LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPA Materi Pelestarian Sumber Daya Alam

Penulis

  • Ni Luh Wayan Krisnayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48297

Kata Kunci:

Bahan Ajar, LKPD, Interaktif

Abstrak

Kurangnya lembar kegiatan untuk pembelajaran daring pada situasi pandemi Covid-19 yang mengakibatkan LKPD yang diberikan kepada peserta didik kurang maksimal. Permasalahan ini membuat siswa kesulitan dalam belajar dan berdampak pada kurangnya motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis rancang bangun dan kelayakan produk penelitian. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, observasi dan wawancara tak terstruktur. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuatitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil review ahli isi pembelajaran dengan kualifikasi baik (94,64%). Hasil review ahli desain dengan kualifikasi baik (81,81%). Hasil review ahli media dengan kualifikasi sangat baik (95,58%). Hasil uji perorangan dengan kualifikasi sangat baik (93,17%). Hasil uji kelompok kecil dengan kualifikasi sangat baik (95,19%). Disimpulkan bahwa LKPD interaktif layak digunakan dalam proses pembelajaran. LKPD interaktif ini dapat membantu siswa dalam belajar sehingga siswa akan mudah dalam belajar online secara mandiri.

Referensi

Apriyanto, C., Yusnelti, & Asrial. (2019). Pengembangan E-LKPD Berpendekatan Saintifik Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 11(1), 38–42. https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843. DOI: https://doi.org/10.22437/jisic.v11i1.6843

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844. DOI: https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Astatin, G. R., & Nurcahyo, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Adobe Flash untuk Meningkatkan Penguasaan Kompetensi pada Kurikulum 2013. Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 165–176. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.10966. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.10966

Bulan, P., Sudharto, P. H., Irina Safitri, Z., Teuku, A., & Dinalestari, P. (2020). Education for Sustainable Development as Diffusion of Innovation of Secondary School Students. Journal of Teacher Education for Sustainability, 22(1), 84–97. https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0007. DOI: https://doi.org/10.2478/jtes-2020-0007

Desnita, D., Putra, A., Hamida, S., Marsa, P. B., & Novisya, D. (2021). Quality Test of Student Worksheets Based on Contextual Teaching And Learning for Class XI High School Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(1). https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.600. DOI: https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i1.600

Dichev, C., & Dicheva, D. (2017). Gamifying education: What is known, what is believed and what remains uncertain: A critical review. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 14(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0042-5. DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-017-0042-5

Ernata, Y. (2017). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Melalui Pemberian Reward Dan Punishment Di Sdn Ngaringan 05 Kec.Gandusari Kab.Blitar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5(2), 781. https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790. DOI: https://doi.org/10.22219/jp2sd.vol5.no2.781-790

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/JEE.V4I2.3344. DOI: https://doi.org/10.31949/jee.v4i2.3344

Heru, H., & Yuliani, R. E. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.30653/002.202051.279. DOI: https://doi.org/10.18860/jrce.v1i1.7639

Hilmi, N., & Sapri, S. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381

Huda, A. K., Reffiane, F., & Untari, M. F. asri. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SD Negeri Rejosari 03 Kota Semarang. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 171. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3072. DOI: https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v8i2.3072

Hulawa, D. E. (2019). Al-Zarnuji’s Character Concept in Strengthening Character Education in Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 25–40. https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395. DOI: https://doi.org/10.15575/jpi.v4i2.2395

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I2.373. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14. DOI: https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 95–115. https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460. DOI: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A. B., & Muntari, S. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20. DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. Int J Educ Res Open 1. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012. DOI: https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100012

Mulyani, S. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Guna Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di Masa Pandemi Covid 19. Navigation Physics : Journal of Physics Education, 2(2), 84–89. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489. DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.489

Murod, M., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2021). Efektivitas Bahan Ajar E-Modul Interaktif Berbasis Android Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Lingkaran Kelas VI SD. Fenomena, 20(2), 219–232. https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61. DOI: https://doi.org/10.35719/fenomena.v20i2.61

Novianti, N. (2017). Teaching character education to college students using bildungsromans. International Journal of Instruction, 10(4), 255–272. https://doi.org/10.12973/iji.2017.10415a. DOI: https://doi.org/10.12973/iji.2017.10415a

Octaviana, F., Wahyuni, D., & Supeno, S. (2022). Pengembangan E-LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2332

Octavyanti, N. P. L., & Wulandari, I. G. A. A. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 66–74. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32223

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(2). https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.648.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 17(2), 188–197. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25286.

Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Interaktif Segi Banyak Beraturan Dan Tidak Beraturan Berbasis Liveworksheets Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601–2614.

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116

Primasari, I. F. N. D., & Zulela. (2021). Kendala Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Secara Online Selama Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. JIKAP PGSD: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 5(1), 64–73. https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v5i1.16820

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD Berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456.

Puspita, Vivi, & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Putra, G. Y. M. A., Suarjana, I. M., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813

Putra, I. K. A. A. J., Suarsana, I. M., & Suharta, I. G. P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Pecahan Untuk Siswa Smplb Tunarungu Dengan Pendekatan Multi Representasi. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 9(2). https://doi.org/10.23887/janapati.v9i2.23184.

Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Ramadhan, M. A., Handoyo, S. S., & Alfarisi, M. M. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil), 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Ratnawati, T. M. (2021). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(6), 839–848. https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i6.166

Rochman JK, A. kus. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-Lkpd) Berbasis Inkuiri Pada Submateri Fotosintesis Untukmeningkatkan Kemampuan Argumentasi Peserta Didik. BioEdu. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, 10(3), 663–673. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673. DOI: https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p663-673

Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model Addie Pada Anak Usia Dini. Jurnal Instruksional, 1(2), 122. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130. DOI: https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.122-130

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar Dengan Konteks Socio-Scientific Issues Pada Materi Zat Aditif Makanan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8814

Safitri, E., Kosim, & Harjono, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Siswa SMP Negeri 1 Lembar Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 5(2), 197–204. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.825

Santika, M. (2019). Efektivitas Berkomunikasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Open Ended. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v3i1.12819

Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24–32. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.537. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.537

Siripongdee, K., Pimdee, P., & Tuntiwongwanich, S. (2020). A blended learning model with IoT-based technology: effectively used when the COVID-19 pandemic? Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 8(2), 905–917. https://doi.org/10.17478/jegys.698869. DOI: https://doi.org/10.17478/jegys.698869

Sotero, M. C., Alves, Â. G. C., Arandas, J. K. G., & Medeiros, M. F. T. (2020). Local and scientific knowledge in the school context: Characterization and content of published works. Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, 16(1), 1–28. https://doi.org/10.1186/s13002-020-00373-5. DOI: https://doi.org/10.1186/s13002-020-00373-5

Suarjana, I. M., Nanci Riastini, N. P., & Yudha Pustika, I. G. N. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. International Journal of Elementary Education, 1(2), 103. https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v1i2.11601

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Universitas Pendidikan Ganesha.

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher Strategies in Online Learning to Increase Students ’ Interest in Learning During COVID-19 Pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(147800), 129–137. https://doi.org/10.29210/147800. DOI: https://doi.org/10.29210/147800

Sutrimo, S., Kamid, K., & Saharudin, S. (2019). LKPD Bermuatan Inquiry dan Budaya Jambi: Efektivitas dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 29. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841. DOI: https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3841

Syarifuddin, M., Hadi Wijoyo, S., & Sukmo Wardhono, W. (2021). Pengaruh Online Learning Experience Dan Gaya Belajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik SMKN 2 Malang Saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 6(1), 94–105. https://doi.org/10.29100/JIPI.V6I1.1909. DOI: https://doi.org/10.29100/jipi.v6i1.1909

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal pendidikan, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Utomo, E. P. (2018). Pengembangan Lkpd Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 1–10. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.14015.

Van Nuland, S., Mandzuk, D., Tucker Petrick, K., & Cooper, T. (2020). COVID-19 and its effects on teacher education in Ontario: a complex adaptive systems perspective. Journal of Education for Teaching, 46(4), 442–451. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1803050. DOI: https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1803050

Wahyudi, M., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307.

Wahyuni, K. S. ., Candiasa, I. ., & Wibawa, I. M. . (2021). Pengembangan E-Lkpd Berbasis Kemampuan Berpikir. 5(2), 301–311. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Weda, I. W., Putra, G., Parmiti, D. P., Suwatra, I. I. W., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7166.

Wijaya, Tegeh, & Suartama. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Muatan Pelajaran Ipa Untuk Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(1), 61–71. https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i1.644

Wulandari, I. G. A. A., & Agustika, G. N. S. (2020). Dramatik Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Pada Persepsi Mahasiswa PGSD Undiksha). Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 515–526. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.29259.

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Krisnayanti, N. L. W. ., & Sujana, I. W. . (2022). LKPD Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Muatan IPA Materi Pelestarian Sumber Daya Alam. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(3), 437–445. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48297

Terbitan

Bagian

Articles