Pembelajaran PPKn dengan Model VCT Bermuatan Nilai Karakter Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25677Abstract
Kurang optimalnya hasil kompetensi pengetahuan PPKn siswa akibat kurangnya penggunaan model pembelajaran atau metode yang variatif sehingga membuat peserta didik menjadi bosan ketika pembelajaran berlangsung menjadi salah satu alasan penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran VCT bermuatan nilai karakter terhadap kompetensi pengetahuan PPKn kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD dengan jumlah 324 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 44 orang untuk kelas eksperimen dan berjumlah 44 orang untuk kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes dalam bentuk tes pilihan ganda yang sudah divalidasi. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan PPKn antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran VCT bermuatan nilai karakter dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (8,468 > 1,988) dengan taraf signifikansi 5%. Sehingga H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VCT bermuatan nilai karakter berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan PPKn. Model ini bisa digunakan guru dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik dalam kegiatan pembelajaran.
References
Adisusilo, S. (2012). Pembelajaran Nilai Karakter. PT. RajaGrafindo Persada.
Agustin, N., & Hamid, S. I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VCT Terhadap Penalaran Moral Siswa dalam Pembelajaran PKn. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(1), 59–74.
Agustina, M. (2016). Perbandingan Model Vct Dan Model Moral Reasoning Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dengan Memperhatikan Konsep Diri Siswa Pada Pembelajaran IPS. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56.
Agustini, N. L. P. E., Renda, N. T., & Murda, I. N. (2015). Pengaruh model pembelajaran VCT terhadap hasil belajar ranah afektif mata pelajaran PKn siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1).
Astiti, N. K. A., Suarjana, I. M., & Arini, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran VCT Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–10.
Dima Septiari, N. L. P., Sri Asri, I. G. A. A., & Suniasih, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas Iv. Mimbar Ilmu, 23(1), 67–75.
Fauzi, fadil yudia, Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Upaya Pembentukan Karakter Peserta Didik Fadil Yudia Fauzi, Ismail Arianto, Etin Solihatin) Program Studi PPKN FIS Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Ppkn Unj Online, 1(2013), 2.
Hakim, Z. R., Taufik, M., & Atharoh, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar Negeri Cimanis 2 Sobang Pandeglang. JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar,
Halidu, S., Dehi, P. M., Rahmat, A., Mirnawati, M. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Indonesia. Dk, 4(23), 1689–1699.
Haris, F., & Gunansyah, G. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Vct ( Value Clarification Technique ). Jpgsd, 01(5), 1–11.
Iftania, Widayati, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Pada Siswa Kelas Iv Sd Ummul Quro’ Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Undaris Ungaran, 1–11.
Juwita, P. (2017). Pembinaan Etika Sopan Santun Peserta Didik Kelas V Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 27–36.
Khairunnisa. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Materi Hak Dan Kewajiban Warga Negara Melalui Strategi Pembelajaran Value Clarificate Technique (Vct) Pada Siswa Kelas Iv Mis Mutiara Sei Mencirim Tahun Ajaran 2018/2019. Problem Set 2, 23(3), 2019.
Maulida, N., Sunardjo, & Novitasari, A. T. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning ( CTL ) Dan Konvensional Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran PKn MTs Nurul Karomah Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan. 9924, 195–202.
Minawati, A. A., & Suryana, Y. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Sila III Pancasila Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 195–202.
Permatasari, D. R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Tipe Percontohan Terhadap Prestasi Belajar Dan Tanggung Jawab Materi Globalisasi. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 23–28.
Permatasari, D., & Sani Safitri, H. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) Terhadap Afeksi Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Di Kelas X Sma Negeri 16 Palembang Devi. 7(1).
Putra, I P. E. P., Sulastri, M., Wirya, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Teenique (Vct) Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).
Putriani, N. P. D., Mahadewi, L. P. P., Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Rahayudhi, N. P. Y., Agung, A. A. G., Tastra, I. D. K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Vct Berbantuan Media Microsoft Powerpoint Terhadap Prestasi Belajar PKn. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1).
Sariani, N. K. D., Dantes, N., & Parmiti, De. P. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique ( Vct ) Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.
Selly Lindayani, N. P., Putra, M., & Manuaba, I. B. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clrification Technique Bermuatan Nilai Karakter Terhadap Kompetensi Pengetahuan PPKn. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(2), 47.
Siska, Y. (2018). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar, 1, 31–37.
Siswinarti, P. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1–8.
Sudirman. (2019). Penanaman Nilai dalam Pembelajaran PKN Melalui Inovasi Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) di Sekolah. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 2(2), 115–123.
Suganti, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Permainan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 255.
Sukmawati, E. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jpgsd, 2(3), 11.
Sutiyono, Mahardika, A., & Gofur, A. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Values Clarivication Technic (Vct) Dalam Pembelajaran Pkn Berbasis Kearifan Lokal.
Taniredja, T., Faridli, E. M., Harmianto, S. (2017). Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Alfabeta.
Tyas, S. P., & Mawardi, M. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Dalam Mengembangkan Sikap Siswa. Satya Widya, 32(2), 103. https://doi.org/10.24246/j.sw.2016.v32.i2.p103-116
Wahana, P., & Mayasari, E. D. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Pada Matapelajaran Ppkn Terhadap Sikap Siswa Sd Akan Nilai-Nilai Terkait. Jurnal Penelitian, 21, 76–86. 909-2168-1-SM (1).pdf
Wening, S. (2012). Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(1), 55–66.
Wijayanti, A. T. (2013). Implementasi Pendekatan Values Clarivication Technique (Vct) dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 72–79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)