Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjasorkes pada Siswa Kelas VI SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jear.v6i2.45821Kata Kunci:
Metode Drill, Hasil BelajarAbstrak
Minat siswa terhadap materi pembelajaran senam lantai guling belakang kurang disukai. Hal ini dikarenakan gerakan dianggap susah dan biasanya materi ini diajarkan secara individu dan monoton. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar penjasorkes siswa kelas VI SD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas VI yang berjumlah 35 orang siswa. Data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi. Metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran Penjasorkes melalui penerapan metode drill pada siswa kelas VI semester II tahun pelajaran 2018/2019 dinyatakan meningkat. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan hasil belajar antara siklus I (jumlah 2533, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 51%) dan siklus II (jumlah 2900, rata-rata 83, daya serap 83%, ketuntasan belajar 91%). Peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 11% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 40%. Jadi, penerapan metode drill pada siswa kelas VI SD dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes.
Referensi
Artha, I. K. A. (2021). Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Smash Bulutangkis Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMP Negeri 4 Busungbiu. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 46–55. https://doi.org/10.5281/zenodo.4420479.
Dwi pradipta, G. (2017). Strategi Peningkatan Keterampilan Gerak untuk Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak B. Jendela Olahraga, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292. DOI: https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1292
Erlinda, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Perkalian Bersusun Kesamping melalui Metode Drill bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 18 – 23. https://doi.org/10.29210/187%y. DOI: https://doi.org/10.29210/18700
Fahrurrozi, F., Sari, Y., & Shalma, S. (2022). Studi Literatur: Implementasi Metode Drill sebagai Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4331–4340. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2800
Fransiska, C., Masykur, R., & Putra, F. G. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Metode Drill ditinjau dari Gaya Belajar. Desimal, 2(2), 131 – 140. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4147
Hanief, Y. N., & Sugito, S. (2015). Membentuk Gerak Dasar pada Siswa Sekolah Dasar melalui Permainan Tradisional. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v1i1.575
Hidayati, N. A. (2020). Penerapan Metode Mind Map Berbasis Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa di Prodi PBSI IKIP PGRI Bojonegoro. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 462–468. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578. DOI: https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.578
Jaelani, A., & Aisyah, S. (2017). Pengaruh Metode Drill terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian pada Siswa Kelas III MIN Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1), 87 – 96. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1472. DOI: https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i1.1472
Jauhariyah, D., & Dardiri. (2017). Pengaruh Penggunaan Metode Drill pada Materi Kalor terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 37 – 45. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.907. DOI: https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.907
Juniati, E. (2017). Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Drill dan Diskusi Kelompok pada Siswa Kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291. DOI: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
Lestari, K. R. (2013). Model Pembelajaran Koperatif STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Undiksha, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJP/article/view/333.
Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Metode Drill pada Siswa Kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02 (January), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804.
Nuryanto, A., & Resita, C. (2019). Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang. JSPEED, 2(1), 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/speed/article/view/2219/1715.
Prasetyo, I. D., & Sunarti. (2016). Meningkatkan Kemampuan Senam Lantai Guling Belakang melalui Media Video. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 12(1), 5–10. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/download/10210/7931.
Pratama, R. S., Hidayah, T., & Haryono, S. (2019). Konservasi Budaya Berprestasi melalui Olahraga Petanque pada Siswa Sekolah Dasar se-Kabupaten Purbalingga. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 3(1), 30–35. https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31910. DOI: https://doi.org/10.15294/jscpe.v3i1.31910
Putri, F. W., Hartati, T., & Mulyasari, E. (2019). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 155–166. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i3.22916. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i5.12463
Raibowo, S., Nopiyanto, Y. E., & Muna, M. K. (2019). Pemahaman Guru PJOK tentang Standar Kompetensi Profesional. Journal of Sport Education (JOPE), 2(1), 10. https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15. DOI: https://doi.org/10.31258/jope.2.1.10-15
Saraswati, W., & Hariyanto, E. (2021). Upaya Meningkatkan Keterampilan Teknik Tendangan T Menggunakan Metode Drill pada Siswa PSHT Ranting Kandangan Cabang Kediri. Sport Science and Health, 3(12), 024–1031. https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p1024-1031. DOI: https://doi.org/10.17977/um062v3i122021p1024-1031
Setiawati, K. S., Parwata, I. G. L. A., & Suratmin. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Senam Lantai. Jurnal PENJAKORA, 7(1), 17–29. https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444. DOI: https://doi.org/10.23887/penjakora.v7i1.24444
Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397. DOI: https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397
Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. Journal of Education Action Research, 5(4), 542–547. https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v5i4.39476
Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140. DOI: https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140
Sutarni, S. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Metode Drill. Jurnal Pena Edukasi (JPE), 7(1), 1–8. https://doi.org/10.54314/jpe.v7i1.451. DOI: https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2823
Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993
Yuniartik, H., Hidayah, T., & Nasuka. (2017). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SLB C Se-Kota Yogyakarta. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpes/article/view/17389.