Pendekatan Sainstifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Siswa Kelas XI

Authors

  • Gede Sastrawan SMK Negeri 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34463

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti melalui penerapan pendekatan pembelajaran saintifik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI berjumlah 34 orang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengambilan data penelitian pada aspek sikap dan keterampilan adalah nontes dan data penelitian aspek pengetahuan menggunakan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian pada siklus-1 pencapaian ketuntasan klasikal pada aspek sikap 76,47%, aspek pengetahuan 82,85%, dan aspek keterampilan 85,29%. Sedangkan pada siklus 2 pencapaian ketuntasan klasikal sebagai berikut: ketuntasan klasikal pada aspek sikap 85,29%, aspek pengetahuan 94,12%, dan aspek keterampilan 88,24%. Maka, penerapan pendekatan pembelajaran saintifik dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik kelas XI. Implikasi penelitian ini diharapkan pendekatan pembelajaran saintifik dapat dijadikan salah satu rujukan oleh para guru untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Hindu dan Budi Pekerti peserta didik.

 

References

Alamsyah, N. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v1n1.p82-96.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Buana, I. M. S., Sutriyanti, N. K., & Ni Nyoman Mariani. (2019). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Di SD Negeri 1 Canggu. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(4), 247–251.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108.

Hamzah, I., & Mentari, S. (2017). Development of Accounting E-Module to Support the Scientific Approach of Students Grade X Vocational High School. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 78. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.9751.

HS, S., & S, S. (2021). Scientific Approach in Improving Science Learning Activities of Madrasah Ibtidaiyah Students. Middle Eastern Journal of Research in Education and Social Sciences, 2(2), 85–109. https://doi.org/10.47631/mejress.v2i2.227.

Indra G, A., & Amaliyah, I. (2017). Pengaruh Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Edunomic, 5. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v5i1.1071.

Klau, T. M., & Samo, D. D. (2021). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMPN 5 Kupang Pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan GeoGebra. Fraktal: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.35508/fractal.v2i1.3952.

Noviarti, I., & Sumarmin, R. (2018). The Validity o f The Sudent Worksheets Based on Scientific Approach for Student or Student a t Senior High School /MA Class XI. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 10(1), 179–184. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52155/ijpsat.v10.1.547.

Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119–128. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305.

Panji Nur Wicaksono, Kusuma, I. J., Festiawan, R., Widanita, N., & Anggraeni, D. (2020). Evaluasi penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran pendidikan jasmani materi teknik dasar passing sepak bola. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(1), 41–54. https://doi.org/10.21831/jpji.v16i1.29774.

Pitaloka, D. L., Dimyati, D., & Edi, P. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Toleransi pada Anak Usia Dini di Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1696–1705. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.972.

Ritonga, A. A. (2017). Pendekatan Saintifik Pembelajaran Pendidikan Agama pada Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Ilmu Keislaman, 41(1), 78–97. https://doi.org/10.30821/miqot.v41i1.339.

Rulianto, R. (2019). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 127–134. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16527.

Sandiyasa, I. K., Tantra, D. K., & Ida Ayu Tary Puspa. (2019). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dengan Kurikulum 2013 Di SD Negeri 1 Karangasem. Jurnal Penelitian Agama Hindu, 3(2), 87–97. http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/JPAH/article/view/1178.

Santhi, N. L. K. W., Sri Asri, I. G. A. A., & Manuaba, I. B. S. (2020). Social Studies Learning With Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Learning Model Assisted by Diorama Media Increases Student Knowledge Competence. International Journal of Elementary Education, 4(3), 281. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i3.25853.

Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik dan Penilaian Auntentik untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2). https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683.

Sutarto, S. (2017). Dampak Pengiring Pembelajaran Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangan Sikap Spiritual Dan Sosial Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. https://doi.org/10.21831/cp.v36i1.12792.

Wartini, N. L. M. O., Astawa, I. N. T., & Sudarsana, I. K. (2021). Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Sukawati Gianyar. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 31–39. https://doi.org/10.37329/metta.v1i1.1307.

Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Perspektif dan Peran Orangtua dalam Program PJJ Masa Pandemi Covid-19 di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1304–1312. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.768.

Yun Ismi Wulandari, Sunarto, dan S. A. T. (2015). Implementasi Model Discovery Learning Dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS I SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 1(5). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/7275/5057.

Downloads

Published

2021-05-15