E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Solving pada Materi Skala dan Perbandingan Kelas V Sekolah Dasar

Penulis

  • Luh Putu Puriasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48848

Kata Kunci:

E-LKPD, Problem Solving, Matematika

Abstrak

Kurangnya variasi guru dalam menggunakan perangkat pembelajaran menyebabkan kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan kurang maksimal, serta berdampak pada rendahnya hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik. Sehingga untuk mengatasi permasalahan tersebut dibutuhkan perangkat pembelajaran yang menarik yang mampu memotivasi peserta didik dalam belajar, salah satunya LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD berbasis problem solving pada materi skala dan perbandingan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 orang ahli materi, 2 orang ahli media, 2 orang praktisi, dan 10 orang siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner dengan memberikan lembar penilaian kepada responden. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat validitas E-LKPD adalah instrumen rating scale. Data hasil penilaian E-LKPD dianalisis menggunakan rumus persentase untuk mengetahui persentase E-LKPD yang dikembangkan. Hasil persentase yang diperoleh yaitu, dari ahli materi 93,08%, ahli media 95%, hasil uji respons praktisi 91,05%, dan hasil uji respons siswa 92,8%, serta hasil yang diperoleh dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat diketahui bahwa E-LKPD interaktif berbasis problem solving pada materi skala dan perbandingan kelas V sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini yaitu peserta didik mampu belajar secara mandiri menggunakan E-LKPD berbasis problem solving materi skala dan perbandingan.

Referensi

Adawiyah, R., Amin, S. M., Ibrahim, M., & Hartatik, S. (2021). Peningkatan Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet. Jurnal Basicedu, 5(5), 3395. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1339

Amthari, W., Muhammad, D., & Anggereini, E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Saintifik Materi Sistem Pernapasan pada Manusia Kelas XI SMA. BIODIK, 7(3), 28–35. https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239. DOI: https://doi.org/10.22437/bio.v7i3.13239

Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Disertai Pendekatan Visual Thinking pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558. DOI: https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558

Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review (CER), 1(2), 90. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614. DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Bafadhol, I. (2017). Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam, 6(11), 14. https://doi.org/10.30868/ei.v6i11.95.

Beladina, N., Suyitno, A., & Kusni. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan LKPD Terhadap Kreativitas Matematis Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(3), 35–36. https://doi.org/10.15294/ujme.v2i3.3363.

Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204–214. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781

Erika, Astalini, & Kurniawan, D. A. (2021). Literatur Review : Penerapan Sintaks Model Pembelajaran Problem Solving Pada Kurikulum 2013. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 147–153. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1101. DOI: https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1102

Fara, U., Noer, S. H., & Rasidin, U. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 12(2), 242–253. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i2.6160. DOI: https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4862

Farkhati, A., & Sumarti, S. S. (2019). Implementasi Manajemen Pembelajaran Kimia Berbantuan E-LKPD Terintegrasi Chemoentrepreneurship untuk Menganalisis Soft Skill Siswa. Chemistry in Education, 8(2), 2. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/39127.

Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32–42. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i1.11325

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan Situs Liveworksheets untuk Mengembangkan LKPD Interaktif di Sekolah Dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 233–234. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277. DOI: https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal : Journal Education Research and Development, 4(1). https://doi.org/ 10.31537/ej.v4i1.297. DOI: https://doi.org/10.31537/ej.v4i1.297

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148/1029.

Friska, S. Y., Nanda, D. W., & Husna, M. (2022). Pengembangan e-LKPD dengan 3D Pageflip Professional Berbasis Problem Solving pada Tema Lingkungan Sahabat Kita di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1685

Handayani, S. L., & Dewi, F. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Hazlita, S. (2021). Implementasi Pembelajaran dalam Jaringan dengan Menggunakan Instagram dan Liveworksheets pada Masa Pandemi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1144. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195. DOI: https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.195

Huzaimah, P. Z., & Risma, A. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 533–541. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537.

