Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbasis Brainstorming Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Ni Kd. Mia Widiastari
  • Ni Wayan Suniasih

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24362

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Gugus Letkol Wisnu yang berjumlah 327 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 5 Peguyangan sebanyak 30 siswa dan kelas IV SD Negeri 10 Peguyangan sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 4,250 > ttabel = 2,000 dengan dk = 59 pada taraf signfikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2018/2019. Rata-rata GSn kelompok eksperimen = 0,664 > = 0,562 rata-rata GSn kompetensi pengetahuan IPS kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu.

 

References

Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Gunawan. 2014. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajara.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mukrimaa, S. S. 2014. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendiidikan Indonesia.

Pratiwi, Ni Lh. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Reasoning Berbasis Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA". Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/863.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT RajaGrafindo.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Rzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.

Widiastuti, A.A. Pt. 2014. "Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara". Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pensisikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/

Downloads

Published

2020-04-11

How to Cite

Widiastari, N. K. M., & Suniasih, N. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbasis Brainstorming Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24362

Issue

Section

Articles