PENGEMBANGAN BAHAN AJAR NEUROSAINS BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL INKUIRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.22542Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) mendeskripsikan kelayakan buku ajar neurosains bermuatan pendidikan karakter dengan model inkuiri yang dikembangkan dari segi validitas isi dan konstruks, 2) mendeskripsikan kelayakan buku ajar neurosains bermuatan pendidikan karakter dengan model inkuiri yang dikembangkan dari segi kepraktikasan penggunaan di kelas. Penelitian ini merupakan model Research and Development (R&D) atau penelitian dan pengembangan. Penelitian dan pengembangan merupakan proses atau langkah-langkah ilmiah yang digunakan dalam meneliti, memproduksi atau menyempurnakan produk yang telah ada. Pengembangan ini mengacu pada model dari langkah-langkah Borg and Gall. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen yang telah dirancang kemudian dianalisis secara deskriptif dengan teknik deskriptif kualitatif. Kualitas produk berupa buku ajar yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dari aspek validitas dan kepraktisan. Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan, maka simpulan dalam penelitian adalah sebagai berikut: 1) buku ajar neurosains bermuatan pendidikan karakter dengan model inkuiri yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dari segi validitas isi tergolong dalam kategori sangat baik dengan skor 4,55 dari skor maksimal sebesar 5,00; 2) buku ajar neurosains bermuatan pendidikan karakter dengan model inkuiri yang dikembangkan telah memenuhi kelayakan dari segi kepraktisan ditinjau dari aspek penggunaan waktu yang tergolong efesien, serta skor siswa yang diperoleh termasuk dalam kategori baik, yaitu sebesar 3,72 dari skor maksimal 5,00.
References
Anzwar. 2003. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Liberty.
Agung, A.A. Gede. 2015. Statistik Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.
Arifin Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Candiasa, I M. 2004. Analisis Butir Desertasi Aplikasi dengan Iteman, Bigsteps dan SPSS. Singaraja: Unit Penerbitan IKIP Negeri Singaraja.
Candiasa, I M. 2007. Statistik Multivariat Disertai Petunjuk Analisis dengan SPSS. Singaraja: Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Chodijah, S. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian Fisiska, diakses 25 maret 20017.
Human Development Report 2016 http://hdr.undp.org/sites/all/themes/hdr_theme/country-notes/IDN.pdf, diakse tanggal 26 Maret 2017.
Gregory, Ribert J. 2000. Psychological Testing (History, Principles, and Application). Bonston: Allyn and Bacon.
Gunter, A.L., et al. 1990. Intruction a Model Approach. London: Allyn and Bacon.
Jaya, M. I. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter dengan Setting Guided Inquiri untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Siswa SMP.Tesis. Program Pasca Sarjana.
Mulyasa E. 2006. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadra,I W. 2007. PengembanganPembelajaran Matematikan Berwawasan Lingkungan dalam Pelatihan Guru Kelas I SD. Desertasi (tidak diterbitkan). Surabaya: UNESA.
Sanjaya, Wina. 2013.Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenada Media Group.
Saraswati, Lili, N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Gugus I Kecamatan Buleleng. Diakses dari http://ejournalundiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/artilce/dpwnload/713/586, diakses 8 April 2017
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu-Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Surabaya: Bumi Aksara
Zubaedi. 2011. Desain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wena Made. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Widoyoko, E. P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Pustaka Pelajaran: Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.