PENGARUH MODEL PBL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA

Penulis

  • Putu Era Primayanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Suarjana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Astawan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17961

Kata Kunci:

PBL bermuatan kearifan lokal, sikap sosial, kemampuan berpikir kritis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan secara simultan sikap sosial dan kemampuan berpikir kritis
matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. 2) perbedaan sikap sosial antara
kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. 3) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika
antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan The Post Test Only Control Group Design. sampel pada penelitian ini
berjumlah 55 siswa dari kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 30 siswa yang diambil dengan sistem undian.
Instrument yang digunakan yaitu kuisioner dan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic
deskriptif dan inferensial yaitu uji manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan secara simultan sikap sosial
dan kemampuan berpikir kritis matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan
kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05. 2) terdapat perbedaan sikap sosial antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan
antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05. 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model
PBL bermuatan kearifan lokal dan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Referensi

Agustin, V. N. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL).”

Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Anggreni. N.W., Ristiati. N. P., Widyanti. N. L. P. M. 2013. “Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap

Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Ari Yudani, N.Km. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Questions Box Untuk Meningkatkan

Hasil Belajar IPA Siswa.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Astawan,I.G., Suryadarma. I.G.P., Sujarwo. 2018. “Ilmu Pengetahuan Alam Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas

IV SD.”

Dinasti, K. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Pembelajaran

untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II SD NO 4 Kampung Baru Singaraja Tahun

Pelajaran 2011/2012”. Skripsi (Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.

Fitriyani, I.Gn., Suwatra., I.,Wy., Kusmariyatni., Nym. 2015. “Pengaruh Model Savi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis

Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Gunantara. G., Suarjana. M., Nanci Riastini. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.” Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Khori. W., Rochmad., Adi. N. C. 2013. “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika

Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Semarang: Kampus Sekaran Gunungpati.

Rusmin, T. 2015.”Pemerdayaan Kearifan Lokal Memacu Kesetaraan Komunitas Adat Terpencil.”

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Siswantara, I Kadek Agus. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas

dan Hasil BelajarHasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Kesiman Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi

(Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Supriadi, I Made, Kadek. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan

Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Gugus Ubud Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi (Tidak

diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.

Vendiagrys. L., Iwan. J., Masrukan. 2015. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss

Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL).” Semarang:

Universitas Negeri Semarang.

Diterbitkan

2019-08-21

Cara Mengutip

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). PENGARUH MODEL PBL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA. Journal of Education Technology, 3(1), 28–34. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17961

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama