Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • A. A. Ega Paramita Paramita Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gde Wawan Sudatha Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353

Abstract

Pembelajaran IPA saat ini dapat dikatakan kurang efektif. Hal tersebut dikarenakan belum maksimalnya penerapan model pembelajaran inovatif yang dapat merangsang siswa aktif dalam proses pembelajaran, sehingga hal tersebut akan berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang mengikuti model discovery learning berbasis outdoor study dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 178 siswa. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling dengan jumlah sampel 47 siswa. Data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes yaitu dengan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata hasil belajar IPA di kelas eksperimen 77,8 termasuk kategori sangat tinggi dan di kelas kontrol 49,75 termasuk kategori sedang. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa thitung sebesar 41,11 dan ttabel dengan dk = 45pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,01. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa model discovery learning berbasis outdoor study memberikan pengaruh terhadap hasil belajar IPA. Dengan adanya model discovery learning berbasis outdoor study dapat dijadikan sebagai pedoman atau acuan guru dalam merancang proses pembelajaran khususnya dalam pembelajaran IPA.

Author Biographies

A. A. Ega Paramita Paramita, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Rati, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gde Wawan Sudatha, Universitas Pendidikan Ganesha

Teknologi Pendidikan

References

Aprianti, N.P. C. D., Negara, I. G. A. O., Ke, S. P. M., & Suadnyana, I. N. 2017. Pengaruh Model Project Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus II Mengwi Badung Tahun Ajaran 2016/2017. Tersedia pada: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10738 (diakses 1 Januari 2020).

Aunillah, T. N., Distrik, I. W., & Suana, W. (2018). Dampak Blended Learning pada Materi Fluida Dinamis terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(1), 116-121. Tersedia pada: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/15599 (diakses 10 Juli 2020)

Bahari, N. K. I., Darsana, I. W., & Putra, D. K. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Lingkungan Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 103-112. Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/article/view/15488 (diakses 10 Juli 2020).

Candra, A. A. B. T. A., Sujana, I. W., & Ardana, I. K. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Yos Sudarso Kecamatan Denpasar Selatan Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10655 (diakses 10 Juli 2020).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40-47. Tersedia pada: https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/download/5338/5006 (diakses 6 Juni 2020).

Fitriani, D., Suryana, Y., & Hamdu, G. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Higher-Order Thinking Skill pada Pembelajaran Tematik Berbasis Outdoor Learning di Sekolah Dasar Kelas IV. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 87-96. Tersedia pada: http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/13752 (diakses 1 Desember 2019).

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181-190. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/math/article/download/47/41 (diakses 10 Juli 2020).

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. 2017. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 10(2). Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/view/2040 (diakses 17 Desember 2019).

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Koyan, I Wayan. 2012. Statistika Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Undiksha Press.

Kristin, F. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(2), 74-79. Tersedia pada: https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/230 (diakses 30 November 2019).

Lestari, D. P., Fatchan, A., & Ruja, I. N. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran PNURBroject Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 475-479. Tersedia pada: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6175 (diakses 26 Oktober 2019).

Lestari, I. 2015. Pengaruh waktu belajar dan minat belajar terhadap hasil belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2). Tersedia pada:https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/118 (diakses 30 November 2019).

Martaida, T., Bukit, N., & Ginting, E. M. 2017. The Effect of Discovery Learning Model on Student’s Critical Thinking and Cognitive Ability in Junior High School. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 7(6), 1-8. Tersedia pada: https://www.iosrjournals.org/iosr-jrme/papers/Vol-7%20Issue-6/Version-1/A0706010108.pdf (diakses 30 Oktober 2019).

Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media & Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Neka, I. K., Marhaeni, M. P. A. N., & Suastra, M. P. P. I. W. (2015). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap keterampilan berpikir kreatif dan penguasaan konsep IPA Kelas V SD Gugus VIII Kecamatan Abang (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education). Tersedia pada: https://www.neliti.com/publications/124383/pengaruh-model-pembelajaran-inkuiri-terbimbing-berbasis-lingkungan-terhadap-kete (diakses 1 Juli 2020).

Nurdyansyah, N., & Fitriyani, T. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Tersedia pada: https://core.ac.uk/download/pdf/151573670.pdf (diakses 29 Oktober 2019).

Patandung, Y. 2017. Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan motivasi belajar IPA Siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(1), 9-170. Tersedia pada: https://ojs.unm.ac.id/JEST/article/view/3508 (diakses 1 Desember 2019).

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh model pembelajaran discovery learning dan minat belajar terhadap hasil belajar IPA siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 2(1). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3087 (diakses 10 Juli 2020).

Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. 2019. Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17471. (diakses 1 Desember 2019).

Rahayuni, G. 2016. Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131-146. Tersedia pada: http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPI/article/view/926 (diakses 18 Desember 2019).

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 4(1), 59-62. Tersedia pada: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/view/3939 (diakses 10 Juli 2020).

Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. 2017. Discovery learning with scientific approach on Geometry. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 895, No. 1, p. 012033). IOP Publishing. Tersedia pada: https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/895/1/012033/meta (diakses 30 Oktober 2019).

Santiani, N. W., Sudana, D. N., & Tastra, I. D. K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10826 (diakses 10 Juli 2020).

Sardinah, S., & Tursinawati, T. 2012. Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran IPA di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Serambi Ilmu, 13(2). Tersedia pada: http://ojs.serambimekkah.ac.id/index.php/serambi-ilmu/article/view/474 (diakses 25 Oktober 2019).

Sari, N. M. M. P., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Di Sd Gugus II Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2016/2017. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). Tersedia pada: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10830 (diakses 10 Juli 2020).

Syahril, A. M. 2017. The Implementation Of Outdoor Study Method In Improving Students Critical Thinking Skills In Social Study. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 75-87. Tersedia pada: https://ejournal.upi.edu/index.php/pips/article/view/8665 (diakses 8 November 2019).

Trianto. 2008. Medesain Pembelajaran Konvensional (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Vera, A. 2012. Metode Mengajar Anak di Luar kelas. Jogjakarta: DIVA Press.

Widodo, W. (2017). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, dan Pembelajaran Bermakna di Sekolah Dasar. Ar-Risalah: Media Keislaman, Pendidikan dan Hukum Islam, 14(2), 22-37. Tersedia pada: http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article (diakses 6 Juni 2020).

Wulandari, B., & Surjono, H. D. 2013. Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2). Tersedia pada: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1600 (diakses 30 Oktober 2019).

Wulandari, Y. I., & Totalia, S. A. 2015. Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi, 1(2). Tersedia pada: www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7275 (diakses 31 Oktober 2019).

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Paramita, A. A. E. P., Rati, N. W., & Sudatha, I. G. W. (2020). Model Discovery Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 175–190. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.25353

Issue

Section

Articles