Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Berbantuan Asesmen Portofolio Terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v1i1.19327Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model Team Asisted Individualization berbantuan asesmen portofolio dan siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain non-equivalent post test only control grup desain. Data hasil belajar IPA dikumpulkan menggunakan tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial yaitu uji-t. hasil analisis data yang diperoleh, yaitu (1) hasil belajar IPA siswa kelompok eksperimen dengan M = 23,70, tergolong kriteria sangat tinggi, (2)hasil belajar IPA siswa kelompok control dengan M = 18,61 tergolong kriteria tinggi, (3) hasil dari uji-t menunjukkan bahwa thitung = 4,11 dan ttabel = 2,012 (thitung > ttabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Team Asisted Individualization dan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas III di SD Gugus III Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci: hasil belajar IPA, portofolio, TAI
Referensi
Asriningsih, Komang. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Banjar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.
Hadinata, Md Sukma. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Gugus 4 Bondalem Kecamatan Tejakula Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Pendidikan Ganesha
Indriani, Ratnaningsih. 2016. Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD Negeri Jurugentong Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Negeri Yogyakarta
Koyan, I Wayan. 2011. Asesmen Dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Koyan, I Wayan. 2012. Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Undang-Undang Refublik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional
Wulandari, Putu Yuny. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Acelerated Instruction (TAI) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus VIII Kedewatan Kecamatan Ubud Gianyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)