Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition Berbasis Brainstorming Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v3i1.24362Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan rancangan penelitian Non-Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IV di SD Gugus Letkol Wisnu yang berjumlah 327 siswa. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD Negeri 5 Peguyangan sebanyak 30 siswa dan kelas IV SD Negeri 10 Peguyangan sebanyak 31 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 4,250 > ttabel = 2,000 dengan dk = 59 pada taraf signfikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2018/2019. Rata-rata GSn kelompok eksperimen = 0,664 > = 0,562 rata-rata GSn kompetensi pengetahuan IPS kelompok kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition berbasis Brainstorming berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus Letkol Wisnu.
References
Agung, A. A. G. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.
Gunawan. 2014. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Huda, M. 2015. Model-Model Pengajaran dan Pembelajara.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mukrimaa, S. S. 2014. 53 Metode Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Universitas Pendiidikan Indonesia.
Pratiwi, Ni Lh. 2014. "Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Reasoning Berbasis Brainstorming Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Mata Pelajaran IPA". Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/863.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT RajaGrafindo.
Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Rzz Media.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Undang- Undang No 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Presiden Republik Indonesia.
Widiastuti, A.A. Pt. 2014. "Pengaruh Model Auditory Intellectualy Repetition Berbantuan Tape Recorder Terhadap Keterampilan Berbicara". Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pensisikan Ganesha Jurusan PGSD (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)