Pengaruh Model Pembelajaran CTL Berorientasi Tri Kaya Parisudha terhadap Hasil Belajar Matematika
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15963Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha, dengan siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri Kaya Parisudha, terhadap mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD di Gugus III Semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng yang berjumlah 130 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 3 Dencarik berjumlah 20 orang sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III SD Negeri 2 Dencarik berjumlah 25 orang sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes yang berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit = 3,22 > ttab =1,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudha dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan menggunakan model pembelajaran CTL berorientasi Tri kaya Parisudha pada siswa kelas III SD di Gugus III semester II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.References
Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Arsani. S. 2012. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Berorientasi Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SD. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.
Aryani, Ni Kt. Sri & I Nym Murda, I. G. A. Tri Agustiana. 2013. ”Penerapan Model Pembelajaran CTL (Contectual Teaching Learning) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).
Atmaja, I. M. N, Arniati, I.A.K. 2010. Etika Hindu. Surabaya: Paramita
Danu, I. M. 2014. Ajaran Weda dalam Filosofi Hindu. Surabaya: Paramita.
Darmika. Gusti Nyoman. 2016. “Implementasi Model Pembelajaran Ctl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD N 2 Kaliuntu Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal IKA Vol 14, No 1 (2016): Edisi Maret 2016.
Dewi. Candra. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together Berlandaskan Tri Kaya Parisudha Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, Nomor 1.
Dewi, Nym. Riska Yulistya & Ni Wyn. Rati .2013.”Pengaruh Pendekatan CTL Berbantuan Penilaian Kinerja Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Sangsit”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).
Hermawan,I Pt. Eka & I Nym Jampel, I Wyn Widiana. 2013. “Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).
Mardana. I. N, Sumartawan. I. K., dkk. 2005. Semara Ratih Pendidikan Agama Hindu. Denpasar: Perpustakaan Nasional.
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. 2017. Departemen Pendidikan Nasional.
Ratih. 2014. “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Melalui Pemodelan Media Sederhana Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Kecamatan Gianyar”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2, No 1.
Riastini, P. N. 2016. Pembelajaran IPA SD. Singaraja. Undiksha Singaraja.
Ruhimat, T., Ibrahim, R. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada .
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Singer, I. W. 2013. Tata Susila Hindu. Surabaya: Paramita
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Departemen Pendidikan Nasional.
Wahyuningtyas , Dyah Tri. 2017. ”The Assembling Of Contextual Teaching And Learning (Ctl) Model Assisted By Origami Paper Media For Increasing Plane Learning Result In The Fifth Grade Of Primary School. International Journal Of Elementary Education”. Vol 1, No 3 (2017)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)