Kelayakan dan Efektivitas Media Komik Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Materi Sumber Daya Alam

Authors

  • Ni Made Sanita Melliyanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44587

Keywords:

Pengembangan, Media Komik, IPA, Kontekstual

Abstract

Kurangnya literasi siswa dan terbatasnya media pembelajaran IPA, sehingga hasil belajar siswa menjadi belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik bermuatan IPA materi sumber daya alam yang teruji kelayakan dan efektivitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Subjek penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas IV SD. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, kuesioner, dan tes. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes tertulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan deskriptif kualitatif, kuantitatif, statistik deskriptif, dan statistik inferensial. Hasilnya media komik layak diterapkan yang dibuktikan dari hasil uji ahli isi pembelajaran 95%, ahli desain pembelajaran 90%, ahli media pembelajaran 82,69%, uji peorangan 90,36%, uji kelompok kecil 91,66%, dan uji lapangan 93,40%. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa media pembelajaran komik yang dikembangkan efektif diterapkan pada muatan IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t diperoleh thitung = 6,242 > ttabel  =1,670 pada taraf signifikansi 5% sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka, media komik berbasis kontekstual ini sangat layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran komik kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan, efektif, dan berdampak positif terhadap hasil belajar siswa.

Author Biographies

Ni Made Sanita Melliyanti, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Dasar

Ni Wayan Suniasih

Pendidikan Dasar

References

Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam Perspektif Kreativitas Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866.

Aditya Dharma, I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.

Afifuddin, M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PAI Berbasis ICT. Tarbawi, 6(2), 141–156. https://doi.org/10.36781/tarbawi.v6i1.2970.

Agung, A. . G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Andaresta, N., & Rachmadiarti, F. (2021). Pengembangan E-Book Berbasis STEM pada Materi Ekosistem untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. BioEdu, 10(1), 635–646. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p635-646.

Annisa, D. S., & Fitria, Y. (2021). Hubungan Kebiasaan Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 498–508. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/3211.

Aprilia, D. A., Zuliani, R., Rini, C. P., & Unaenah, E. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Kontekstual pada Mata Pelajaran IpPASiswa Kelas IV SDN Pondok Pucung 01 Kota Tangerang Selatan. Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE), 1(2), 52–61. https://doi.org/10.31000/ijoee.v1i2.2931.

Apriyanti, R., Lufri, & Putri, D. H. (2018). Pengembangan Modul Bernuansa Spiritual dalam Bentuk Komik Strip pada Materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Siswa Kelas XI SMA/MA. Bioeducation Journal, 2(2). https://doi.org/10.24036/bioedu.v2i2.12.

Artha, R. S., Suryana, D., & Mayar, F. (2020). E-Comic: Media for Understanding Flood Disaster Mitigation in Early Childhood Education. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 341–351. https://doi.org/10.21009/JPUD.142.12.

Asmedy. (2021). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Possing Problem Berkelompok dan Metode Ceramah. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 1(2), 69–75. https://doi.org/10.54371/jiepp.v1i2.107.

Astuti, N. P. A. W., Ardana, I. K., & Suardika, I. W. R. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Bermuatan Mind Mapping terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gugus III Mengwi. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1231.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Gava Media.

Dwijayani, N. M. (2019). Development of Circle Learning Media to Improve Student Learning Outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2), 171–187. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

Eva, R. P. V. B., Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan …, 3. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/17744.

Fadillah, A. (2018). Pengembangan Media Belajar Komik terhadap Motivasi Belajar Siswa. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.259.

Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2974.

Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B. A., Gunawan, G., & Makhrus, M. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah Meggunakan Media Moodle untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa pada Materi Gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 158. https://doi.org/10.29303/jpft.v4i2.803.

Iskandar, R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 237–246. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v3i2.407.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPA Berbasis Kontekstual di Manggarai untuk Belajar Siswa pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2), 63–73. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112.

Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i6.6514.

Krisna, D., Gunarhadi, G., & Winarno, W. (2020). Development of Educational Comic with Local Wisdom to Foster Morality of Elementary School Students: A Need Analysis. International Journal of Educational Methodology, 6(2), 337–343. https://doi.org/10.12973/ijem.6.2.337.

Kudisiah, H. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Menggunakan Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas IV SDN Bedus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 75383. https://doi.org/10.36312/jime.v4i2.475.

Kurniawarsih, M., & Rusmana, I. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berbasis Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(1), 39–48. https://doi.org/10.46306/lb.v1i1.

Manurung, S. R., & Panggabean, D. D. (2020). Improving Students’ Thinking Ability in Physics Using Interactive Multimedia Based Problem Solving. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 460–470. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.28205.

Nikmatillah. (2018). Penggunaan Media Papan Persilangan Dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Perkawinan Silang Mahluk Hidup untuk Siswa Kelas IX C SMP Negeri 7 Malang Tahun 2015/2016. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1), 1. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i1.2187.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif (M. P. Pandi Rais, S.Pd. (ed.); 1st ed., Vol. 148). UMSIDA Press.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.

Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2019). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499.

Puspitasari, F. D. A. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Serat Wulangreh Pupuh Pangkur untuk Pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Kota Semarang. Journal of Javanese Learning and Teaching, 5(2), 17–25. https://doi.org/10.15294/piwulang.v7i2.29601.

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A. K., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif dan Afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 413–420. https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.2385.

Rakasiwi, N. (2019). Pengembangan Media Komik dengan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Kelas IV. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 60–70. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3741.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Muaddib : Studi Kependidikan Dan Keislaman, 1(2), 100. https://doi.org/10.24269/muaddib.v1i2.1213.

Rositayani, N. P. E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452.

Sholihah, A. F., Study, P., Pendidikan, T., Pendidikan, J. I., Bimbingan, P. D. A. N., Pendidikan, F. I., & Ganesha, U. P. (2019). Pengembangan Media Puzzle Berbasis Make a Match pada Pembelajaran Tematik Kelas II di MI At-Taufiq Singaraja Tahun. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 7(2), 36–47. https://doi.org/10.23887/jeu.v7i2.21830.

Sotero, M. C., Alves, Â. G. C., Arandas, J. K. G., & Medeiros, M. F. T. (2020). Local and Scientific Knowledge in The School Context: Characterization and Content of Published Works. Journal of Ethnobiology and Ethnomedicine, 16(1), 1–28. https://doi.org/10.1186/s13002-020-00373-5.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran (pp. 1–18). Universitas Pendidikan Ganesha.

Suasaningdyah, E. (2018). Peningkatan Nilai Peserta Didik Mata Pelajaran IPS Topik Bermain Layang-Layang Melalui Pembelajaran Konstektual. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 105. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p105-115.

Suastika, I. K., & Amaylyla. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.26737/jpmi.v4i2.1230.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.

Syofniati. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Geografi (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 4 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Geografi, 6(465), 12–20.

Wahyuningsih, A. . (2011). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Sistem Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 1(2), 102–110.

Wibowo, S. A., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5100–5111. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1600.

Wicaksono, A. G., Jumanto, J., & Irmade, O. (2020). Pengembangan Media Komik Komsa Materi Rangka pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 215. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6384.

Wulandari, Sudatha, & Simamora. (2020). Pengembangan Pembelajaran Blended pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i1.26459.

Downloads

Published

2022-04-25

How to Cite

Melliyanti, N. M. S., & Suniasih, N. W. (2022). Kelayakan dan Efektivitas Media Komik Berbasis Kontekstual pada Muatan IPA Materi Sumber Daya Alam. Mimbar Ilmu, 27(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44587

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>