DESAIN PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL SPIRIT MEDA MAZI DI SD KELAS RENDAH

Authors

  • Dek Ngurah Laba Laksana STKIP Citra Bakti
  • Maria Angelina Seso STKIP Citra Bakti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13799

Keywords:

spirit meda mazi, pembelajaran kontekstual

Abstract

Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengembangkan desain pembelajaran kontekstual spirit meda mazi di kelas rendah. Model pembelajaran kontekstual merupakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, untuk mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari baik lingkungan pribadi, sosial dan budayanya. Spirit meda mazi merupakan ungkapan dalam bahasa Bajawa yang artinya duduk bersama untuk membicarakan sesuatu yang bermanfaat (bermusyawarah). Pengumpulan data penulisan ini dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara, observasi dan riview literatur. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan para guru di SDI Malanuza, bahwa dalam implementasi penerapan model pembelajaran kotentekstual yang berbasis spirit meda mazi guru masih mengalami kesulitan, yaitu dalam mengkaji materi. Karena tidak semua materi pembelajaran dapat diterapkan dengan menggunakan model pembelajaran ini. Model pembelajaran yang berbasis kontekstual spirit meda mazi saat ini baru diterapkan di dua Kecamatan yang ada di Kabupaten Ngada  yaitu Kecamatan Golewa dan Kecamatan Golewa Selatan khususnya di sekolah dasar.  Pembelajaran yang berbasis kontekstual spirit meda mazi ini dikembangkan berdasarkan hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran di sekolah dengan hal-hal yang dipelajari di lingkungan masyarakat. Pembelajaran yang berbasis  kontekstual spirit meda mazi yang diterapakan di kelas rendah sangat membantu guru pada saat menjelaskan materi pelajaran. Karena pada pembelajaraan guru dapat menggunakan bahasa keseharian siswa yaitu bahasa daerah yang dapat membantu guru untuk menjelaskan materi sehingga siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi yang diajarkan.

References

Dasna, I W., Laksana, D.N.L., & Sudhata, I G.W. (2015). Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Eggen, P. & Kauchak, D. (2012). Strategie and Models for Teachers: Teaching Content and Thinking Skill, Ed. 6th. Boston; Pearson

Lagong, A., Juita, E. & Laksana, D.N.L. (2017). Desain Pembelajaran Kontekstual Spirit Kearifan Lokal Medamazi untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding. 2nd Annual Proceeding, November 2017 (ISSN: 2355-5106) STKIP Citra Bakti, Bajawa, NTT.

Laksana, D.N.L & Rabu, K. (2016). Pembelajaran Kontekstual Berbantuan LKS Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA dan Aktivitas Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Citra Bakti, 2(1), 79-89.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning: theory, research, and practice. London: Allymand Bacon

Downloads

Published

2019-08-21

How to Cite

Laksana, D. N. L., & Seso, M. A. (2019). DESAIN PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL SPIRIT MEDA MAZI DI SD KELAS RENDAH. Journal of Education Technology, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13799

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)