Jauhar, S., & Nurdin, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 1(2), 141–149. https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285. DOI: https://doi.org/10.26858/jkp.v1i2.5285

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011. DOI: https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Khotimah, K., Ambarita, A., & Fuad, M. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Tematik Berbasis Learning Cycle 5E. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(13), 3. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/13455.

Kurniawan, D. T. (2017). Penggunaan Model PJBL Untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika. Kalamatika Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207. https://doi.org/10.22236/Kalamatika.vol2no2.2017pp207-220. DOI: https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp207-220

Lestari, D. D., & Muchlis. (2021). E-LKPD Berorientasi Contextual Teaching and Learning untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987. DOI: https://doi.org/10.23887/jpk.v5i1.30987

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245. DOI: https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245

Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Aplikasi Liveworksheets Pada Materi Volume Bangun Ruang Kelas V SDN Kebonsari 4 Malang. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 308. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/ 644.

Mahmudah, A. M., Caswita, & Asmiati. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 6(2). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/16347.

Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkatan Sumber Daya Manusia di Indonesia. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 2. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646

Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skoll (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 02(2), 170. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342. DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342

Novriani, S., Hakim, L., & Lefudin, L. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Momentum dan Impuls Berbasis Android untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 29–44. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.7136

Nurbayani, A., Rahmawati, E., Nurfaujiah, I. I., Putriyanti, N. D., Fitria, N., Fajriati, Safira, Y., & Ruswan, A. (2021). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Liveworksheets sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-guru SD Negeri 1 Tegalmunjul Purwakarta. Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), 1(2), 128. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJOCSEE/article/view/33479.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945. DOI: https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Pansa, H. E., Caswita, & S, S. (2017). Pengembangan LKPD dengan Model Problem Based learning untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(3). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/12640.

Prayoga, T., Agustika, G. N. S., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Materi Pengenalan Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Peserta Didik Kelas I SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 99–108. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44777

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 273–275. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 88. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456. DOI: https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rahmawati, Putra, A. P., & Zaini, M. (2021). Penggunaan E-LKPD pada Konsep Archaebacteria dan Eubacteria Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri. IPA EDU: Jurnal Pendidikan IPA, 1(2). https://jurnal.iainkediri.ac.id/index.php/ipaedu/article/view/3662.

Rizkiah, A. W., Nasir, N., & Komarudin, K. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal: Jurnal Matematika. https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i1.1926

Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336

Sardiyanah, S. (2020). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(1), 123–144. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187. DOI: https://doi.org/10.47435/al-qalam.v7i1.187

Sisnanto, Wahyudi, & Indarini, E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Group Investigation Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 SD dalam Pelajaran Matematika. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(4), 831. https://doi.org/ 10.33578/pjr.v3i4.7538. DOI: https://doi.org/10.33578/pjr.v3i4.7538

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran Tokoh Pendidikan dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, and programs (perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 50. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/723674. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71

Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(7), 1257. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233

Tanjung, H. S. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1). https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/370. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.473

Wahyuni, K. S. P., Candiasa, I. M., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Mata Pelajaran Tematik Kelas IV Sekolah Dasar. Pendasi: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 301–311. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476. DOI: https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.476

Wardhani, D. A., & Pujiono, A. (2022). Pengaruh Tingkat Pendidikan Formal Terhadap Kompetensi Mengajar Guru Sekolah Minggu. Discreet: Journal Didache of Christian Education, 2(1), 10–21. https://ejournal.staknkupang.ac.id/ojs/index.php/dis/article/view/109.

Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 8(1). https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v8i1.11136

Diterbitkan

2022-07-26

Cara Mengutip

Puriasih, L. P., & Rati, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Problem Solving pada Materi Skala dan Perbandingan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(2), 267–275. https://doi.org/10.23887/jp2.v5i2.48848

Terbitan

Bagian

Articles