PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS DISCOVERY MATA PELAJARAN IPA SISWA SD NO 1 BAKTISERAGA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.23887/jeu.v5i2.20376Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui proses rancang bangun modul
pembelajaran (2) Hasil validasi pegembangan modul pembelajaran yang dikembangkan
menurut review para ahli dan uji coba produk (3) Mengetahui efektifitas modul
pembelajaran yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan adalah model
Dick and Carrey. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif
kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode pencatatan dokumen,
kuesioner dan tes. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Rancang bangun modul
pembelajaran mata pelajaran IPA dengan model Dick and Carrey meliputi semupuh
tahapan. (2) Modul pembelajaran mata pelajaran IPA yang dikembangkan valid dengan:
(a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan modul pembelajaran berpredikat
sangat baik (100%), (b) hasil review ahli media pembelajaran menunjukkan produk
berpredikat baik (88,19%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan modul
pembelajaran berpredikat baik (85,88%), (d) hasil uji coba perorangan, uji coba kelompok
kecil dan uji coba lapangan menunjukkan modul pembelajaran berpredikat sangat baik
(91,11%), (92,10%) dan (92,45%). (3) Efektivitas pengembangan menunjukkan bahwa
modul pembelajaran yang dikembangkan efektif meningkatkan hasil belajar IPA (thitung =
21,52 > ttabel = 1,989 pada taraf signifikansi 5%)
Kata kunci: pengembangan, modul pembelajaran, discovery learning
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal EDUTECH Undiksha agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)