi dari siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional (19,26). Dengan demikian, model model Talking Stick berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V Semester II di Gugus I Kecamatan Gerokgak Tahun Pelajaran 2017/2018
Kata Kunci: Talking Stick, Hasil Belajar PKn
References
Anggarini, D. 2013. "Pengaruh Model Pebelajaran Kooperatif Talking Stick Berbasis Aneka Sumber Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas V Sd Negeri 5Dalung". Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1440/1301 (diakses tanggal 8 Januari 2018).
Darmawati, A. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Berbantuan Metode Talking Stick TerhadapSikap Ilmiah Dan Penguasaan Konsep IPA Kelas V”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/789 (diakses tanggal 4 Juni 2018).
Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Depdiknas.
Hakim, Zerri Rahman, Taufik, dan Qurrotul Aini. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick terhadap Pemahaman Konsep Kegiatan Jual Beli pada Mata Pelajaran IPS Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar Vol.6 No.2 Hal. 75-84. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/view/12199. Diakses 27 Mei 2019.
Iwan, Hengky L. Wambrauw, dan Sitti Sarah Fidmatan. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas XA di SMA Yapis Manokwari. Pancaran, Vol. 5, No. 1, hal 1-12. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2598. Diakses 27 Mei 2019.
Jamiah, Rizqi, dan Edy Surya. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick dengan Metode Math Magic terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas V SD Negeri 200211 Padang Sidimpuan. AXIOM: Vol. V No. 2 Hal. 244-255. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/420. Diakses 27 Mei 2019.
Partini, Kd. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Connected Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IVSd N 28 Dangin Puri.Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/775 (diakses tanggal 04 Juni 2018).
Pradnyani, D. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4 Sdn 2 Sesetan Denpasar. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/957/827 (diakses tanggal 8 Januari 2018).
Puspitasari. Eka. 2013. Pengaruh Strategi Pembelajaran Pq4r Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Gugus 2 Tampaksiring. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/1193 (diakses tanggal 4 Juni 2018).
Safitri, Ikra, Misykat Malik Ibrahim, & Nursalam. 2018. Pengaruh Penerapan Model Talking Stick dengan Bantuan Media Choose Number terhadap Hasil Belajar Biologi di Smp Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Biotek Volume 6 Nomor 1 Hal. 131-144. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/download/5144/pdf. Diakses 27 Mei 2019.
Shoimin. Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rasana, Raka. 2009. Model-Model Pembelajaran. Singaraja: Undiksha.
Valentina. F. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Time Token ArendsTerhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V SD Gugus Ii Kecamatan Seririt”. Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/835 (diakses tanggal 9 Januari 2018).
Wulansari, Desy. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick didukung Media Diorama terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Perkembangan Teknologi Transportasi serta Pengalaman Menggunakannya pada Siswa Kelas IV SDN Tambakrejo Kec. Gurah Kab. Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 11 Hal. 1-11. http://simki.unpkediri.ac.id/mahasiswa/file_artikel/. Diakses 27 Mei 2019.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)