Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA

Authors

  • Ni Made Ayu Suryantari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Pudjawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Citra Wibawa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain non equivalenpost-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus IV Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 berjumlah 155 orang.Sampel penelitian ini diambil dengan teknik clusterrandom sampling. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SD N 3 Penglatan yang berjumlah 23 orang dan siswa kelas V SD N 3 Alasangker yang berjumlah 20 orang.Data sikap ilmiah dikumpulkan dengan metode non tes menggunakan instrumen kuisioner sikap ilmiah dan data hasil belajar IPA dikumpulkan dengan metode tes menggunakan tes pilihan ganda. Data yang dikumpulkan, dianalisis menggunakan statistis deskriptif dan Manova.Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah antarasiswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional (Fhitung=25,88>Ftabel=4,08), (2) terdapat perbedaanyang signifikan hasil belajar IPA antarasiswa yang mengikuti model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional(Fhitung =15,16> Ftabel = 4,08), dan (3) secara bersama-sama,terdapat perbedaan yang signifikan sikap ilmiah dan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti model inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret dengan pembelajaran konvensional(F=15,111; p<0,05). Hal ini menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan media benda konkret berpengaruh positif terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar IPA siswa.

References

Danim, Sudarwan. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfa Beta.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Erdianto, Kristian. 2018. Komnas HAM Catat 4 Kondisi Darurat Pendidikan Indonesia. Tersedia pada:

https://nasional.kompas.com/read/2018/05/02/12581141/komnas-ham-catat-4-kondisi-darurat-pendidikan-indonesia (diakses tanggal 14 Juli 2018).

Fitriani, Cut. 2015. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156

Kompas. 2017. Program Sertifikasi dan Tunjangan Profesi Guru Tetap Ada. Terdapat pada

http://edukasi.kompas.com/read/2017/08/16/19390071/program-sertifikasi-dantunjangan-profesi-guru-tetap-ada. Diakses tanggal 13 Desember 2017.

Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita . Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245

Riastini, Putu Nanci. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja: Unit Penerbitan Universitas Pendidikan Ganesha.

Sadia, I Wayan. 2014. Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saat, Sulaiman . 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015.

Santiasih. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar . Volume 3. Diakses tanggal 18 mei 2018.

Silberman, Mel. 2009. Active Larning 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Suastra, I Wayan. 2009. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanti, Ayu. 2014. “Pengaruh Model Snowball Throwing Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus i Ngurah Rai Denpasar”. E-Journal Mimbar PGSD Undiksha. Volume 2, Nomor 1.

Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Yusutria .2017. Rofesionalisme Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia . Jurnal Curricula Kopertis Wilayah X Vol 2, No. 1 2017

Downloads

How to Cite

Suryantari, N. M. A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Issue

Section

Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>