PENERAPAN PENDEKATAN SAINSTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CATUR PURUSA ARTHA DAN PAWIWAHAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA HINDU DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS XI PARIWISATA 2 SMK NEGERI 2 SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Gede Sastrawan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Singaraja pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 yang bertujuan meningkatkan hasil belajar topik “Catur Purusa Artha dan Pawiwahan” mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI Pariwisata berjumlah tiga puluh empat orang terdiri dari delapan belas orang laki-laki dan enam belas orang perempuan. Teknik pengambilan data penelitian pada aspek sikap dan keterampilan adalah nontes dan data penelitian aspek pengetahuan menggunakan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil belajar prasiklus pada aspek sikap dengan ketuntasan klasikal 67,65% dan aspek pengetahuan 76,47% serta aspek keterampilan 76,47%. Hasil penelitian siklu-1 yaitu : (1) aspek sikap dengan peserta didik yang mencapai ketuntasan 76,47% dan yang tidak tuntas 32,35%, (2) aspek pengetahuan peserta didik yang mencapai ketuntasan 82,85% dan yang tidak tuntas 17,65%, dan (3) aspek keterampilan peserta didik yang mencapai ketuntasan 85,29% dan yang tidak tuntas 14,71%. Hasil penelitian siklus-2 yaitu : (1) aspek sikap peserta didik yang mencapai ketuntasan 85,29% dan yang tidak tuntas 14,71%, (2) aspek pengetahuan peserta didik yang mencapai ketuntasan 94,12% dan yang tidak tuntas 5,88%, dan (3) aspek keterampilan peserta didik yang mencapai ketuntasan 88,24% dan yang tidak tuntas 11,76%. Berdasarkan perkembangan hasil belajar peserta didik tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar topik “Catur Purusa Artha dan Pawiwahan” mata pelajaran pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik kelas XI Pariwisata 2 semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: pendekatan saintifik, hasil belajar.

References


Arikunto, Suharsimi.,dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Akasara.

Bahtiar, Yusuf, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Menggunakan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya di SMPN 03 Kota Bengkulu. Jurnal Pembelajaran Fisika, Vol. 1. No. 1, Agustus 2017.

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Depdinas. 2008. Pengolahan dan Analisis Data Penelitian. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.

Kemdikbud. 2014. Buku Guru: Pendidikan Agama Hindu dan Budipekerti SMA/SMK Kelas X. Jakarta: Depdiknas.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Marlenawati, Dinsi. 2014. Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematiaka Peserta didik Kelas V SD Negeri 113 Bengkulu Selatan. Skripsi. [online] tersedia di www.dinsimarlenawati.skripsi/pdf.id. Diakses tanggal 16 Maret 2016.

Santiyasa, I Ketut dan Nyoman Warta.2014. Model Pembelajaran Agama Hindu Berpendekatan Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik. Jurnal Ikatan Alumni (IKA) Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. Vol. 12, No. 1, Maret 2014. ISSN 1829-5282.

Sudjana, Nana. 2006. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosdakarya.

Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontenporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.34463

Article Metrics

Abstract view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Journal of Educational Action Research is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: astitipratiwi.eed@gmail.com

Phone: 081805611217

 


Journal of Educatioan Action Research indexed by:

  Crossref JPI     JPI Undiksha OneSearch

 

Creative Commons License

Journal of Educatioan Action Research is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.