Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Aktivitas Hot Pada Tema 8 Subtema 1
DOI:
https://doi.org/10.23887/ijee.v3i4.22383Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan validitas perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing berdasarkan kegiatan berpikir tingkat tinggi (HOT) dalam Tema 8 Subtema 1 di kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE, yaitu (1) analisis (analisis), (2) desain (desain), (3) pengembangan (pengembangan), (4) implementasi (implementasi), dan (5) evaluasi (evaluasi) ), tetapi penelitian ini terbatas pada tahap pengembangan karena waktu yang terbatas dalam penelitian. Metode yang digunakan dalam penilaian produk adalah memberikan lembar penilaian kepada pakar pembelajaran, yaitu dua guru dan dua dosen. Produk yang dikembangkan adalah 1 silabus, 6 rencana pelajaran, dan 6 lembar kerja siswa. Nilai rata-rata validitas setiap perangkat pembelajaran adalah silabus 4,60 dengan kualifikasi sangat baik, rencana pelajaran keseluruhan adalah 4,74 dengan kualifikasi sangat baik, dan keseluruhan lembar kerja siswa adalah 4,77 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis ini, dapat dikatakan bahwa pengembangan alat pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis aktivitas HOT dinyatakan valid.
References
Hayati, M. N., Supardi, K. I., & Miswadi, S. S. (2013). Pengembangan pembelajaran ipa smk dengan model kontekstual berbasis proyek. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, Vol 2 No 1.
Hidayah, R., dkk. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol1 No 2, hlm 127-133.
Ismail, R. A. R., & Ismail, D. (2018). Aplikasi Konsep 4C’pembelajaran Abad Ke-21 dalam Kalangan Guru Pelatih Pengajian Agama Institut Pendidikan Guru Kampus Dato’razali Ismail. Asian People Journal (APJ), Vol 1 No 1, hlm 45-65.
Jauhar, M. (2011). Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, Vol 4 No 1, hlm 23-33.
Nugraha, A. W., dkk. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berdasarkan Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol 1 No 1.
Pariatna, I. W. J., Sudria, I. B. N., & Wasono, N. K. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing pada topik laju reaksi. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, Vol 9 No. 1, hlm 38-50.
Samsiyah, N. dan H. E. Rudyanto. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memecahkan Masalah Matetatika Open-Ended Ditinjau Dari Tingkat Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, Vol 4 No 1, hlm 23-33.
Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Grup
Sumarni, S . 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma Negeri 01 Manokwari (Studi Pada Pokok Bahasan Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan) . Jurnal Nalar Pendidikan Volume 5, Nomor 1, Jan-Jun 2017.
Suraya, S. N. (2010). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berorientasi Model Inkuiri untuk Melatihkan Ketrampilan Proses di SD. Jurnal Pendidikan, Vol 16 No 1.
Tegeh, I M. dan I N. Jampel. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Udiani, Ni Ketut. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ipa Dengan Mengendalikan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Sd No.7 Benoa Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung . e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Vol 7, No 1 Tahun 2017).
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad ke 21: Keterampilan yang Diajarkan melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan dengan tema “Isu-isu Strategis Pembelajaran MIPA Abad”, Volume 21 No 10.
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the International Journal of Elementary Education agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)