Model Pembelajaran Means Ends Analysis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i3.25812Abstrak
Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih terdapat beberapa siswa yang memperoleh nilai kurang mencapai KKM yang ditetapkan sekolah pada saat Penilaian Tengah Semester dilihat dari 182 siswa , yang sudah tuntas sebanyak 87 siswa dan tidak tuntas sebanyak 95 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Tergolong eksperimen semu dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD sebanyak 5 kelas dengan jumlah 182 siswa. Teknik random sampling dipilih dalam menentukan sampel penelitian dan memperoleh 2 kelompok sampel yakni kelompok eksperimen berjumlah 32 orang dan kelompok kontrol berjumlah 38 orang. Metode tes digunakan dalam pengumpulan data. Instrumen pengumpulan data yaitu uraian atau essay. Rata-rata hasil belajar matematika kelas mengikuti model Means Ends Analysis yaitu 81,81 dan kelompok mengikuti konvensional yaitu 74,15. Data yang diperoleh dianalisis uji-t yaitu polled varians. Hasil anlisis data (thitung =2,632 > ttabel = 2,000) pada taraf signifikasi 5% dan dk = 68 maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukan terdapat pengaruh model pembelajaran Means Ends Analysis terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan dalam menerapkan pembelajaran dikelas yang lebih efektif dan efisien.
Referensi
Agung A.A.G. (2014). Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.
Akhlis, I., & Dewi, N. R. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Science Berorientasi Cultural Deviance Solution Berbasis Inkuiri Menggunakan ICT untuk Mengembangkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 86–94.
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arthaningsih, N. K. J. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray melalui Lesson Study terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(4), 128–136.
Asshofi, M. P. D., Damayani, A. T., & Rofian. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Faktor Persekutuan Besar dan Kelipatan Persekutuan Kecil Melalui Model NHT Berbantuan Papan Puzzle Berbintang. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 511–518. https://dx.doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21881
Bahr, C. M., & Rieth, H. J. (1989). The effects of Instructional Computer Games and Drill and Practice Software on Learning Disabled Students’ Mathematics Achievement. Computers in the Schools, 6(4), 87–102.
Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–150. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2671
Citroremi Nindy, & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 13–18.
Hartini, T. I., & Lianti, M. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis ( MEA ) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(1), 20–22.
Harto, T. K., Agung, Gd, A. ., & Wibawa, C. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Setting Belajar Kelompok Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Desa Bebetin. E-Journal MIMBAR PGSDUniversitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 2. https://doi.org/10.1021/la9005967
Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21–32.
Kusumayanti, A. N. P., Dantes, N., & Arcana, N. I. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Means-Ends Analysis (MEA) dengan Setting Belajar Kelompok Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD. E-Journal MIMBAR PGSDUniversitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 3.
Magdalena, T., & Surya, E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran MEANS-ENDS ANALYSIS Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi SPLDV Pada Kelas X SMA. 316.
Mahindra, A. (2018). Analisis IRT Menggunakan Wingen 3. Uwais Inspirasi Indonesia.
Narayani, N. P. U. D. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Pemecahan Masalah Berbantuan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 220. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.17775
Nugroho, J. S., Mahfud, H., & Karsono. (2017). Penerapan Model Means Ends Analysis (Mea) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Mata Pelajaran Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 5(4).
Palupi, H. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Segiempat. Unnes Journal of Mathematics Education., 5(2). https://doi.org/10.15294/ujme.v5i2.11400
Pratiwi, A. D. (2016). Keefektifan Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Dengan Brainstorming Terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(3), 173–181. https://doi.org/10.15294/ujme.v5i3.12553
Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visual Intellectualy) Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2).
Saraswati, D. (2018). اPeningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Model Means Ends Analysis (MEA) Bagi Siswa Kelas 5 SD Sumogawe 02. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 7(April), 1–25.
Sayogi, I. C., Hobri, & Setiawani, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika pada Model MEA ( Means-Ends Analysis ) berbasis Scientific Approach Pokok Bahasan Peluang untuk Siswa SMA Kelas X The Development of Mathematics Learning Device on the MEA ( Means- Ends Analysis ) Model based. Ilmiah Mahasiswa, 1, 1–4.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)