BAGAIMANA MELAKUKAN PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI?

Authors

  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti, NTT
  • I Wayan Dasna Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12858

Keywords:

penilaian, proses, inkuiri

Abstract

Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara melakukan penilaian proses pada pembelajaran berbasis inkuiri. Penulisan ini menggunakan kajian literatur melalui telaah jurnal, hasil penelitian yang relevan, dan buku sumber. Hasil analisis menunjukkan bahwa proses penilaian dapat dilakukan pengajar dalam pembelajaran dengan strategi inkuiri adalah penilaian kerja ilmiah. Untuk melakukan penilaian, pengajar menggunakan lembar observasi atau lembar penilaian. Aspek-aspek yang dinilai pada kerja inkuiri mengidentifikasi masalah, mengamati, mengajukan pertanyaan, membuat hipotesis, merencanakan percobaan, melakukan percobaan, menganalisis data, membuat kesimpulan dan generalisasi, dan berkomunikasi.

References

Arends, R.I. 2004. Learning to Teach. Sixth Edition. Boston: McGraw Hill.

Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Laksana, D.N L. (2017). The Effectiveness of Inquiry Based Learning for Natural Science Learning in Elementary School. Journal of Education Technology, 1(1), 1-5.

Lang, H.R. and Evans, D. N. 2006. Models, Strategies, and Methods for Effective Teaching. Boston: Pearson.

Llewellyn, D. 2013. Teaching Hingh School Science Through Inquiry and Argumentation. 2nd Edition. Thousand Oaks, California: Corwin a SAGE Company.

Ray, B. 2007. Modern Methods of Teaching Chemistry. New Delhi: APH Publishing Cooperation.

Popham, W.J. 2006. Assessment for Education. USA: Pearson Education, Inc

Downloads

Published

2017-12-19

How to Cite

Laksana, D. N. L., & Dasna, I. W. (2017). BAGAIMANA MELAKUKAN PENILAIAN PROSES PADA PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI?. Journal of Education Technology, 1(4), 224–230. https://doi.org/10.23887/jet.v1i4.12858

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)