PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP EFIKASI DIRI SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16410Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas V SD Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto, korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri yang ada di Gugus I Gusti Ngurah Rai Kecamatan Denpasar Selatan tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 266 orang siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan taraf kesalahan 5% sehingga diperoleh banyaknya sampel dari populasi adalah 155 orang siswa. Data pola asuh orang tua dan efikasi diri dikumpulkan menggunakan metode angket dengan skala likert dan penskoran angket menggunakan politomi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Sebagai uji prasyarat adalah uji normalitas sebaran data dan uji linieritas. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh positif pola asuh orang tua terhadap efikasi diri siswa kelas V dengan kontribusi nilai R2 = 0,035 atau sebesar 3,5%. Persamaan model regresi efikasi diri = 65,89 + 0,34 pola asuh orang tua. Persamaan regresi tersebut menjelaskan bahwa setiap kenaikan skor pola asuh orang tua akan menyebabkan kenaikan 0,34 peningkatan efikasi diri siswa pada konstanta 65,89. Jadi dapat disimpulkan peningkatan dalam pola asuh orang tua dapat meningkatkan efikasi siswa.
Kata-kata kunci : pola asuh orang tua, efikasi diri
Referensi
Agung, A.A.G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Alwisol. 2014. Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.
Anwar, A.I. 2009. “Hubungan antara Self Efficacy dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatra Utara”.
Baumrind, Diana. 1966. Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development. 37 (4), 887 - 907.
Baumrind, Diana. 1991. The Influence of Parenting Style on Adolescent Competence and Substance Use. Journal of Early Adolescense. 11 (1), 56 -59.
Bandura, A. 1977. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review. Vol.84, No.2 (hlm.191-215).
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Erlina, Winda. 2016. “Pola Asuh Orang Tua sebagai Prediktor Kecerdasan Emosional pada Remaja”
Jinks, J. & Morgan, V. (1999). “Children’s perceived academic self-efficacy: An inventory scale”. Vol.72, No. 4 (hlm 224-230).
Mulyadi, Seto, dkk. 2016. Psikologi Pendidikan akan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, edisi kesebelas, jilid I. Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
Santrock, John W. 2007. Perkembangan Anak, edisi ketujuh, jilid II. Terjemahan Mila Rachmawati dan Anna Kuswanti. Jakarta: Erlangga.
Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Taylor, Shelley E, dkk. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Kencana.
Yusuf, Syamsu. 2017. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.