Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10126Keywords:
Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPA pada penerapan model pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD No.5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD No. 5 Gulingan, sebanyak 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan metode tes. Data yang didapatkan dari metode tes selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD No. 5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I rata-rata hasil belajar IPA siswa sebesar 72,75% pada kategori sedang dan meningkat menjadi 80% pada siklus II yang berada pada kategori tinggi. Terjadi peningkatan sebesar 7,25%. Jadi model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SD No. 5 Gulingan tahun pelajaran 2016/2017References
Angga Wiguna, Sang Gede., I Wayan Widiana, Dewa Nyoman Sudana. Penerapan Pembelajaran Berbasis Otak Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7776).
Agung, A.A Gede. 2010. Metedologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.
Agusditya, Putu Handy., I.G.A.A. Sri Asri, I Made Suara. The Effect of Scientific Approach Based on Portfolio Assessment towards the Learning Outcomes of Civic Education of the Students Grade V Viewed from the Tendency of Observing Objects on Theme 7 SDN 4 Ubung. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9842).
Agus Suarimbawa, Kadek., A. A. I. N. Marhaeni, GAP Suprianti. 2017. An Analysis of Authentic Assessment Implementation Based on Curriculum 2013 in SMP Negeri 4 Singaraja. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017 (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9551).
Arikunto, Suharsimi. 2009. ”Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan”. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Aunurahman,Ulfah.2012. Stop Hipertensi. Yogyakarta : Familia
Ariyanti, 2011/2012. Penerapan Model Pembelajaran PKN siswa kelas V SD No.
Gulingan
Bundu, Patta.2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah (Dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar). Jakarta: Depdiknas.
Brahim, S, D. dan Zain, A. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Carin, Antur A. 1993. Teacing modern science. Sixth edition. New York: merril. Publishers.
Eggen.P.d., Kauchak. 1006. Strqategies of Teachers. New Jersey: Prentice-Hall Inc Enflewood Cliffs.
Febriyani, 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SD No. 4 Selat Kecamatan Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014
Gulo, W. 2002. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Grasindo
Hadi, L. S., Agustriyana, Subagiyo Subagiyo. 2017. Project Based Learning on Casting of Aluminium Tensile Test Specimen for Mechanical Engineering Students, State Polytechnic of Malang on Odd Semester of Academic Year 2016/2017. Journal of Evaluation and Research in Education (JERE) Vol 1 No 1 Tahun 2017. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JERE/article/view/9844).
Imas Kurniasih S. Pd & Berlin Sani, 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru
Laba Laksana, Dek Ngurah. 2016. Miskonsepsi Dalam Materi IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8588).
Oka Sugiarta, Gst Pt., I Wayan Widiana, I Dewa Kade Tastra. Penerapan Model Pembelajaran Akselerasi (Accelerated Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V di SD N 8 Banyuning. Mimbar PGSD Vol 6 No 3 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/8600).
Kunandar. (2011). Guru Profesional (implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan {KTSP}). Jakarta: PT Rajawali PersKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ). Jakarta: Bumi Aksara.
Nurkancana, Sunartana, 1990. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nurhadi, 2003, Pembelajaran Kontekstual: Jakarta, Gramedia Widiasarana.
Prof. Dr. A.A. Gede Agung, M.Pd. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Septiani Ari Pertiwi, Ni Luh., Ni Wayan Arini, I Wayan Widiana. 2016. analisis Tes Formatif Bahasa Indonesia Kelas IV Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi di Gugus XIII Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2015/2016. Mimbar PGSD Vol 5 No 2 Tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/ article/view/7692).
Setiawati , Dkk. 1993. Teknik Belajar Mengajar Dalam CBSA. Jakarta: Rineka
Suharsimi Arikunto, 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Thobroni, Mustofa. 2011. Belajar dan Pembelajaran: Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. Jakarta:Ar-Ruzz Media
Trianto, 2012. Model Pembelajaran Terpadu konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum KTSP
Trianto, M.Pd. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Usman Samatowa, 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.
Widiana, I Wayan. 2016. Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol 6.No 2 tahun 2016. (http://ejournal.undiksha.ac.id/ index.php/JPI/article/view/8154).
Winata Putra, H. Udin,S, (1992), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Universitas Terbuka.
Winkel,.S. (2002). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Journal Ilmiah Sekolah Dasar agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)