Model Pembelajaran Kolaboratif Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26552Abstrak
Rendahnya hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar dan belum diketahuinya apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kolaboratif terhadap hasil belajar matematika siswa. menjadi permasalahan utama pada penelitian ini. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru dalam menerapkan model pembelajaran yang inovatif pada proses belajar. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kolaboratif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 401 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V(A) SDN 1 Astina, dan kelas V SDN 1 Penarukan dengan jumlah 55 orang sebagai kelompok eksperimen, untuk kelompok kontrol pada penelitian ini adalah kelas V(B) SDN 1 Astina, dan kelas V SDN 4 Penarukan dengan jumlah 49 orang sebagai kelompok kontrol, dengan teknik multistage random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode tes dengan instrument tes objektif berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal objektif. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial (uji-t). Hasil uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (7,09 > 1,983) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil analisis uji-t dan rata-rata hasil belajar tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kolaboratif berpengaruh terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SD di Gugus II dan Gugus IX Kecamatan Buleleng. Oleh sebab itu, model pembelajaran kolaboratif cocok diterapkan untuk mengatasi hasil belajar matematika siswa yang rendah.
Referensi
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Ambara, I. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengembangan perangkat pembelajaran kolaboratif pada mata pelajaran matematika topik pengolahan data siswa kelas V SD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 112. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4671
Anggarawati, I. G. . A., Kristiani, R. M., & Asri, I. G. . S. A. (2014). Pengaruh Make A Match Berbantuan Media Kartu Gambar Terhadap Hasil Belajar IPS SD. Undiksha, 2(1). Retrieved from http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/2146
Anggreni, I. D. A. Y. D., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar IPA I. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(2), 65. https://doi.org/10.23969/jp.v1i1.224
Anitah, W. ., & Dkk. (2014). Strategi Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Ardila, A., & Hartanto, S. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 175–186. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v6i2.966
Astuti, P. H. M., Margunayasa, I. G., & Suarjana, I. M. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kolaboratif pada Mata Pelajaran Matematika Topik Kubus dan Balok. 3(3), 271–280.
Dantes, N. (2012). Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Fatimah, I., Hendayana, S., & Supriatna, A. (2018). Didactical design based on sharing and jumping tasks for senior high school chemistry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1013(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1013/1/012094
Hariadi, M. F. (2019). Identifikasi Kesulitan Belajar Siswa Kelas V Pada Polak Ntb. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 121–131.
Hayati, R., Fauzan, A., Iswari, M., & Khaidir, A. (2018). Designing of Holistic Mathematic Education Model Based-"System Among" at Low Grade Elementary School. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 335(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012130
Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2014). Pendidikan Matematika III. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Japa, I. G. N., & Suarjana, I. M. (2015). Pendidikan Matematika I. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Lumentut, C. P., Ali, M. T. M., & Hasbi, M. (2015). Peningkatanhasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 14 Palu Denganmodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Berbantuan Blok Aljabar Padamateri Perkalian Faktor Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(3), 239–248.
Mahendra, I. W. E., Jayantika, I. G. A. N. ., & Mintarti, N. G. P. . (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Dengan Mengontrol Bakat Numerik Peserta DidiK. Joornal of Songke Math, 1(2), 10–21.
Marhamah, Mustafa, & Melvina. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (LSLC). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) Pendidikan Fisika, 2, 277–282.
Monawati, & Yamin, M. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan Di Kelas Iv Sdn Lamsayeun. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 12–21.
Ode, N. M. Y., Bialangi, N., & Ischak, N. I. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Tata Nama Senyawa Kimia di SMA Negeri 1 Telaga Biru T . A 2015 / 2016. 12(2), 157–164.
Permana, R. H. (2019). Survei Kualitas Pendidikan PISA 2018: RI Sepuluh Besar dari Bawah. Retrieved November 23, 2019, from Detik News (online) website: https://news.detik.com/berita/d-4808456/survei-kualitas-pendidikan-pisa-2018-ri-sepuluh-besar-dari-bawah
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang Noor. Jurnal Pujangga, Vol. 1(No 2), 75-105.
Santosa, D. S. S. (2018). Manfaat Pembelajaran Kooperatif Team Games Tournament (TGT) Dalam Pembelajaran. Jurnal Humaniora, 1(1), 1–5.
Sato, M. (2014). Mereformasi Sekolah Konsep dan Praktek Komunitas Belajar. Tokyo: Iwanami Shoten Publishers.
Setyaningsih, N. H. (2014). Model Kolaboratif Tipe Investigasi Kelompok Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Apresiasi Prosa Mahasiswa. Lingua, 10(1).
Simbolon, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Motivasi Serta Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 5 Tebing Tinggi. School Education Journal, 7(2), 230–241. Retrieved from https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/6860
Sribawana, S. I. P. S., Kusmariyatni, N. N., & Suwatra, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran IPA berlangsung adalah ceramah dan. 5(2), 1–12.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Utami, N. M. Y., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. N. (2019). Pengaruh model pembelajaran kolaboratif tipe. 2(2), 139–151.
Warti, E. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 177–185. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.273
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)