E-Modul Literasi Berbasis Cerita Rakyat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI

Penulis

  • Ni Kadek Arthiwi Wijayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Agung Ayu Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Wiarta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46354

Kata Kunci:

E-Modul, Literasi, Berbasis Cerita Rakyat

Abstrak

Kurangnya aktivitas membaca oleh para murid saat situasi pandemi covid 19 dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran pada muatan bahasa Indonesia kelas VI. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hasil validitas media yang dikembangkan dari para pakar dan uji coba pada siswa. Penelitian ini tergolong kedalam penelitian pengembangan, yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini meliputi 1 ahli isi mata pelajaran, 1 pakar desain pembelajaran dan 1 pakar media pembelajaran. Sedangkan subjek uji coba produk  meliputi uji coba secara individual dengan 3 orang murid dan dan uji coba secara kelompok dengan 9 orang siswa kelas VI. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan menggunakan metode angket, observasi, dan wawancara dengan instrument penelitian berupa kuesioner validitas media pembelajaran. Data yang diperoleh dalam penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan

teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada uji validasi produk berdasarkan hasil uji ahli isi mata dengan pesentase 96,66% kategori sangat baik, uji ahli desian pembelajaran dengan pesentase 92,5% kategori sangat baik, uji ahli media pembelajaran dengan persentase 100% kriteria sangat baik, uji coba perorangan dengan hasil 90,14% kriteria sangat baik dan uji coba kelompok kecil dengan 89,64 % atau kriteria baik. Mengacu pada hasil validasi oleh ahli dan uji coba produk maka dapat disimpulkan bahwa aplikasi e-modul literasi berbasis cerita rakyat dianggap layak untuk menjadi media pembelajaran untuk memahami materi teks fiksi pada muatan Bahasa Indonesia pelajar kelas VI SD dan dapat digunakan sebagai media untuk fasilitas membaca.

Biografi Penulis

Ni Kadek Arthiwi Wijayanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Gusti Agung Ayu Wulandari, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

I Wayan Wiarta, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Referensi

Agung. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha.

Aisyah, R. S. S., Solfarina, S., & Yuliantika, U. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pemecahan Masalah pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit (ELNOEL). Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 9(1), 19. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715. DOI: https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i1.3715

Arianti. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181. DOI: https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224. DOI: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224

Aryawan, R., Sudatha, I. G. S., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengembangan E-Modul Interaktif Mata Pelajaran IPS dI SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6(2), 180–191. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i2.20290.

Asip Muhammad, A. M. dan I. K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Untuk Mendukung Gerakan Literasi Sekolah di Kelas Rendah. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(1), 83–97. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8689. DOI: https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i1.8689

Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018). Pengembangan E-Modul IPA Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433–441. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28035.

Dianta, Y. J., & Putri, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Model Tutorial Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Relasi dan Fungsi. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 49–55. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.41. DOI: https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.41

Dianti, A. P., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 243–253. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p243-253. DOI: https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p243-253

Divan, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Budaya Lokal untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(1), 101–114. https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p101. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i12018p101

Fadila, A. (2020). Taman Baca Tanah Ombak dalam Meningkatkan Literasi Baca Anak di Pantai Purus. Nusantara - Journal of Information and Library Studies, 3(1), 55. https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.806. DOI: https://doi.org/10.30999/n-jils.v3i1.806

Fahmy, Z., Purwo, A., Utomo, Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Alfatimi, N. A., Liyana, N. I., Kesuma, R. G., Wuryani, T., & Kunci, K. (2021). Jurnal Sastra Indonesia Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121–126. https://doi.org/10.15294/jsi.v10i2.48469.

Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85–99. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529. DOI: https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529

Fatikh. (2019). Media Pembelajaran. Jurnal Studi Islam, 14(2), 87–99. http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3608.

Firmansyah. (2021). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Matematika untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pagar Alam (Studi Pengembangan pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 9 Pagar Alam). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1). https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18379. DOI: https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18379

Gamage, S. H. P. W., Ayres, J. R., & Behrend, M. B. (2022). A Systematic Review on Trends in Using Moodle for Teaching and Learning. International Journal of STEM Education, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00323-x. DOI: https://doi.org/10.1186/s40594-021-00323-x

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i2.1060. DOI: https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1060

Gumono, G., & Yulistio, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Daring bagi Guru Bahasa Indonesia SMP di Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Community Empowerment, 6(3), 444–455. https://doi.org/10.31603/ce.4455. DOI: https://doi.org/10.31603/ce.4455

Handayani, S. L., & Dewi, F. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Hapsari, F., Desnaranti, L., & Wahyuni, S. (2021). Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa selama Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh. Research and Development Journal of Education, 7(1), 193. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254. DOI: https://doi.org/10.30998/rdje.v7i1.9254

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kereta Membaca Berbasis Kontekstual Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314–326. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.346

Iordanaki, L. (2021). Older Children’s Responses to Wordless Picturebooks: Making Connections. Children’s Literature in Education, 52(4), 493–510. https://doi.org/10.1007/s10583-020-09424-7. DOI: https://doi.org/10.1007/s10583-020-09424-7

Julianto, I. N. L., & Artawan, C. A. (2021). Keterlibatan Ilustrasi dan Warna sebagai Stimulus Visual dalam Konsep ‘Interaksi Ruang Belajar’ pada Sekolah Dasar Kelas 1–3 Di Bali. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2), 389–400. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4276. DOI: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i2.4276

Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Prasasti, P. A. T. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24458

Kuncahyono. (2018). Pengembangan E-Modul Dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(1), 219–231. https://eprints.umm.ac.id/45226/. DOI: https://doi.org/10.32934/jmie.v2i2.75

Kunto, I., Ariani, D., Widyaningrum, R., & Syahyani, R. (2021). Ragam Storyboard untuk Produksi Media Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 4(1), 108–120. https://doi.org/10.21009/jpi.041.14. DOI: https://doi.org/10.21009/JPI.041.14

Kurniawati, I. D., & Nita, S.-. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Double Click: Journal of Computer and Information Technology, 1(2), 68. https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540. DOI: https://doi.org/10.25273/doubleclick.v1i2.1540

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3), 308. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker untuk Subtema Pekerjaan di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240

Martha, N. U., & Andini, N. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 5(November), 185–197. https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992

Masitah, Mutaqin, N. S., & Tirsa, A. (2021). Pengembangan Buku Cerita Rakyat Berbasis Kearifan Lokal Suku Dayak Randuk. CaLLs, 7(1), 53–66. http://doi.org/10.30872/calls.v7i1.5113. DOI: https://doi.org/10.30872/calls.v7i1.5113

Na’im, Z., Ahsani, F., & Luthfi, E. (2021). Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring. Jurnal Pedagogika, 12(1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621. DOI: https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Neteria. (2020). Puzzle Sebagai Media Pembelajaran Inovatif dalam Mata Pelajaran IPS bagi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar., 7(4), 86–87. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/25809. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.25809

Novarina, G. E., Santoso, A., & Furaidah, F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(11), 1448. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i11.12989

Nurhasikin, N., Ningsih, K., & Titin, T. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Discovery Learning Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan SMA. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(2), 163. https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1223. DOI: https://doi.org/10.31571/saintek.v8i2.1223

Nurhayati, D. I., Yulianti, D., & Mindyarto, B. N. (2019). Journal Bahan Ajar Berbasis Problem Based Learning pada Materi Gerak Lurus untuk. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 218. https://doi.org/10.15294/upej.v8i2.33333.

Nurhayatin, T., Inggriyani, F., & Ahmad, A. (2018). Analisis Keefektifan Penggunaan Kalimat dalam Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1), 102. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911. DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2911

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital pada Anak Usia Dini di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Potensia, 6(1). https://doi.org/10.33369/jip.6.1.66-77.

Nusyirwan, A. D. (2019). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan ( JIPTEK ). Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan, 101(2). https://jurnal.uns.ac.id/jptk.

Pangalo, E. G. (2020). Pembelajaran Mobile Learning untuk Siswa SMA. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 38. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851. DOI: https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2851

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2020). Pengembangan Multimedia Tematik Berpendekatan Saintifik untuk Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undikhsa, 8(3), 479–491. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28970.

Pradana, R., Sulton, S., & Husna, A. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Learning Seni Budaya Materi Konsep Budaya, Seni, dan Keindahan untuk Siswa Kelas X SMKN 1 Turen Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran), 6(2), 89–96. https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p089. DOI: https://doi.org/10.17977/um031v6i22020p089

Priscylio, G. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Kontekstual Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Rotasi. Journal of Teaching and Learning Physics, 4(1), 65–73. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4094. DOI: https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.4094

Purwani, R. (2020). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Karakter untuk Pembelajaran Membaca Siswa SD Kelas IV. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 180. https://doi.org/10.30659/j.8.2.180-194. DOI: https://doi.org/10.30659/j.8.2.180-194

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.7155.

Putri, A. R. S., & Airlanda, G. S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Game PEKA untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik pada Materi Pecahan. Efektor, 7(2), 109–116. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14978. DOI: https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14978

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan Karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439

Ramadhani, W., & Fitria, Y. (2021). Capaian Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sains Tematik menggunakan Modul Digital. Jurnal Basicedu, 5(5), 4101–4108. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1391. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1391

Rustiawanti, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Membaca Pemahaman Materi Ekstenofik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 5(2). https://doi.org/10.52802/pancar.v5i2.139.

Safitri, T. M., Susiani, T. S., & Suhartono, S. (2021). Hubungan antara Minat Membaca dan Keterampilan Menulis Narasi Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2985–2992. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1029

Saragih, J. (2021). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.4659033.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1). https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Suwardi, I., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan Budaya Membaca di Indonesia (Studi Pustaka Tentang Problematika & Solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22–33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33. DOI: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tri, I. N., Putra, A., Kartini, K. S., & Widiyaningsih, N. N. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mobile pada Materi Hidrokarbon. 4(2), 43–52. https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v4i2.28536

Violadini, R., & Mustika, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Metode Inkuiri pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1210–1222. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.899

Wulandari, F., Yogica, R., & Darussyamsu, R. (2021). Analisis Manfaat Penggunaan E-Modul Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khazanah Pendidikan, 15(2), 139–144. https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809. DOI: https://doi.org/10.30595/jkp.v15i2.10809

Yulianingsih, S. (2019). Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid dalam Proses Pembelajaran di Kelas. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika, 2(1), 100–119. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47. DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Diterbitkan

2022-04-22

Cara Mengutip

Wijayanti, N. K. A., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). E-Modul Literasi Berbasis Cerita Rakyat pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1), 75–84. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i1.46354

Terbitan

Bagian

Articles