PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS)

Penulis

  • Ngurah Mahendra Dinatha STKIP Citra Bakti, NusaTenggaraTimur, Indonesia
  • Maria Yuliana Kua STKIP Citra Bakti, NusaTenggaraTimur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500

Kata Kunci:

Modul praktikum digital, Nature of Science (NOS), Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) pada mata kuliah praktikum kimia dasar; 2) mendeskripsikan kualitas hasil uji coba produk pengembangan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) pada mata kuliah praktikum kimia dasar; dan 3) untuk mengetahui peningkatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa pada mata kuliah praktikum kimia dasar menggunakan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS). Modul praktikum digital ini dikembangkan dengan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ngada Provinsi Nusa Tenggara Timur. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian ini dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menjelaskan efektivitas modul praktikum digital yang akan dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pengembangan Modul Praktikum Digital sudah mencapai tahap analisis kebutuhan dan penyusunan; 2) Kualitas hasil uji coba produk pengembangan modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) pada mata kuliah praktikum kimia dasar mendapatkan kategori sangat baik; 3) Modul praktikum digital berbasis Nature of Science (NOS) dapat meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa pada mata kuliah praktikum kimia dasar.

Referensi

Degeng, I N.S. (2013). Ilmu pembelajaran: Klasifikasi variabel untuk pengembangan teori dan penelitian. Bandung: Kalam Hidup dan Aras Media.

Dinatha, N.M. (2017). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Terpadu. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2 (2): 214-223

Dinatha, N.M. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Facebook untuk Menilai Sikap Ilmiah (Afektif) Mahasiswa. Journal of Education Technology. I (3). 211-217

Dinatha, N.M. (2018). Nilai-nilai Karakter dalam Pembelajaran IPA di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti. 177-187

Dinatha, N. M. (2018). Profil Pengetahuan Mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA Terhadap Alat Laboratorium dan Fungsinya pada Mata Kuliah Praktikum Kimia Dasar. Ejurnal IMEDTECH. 1(2).

Fry, H., Ketteridge, S., & Marshall, S. (2014). A handbook for teaching and learning in higher education: Enhancing academic practice, 4th edition. London: Roudledge

McGriff, S.J. (2000). Instructional Systems. New York: College of Education, Penn State University. [Online] melalui http://www.cdc.qc.ca/ actes_aqpc/2005/ellis_joanne_608.pdf, diakses 20 Juli 2019.

Laksana, D.N.L., Kurniawan, P.A.W., & Niftalia, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Tematik SD Kelas IV Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 3 (1), 1-10.

Parmin. 2014. Penerapan Critical Review Artikel Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Skripsi. Jurnal Phenomenon, Volume 4 Nomor 1 Hal. 91-110. Tersedia Pada: https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2137.

Rahayuningsih, Suesthi Rani Jayanti. 2019. High Order Thinking Skills (HOTS) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Grup. Majamath Vol 2 No. 2 Hal. 87-93. Tersedia Pada: http://ejurnal.unim.ac.id/index.php/majamath/article/view/424/258.

Reigeluth, M., dan Alison A. Carr-Chellman. (2007). Instructional Design Theories and Models. Lawrence Erlbaum Associates, Mahwah, New Jersey. London.

Sugianto, Dony. (2013). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Jurnal Invotec. Vol 9. No2

Taufiqurrohman, Suryani. N., Suharno. (2017). Pemanfaatan LKS Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar KKPI di SMK Negeri 1 Gesi Kabupaten Sragen. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Pascasarjana Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret.

Trianto, Prihantoro Laksmi. (2010). Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta : Kencana

Diterbitkan

2019-11-30

Cara Mengutip

Dinatha, N. M., & Kua, M. Y. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM DIGITAL BERBASIS NATURE OF SCIENCE (NOS) UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS). Journal of Education Technology, 3(4), 293–300. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500

Terbitan

Bagian

Articles