PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERMUATAN MULTIMEDIA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR KELAS IV DI KABUPATEN NGADA

Maria Angelina Seso, Dek Ngurah Laba Laksana, Konstatinus Dua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema indahnya kebersamaan yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Subjek dalam penelitian ini adalah kurikulum 2013 dan siswa SD kelas IV di Kabupaten Ngada sedangkan objek penelitian adalah konten dan konteks kearifan lokal masyarakat Ngada yang relevan diintegrasikan dalam tema indahnya kebersamaan kelas IV untuk dijadikan sebuah bahan ajar elektronik bermuatan multimedia. Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Hasil pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia berdasarkan uji coba ahli dan siswa sebagai pengguna produk adalah sebagai berikut. (1) Uji coba pada ahli desain, ada pada kategori sangat baik. (2) Uji ahli multimedia menunjukkan kategori baik. (3) Uji coba ahli konten menunjukkan kategori baik. (4) Uji coba pada siswa menunjukkan kategori sangat baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar elektronik yang dikembangkan  layak digunakan pada siswa kelas IV.


Keywords


bahan ajar elektronik; multimedia; tematik

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A.N. (2010). Konsep bahan ajar elektronik dan ciri / karakteristik bahan ajar elekronik. Diterima melalui https://sites.google.com>elearningtp2010.

Dasna, I.W., Laksana, D.N.L., & Sudatha I.G.W. (2015). Desain dan model pembelajaran inovatif dan interaktif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Depdiknas. (2003). Sistem pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Laksana, D.N.L., & Seso, M.A. (2018). Desain pembelajaran kontekstual spirit meda mazi di SD kelas rendah. Journal of Education Technology, 2(1), 1-5.

Laksana, D.N.L., & Widiastika, I.G. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran tematik sekolah dasar berbasis budaya lokal masyarakat Flores. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 2(2), 150-160.

Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W., & Niftalya, I. (2016). Pengembangan bahan ajar tematik SD kelas IV berbasis kearifan lokal masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3(1), 1-10.

Laksana, D.N.L., & Wawe, F. (2015). Penggunaan media berbasis budaya lokal dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 27-37.

Oka, G.P.A. (2017). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis component display theory (CDT) pada mata kuliah multimedia jurusan teknologi pendidikan FIP UNDIKSHA. Jurnal IMEDTECH, 1(1), 46-58.

Prayogo, D.P. (2015). Pengembangan multimedia interaktif tematik untuk siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan: Universitas Yogyakarta.

Riwu, I.U., Laksana, D.N.L., & Dhiu, K.D. (2018). Pengembangan bahan ajar elektronik bermuatan multimedia pada tema peduli terhadap makhluk hidup untuk siswa SD Kelas IV di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56-64.

Rosida, F.N., & Jamlo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i4.16546

Article Metrics

Abstract view : 2236 times
PDF file view : 1384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.