DESAIN PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL SPIRIT MEDA MAZI DI SD KELAS RENDAH

Dek Ngurah Laba Laksana, Maria Angelina Seso

Abstract


Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran kontekstual spirit meda mazi di kelas rendah. Model pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari baik lingkungan pribadi, sosial dan budayanya. Spirit meda mazi merupakan ungkapan dalam bahasa Bajawa yang artinya duduk bersama untuk membicarakan sesuatu yang bermanfaat (bermusyawarah). Pengumpulan data penulisan ini dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi dan riview literatur. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan para guru di SDI Malanuza, bahwa dalam implementasi penerapan model pembelajaran kotentekstual yang berbasis spirit meda mazi guru masih mengalami kesulitan, yaitu dalam mengkaji materi. Karena tidak semua materi pembelajaran dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran ini. Model pembelajaran yang berbasis kontekstual spirit meda mazi saat ini baru diterapkan di dua Kecamatan yang ada di Kabupaten Ngada  yaitu Kecamatan Golewa dan Kecamatan Golewa Selatan khususnya di sekolah dasar.  Pembelajaran yang berbasis kontekstual spirit meda mazi ini dikembangkan berdasarkan hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah dengan hal-hal yang dipelajari di lingkungan masyarakat. Pembelajaran yang berbasis  kontekstual spirit meda mazi yang diterapakan di kelas rendah sangat membantu guru pada saat menjelaskan materi pelajaran. Karena pada pembelajaraan guru dapat menggunakan bahasa keseharian siswa yaitu bahasa daerah yang dapat membantu guru untuk menjelaskan materi sehingga siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan.


Keywords


spirit meda mazi; pembelajaran kontekstual

Full Text:

PDF

References


Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategie and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skill, Ed. 6th. Boston; Pearson

Lagong, A., Juita, E. & Laksana, D.N.L. (2017). Desain Pembelajaran Kontekstual Spirit Kearifan Lokal Medamazi untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding. 2nd Annual Proceeding, November 2017 (ISSN: 2355-5106) STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT.

Laksana, D.N.L & Rabu, K. (2016). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 79-89.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: theory, research, and practice. London: Allymand Bacon




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jet.v2i1.13799

Article Metrics

Abstract view : 2101 times
PDF file view : 2916 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JURNAL OF EDUCATION TECHNOLOGY IS PUBLISHED BY:

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116 Telp. 0362-22928
e-mail: jet@undiksha.ac.id 
Homepage: https://undiksha.ac.id


Currently, Journal of Education Technology indexed by:

 JET SINTA 4  

 

Creative Commons License

Journal of Education Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.