Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA

Penulis

  • Ni Putu Nopiyanti Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ndara Tanggu Renda Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19327

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model  Team Asisted Individualization berbantuan asesmen portofolio dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain non-equivalent post test only control grup desain. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. hasil analisis data yang diperoleh, yaitu (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dengan M = 23,70, tergolong kriteria sangat tinggi, (2)hasil belajar IPA siswa kelompok control dengan M = 18,61 tergolong kriteria tinggi, (3) hasil dari uji-t menunjukkan bahwa thitung = 4,11 dan ttabel = 2,012 (thitung > ttabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Asisted Individualization dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata-kata kunci: hasil belajar IPA, portofolio, TAI

Referensi

Asriningsih, Komang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.

Hadinata, Md Sukma. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Gugus 4 Bondalem Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Pendidikan Ganesha

Indriani, Ratnaningsih. 2016. Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Jurugentong Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta

Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Undang-Undang Refublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional

Wulandari, Putu Yuny. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Acelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.

Diterbitkan

2019-08-15

Cara Mengutip

Nopiyanti, N. P., Renda, N. T., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 18–26. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19327

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama