E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Aksara Bali Kelas V Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44586Keywords:
Development, E-LKPD, Interactive, Local WisdomAbstract
Kurangnya pemanfaatan bahan ajar interaktif dalam pembelajaran bahasa Bali materi aksara Bali kelas V. Penelitian bertujuan untuk menciptakan E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal yang layak dan efektif digunakan oleh siswa kelas V SD. Penelitian ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan subjek 20 siswa kelas V SD. Metode pengumpulan data yang digunakan metode wawancara, observasi, kuesioner, dan tes. Instrumen berupa angket dan tes objektif. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif kuantitatif, kualitatif, statistik deskriptif, dan inferensial. Hasil uji ahli isi pembelajaran 98,7%, ahli media pembelajaran 98,6%, ahli desain pembelajaran 100%, uji perorangan oleh guru 97,5 %, siswa 93,3%, uji kelompok kecil 96,1%, uji lapangan 95% yang dikualifikasikan sangat baik. Hasil uji efektivitas menunjukkan hasil uji-t thitung= 6,1665, ttabel = 2,086. Hal ini berarti thitung>ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, E-LKPD interaktif berbasis kearifan lokal materi aksara Bali efektif dan layak diterapkan pada siswa kelas V SD. Implikasinya menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berupa E-LKPD Interaktif mengakibatkan kegiatan pembelajaran menjadi interaktif, menyenangkan, dan memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja :Universitas Pendidikan Ganesha.
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka, 2(1), 62—65. http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1653809
Amanah, N. S. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kearifan Lokal Jember di Kelas IV SDN Sumber Sari 03 Jember dengan Tema Daerah Tempat Tinggalku [Universitas Jember]. http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/92602
Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500–3508. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.882
Arianty, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan Lkpd Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang Pada Siswa Kelas 5 Sd. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1053
Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jppk.v3i2.8163
Kartika, B. S. (2017). Desain Pembelajaran Model ADDIE dan Impelentasinya dengan Teknik Jigsaw. Desain Pembelajaran Di Era ASEAN Economic Community (AEC) Untuk Pendidikan Indonesia Berkemajuan, 94–96, 87–102. http://eprints.umsida.ac.id/432/1/ARTIKEL Bintari Kartika Sari.pdf
Lailiah, I., Wardani, S., & Edi Sutanto, D. (2021). Implementasi Guided Inquiry Berbantuan E-Lkpd Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Redoks Dan Tata Nama Senyawa Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 15(1), 2792–2801. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jipk.v15i1.26204
Lathifah, M. F., Hidayati, B. N., & Zulandri, Z. (2021). Efektifitas LKPD Elektronik sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Guru di YPI Bidayatul Hidayah Ampenan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(2), 0–5. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v4i2.668
Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Kingdom Plantae Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 2(2), 170. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss2/245
Nurliawaty, L., Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., Fisika, P., & Papua, U. (2017). LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ( LKPD ) BERBASIS PROBLEM SOLVING POLYA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9183
Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3975
Pujawan, & Hendra, K. A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Design Grafis) Di Politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810
Purnama, S. (2010). Elemen Warna Dalam Pengembangan. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 113–130. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.102
Putri, F. A., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) berbasis kearifan lokal untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Sekolah, 4(4), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/js.v4i4.20614
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rizki, D., Kalifah, N., Nugraheni, A. S., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Islam, U., Sunan, N., Yogyakarta, K., Author, C., & Lokal, K. (2021). PENGEMBANGAN LKPD TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA LAMPUNG SELATAN TEMA INDAHNYA KEBERAGAMAN KELAS IV MI / SD. 8(1), 27–36. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/terampil.v8i1.7945
Sari, F. N., Nurhayati, & Soetopo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Elektronik Teks Cerita Pendek Berbasis Budaya Lokal. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia, 1, 83–98. http://conference.unsri.ac.id/index.php/SNBI/article/view/505/125
Shufa, N. K. F. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. INOPENDAS: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 48–53. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/2316
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan (Cetakan ke). Jakarta : Alfabeta.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan Buku Ajar Model Penelitian Pengembangan dengan Model ADDIE. Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan Addie Model. Jurnal Ika, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145/1008
Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Winda Pradika Wardani, Ni Wayan Suniasih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.