PENGARUH MODEL PBL BERMUATAN KEARIFAN LOKAL TERHADAP SIKAP SOSIAL DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V DI GUGUS V KECAMATAN SUKASADA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17961Kata Kunci:
PBL bermuatan kearifan lokal, sikap sosial, kemampuan berpikir kritisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) perbedaan secara simultan sikap sosial dan kemampuan berpikir kritismatematika antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang
mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. 2) perbedaan sikap sosial antara
kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran
konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. 3) perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika
antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan kelompok siswa yang mengikuti
pembelajaran konvensional pada siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Jenis penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Penelitian ini menggunakan rancangan The Post Test Only Control Group Design. sampel pada penelitian ini
berjumlah 55 siswa dari kelas eksperimen 25 siswa dan kelas kontrol 30 siswa yang diambil dengan sistem undian.
Instrument yang digunakan yaitu kuisioner dan tes uraian. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistic
deskriptif dan inferensial yaitu uji manova. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan secara simultan sikap sosial
dan kemampuan berpikir kritis matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan
kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <
0,05. 2) terdapat perbedaan sikap sosial antara kelompok siswa yang mengikuti model PBL bermuatan kearifan lokal dan
antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar
0,000 < 0,05. 3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara kelompok siswa yang mengikuti model
PBL bermuatan kearifan lokal dan antara kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional yang dibuktikan
dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Referensi
Agustin, V. N. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning (PBL).”
Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Anggreni. N.W., Ristiati. N. P., Widyanti. N. L. P. M. 2013. “Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap
Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Ari Yudani, N.Km. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Questions Box Untuk Meningkatkan
Hasil Belajar IPA Siswa.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Astawan,I.G., Suryadarma. I.G.P., Sujarwo. 2018. “Ilmu Pengetahuan Alam Bermuatan Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas
IV SD.”
Dinasti, K. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Video Pembelajaran
untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Semester II SD NO 4 Kampung Baru Singaraja Tahun
Pelajaran 2011/2012”. Skripsi (Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.
Fitriyani, I.Gn., Suwatra., I.,Wy., Kusmariyatni., Nym. 2015. “Pengaruh Model Savi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SD.” Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Gunantara. G., Suarjana. M., Nanci Riastini. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V.” Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Khori. W., Rochmad., Adi. N. C. 2013. “Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Dalam Pembelajaran Matematika
Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Semarang: Kampus Sekaran Gunungpati.
Rusmin, T. 2015.”Pemerdayaan Kearifan Lokal Memacu Kesetaraan Komunitas Adat Terpencil.”
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: A-Ruzz Media.
Siswantara, I Kadek Agus. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas
dan Hasil BelajarHasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD Negeri 8 Kesiman Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi
(Tidak diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.
Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Supriadi, I Made, Kadek. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan
Audio Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Gugus Ubud Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi (Tidak
diterbitkan): Universitas Pendidikan Ganesha.
Vendiagrys. L., Iwan. J., Masrukan. 2015. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Soal Setipe Timss
Berdasarkan Gaya Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL).” Semarang:
Universitas Negeri Semarang.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Journal of Education Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)