Model Creativity Learning Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran IPA

Authors

  • Ni Ketut Kris Primayonita Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26551

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif dan tanggung jawab siswa masih sangat sulit ditumbuhkan karena keterbatasan waktu pembelajaran di sekolah yang mengakibatkan penerapan keterampilan berpikir kreatif dan tanggung jawab siswa pada proses pembelajaran kurang optimal. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model  Creativity Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif dan tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi-experiment, dengan rancangan yang digunakan non-equivalen post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 8 kelas yang terdiri dari 186 orang siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah Random Sampling dengan jumlah sampel 61 orang siswa. Data di analisis dengan menggunakan statistik Inferensial yaitu Uji Manova. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA dibuktikan bahwa nilai signifikan yang diperoleh 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Creativity Learning berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dan tanggung jawab siswa. Model creativity learning merupakan gabungan dari tiga model pembelajaran yaitu model inkuiri, PBL, dan BBL. Model ini mengarahkan siswa menyelesaikan persamasalahan dengan cermat dan kreatif, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis tersebut model creativity learning sangat cocok diterapkan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan tanggung jawab siswa.

Author Biographies

Ni Ketut Kris Primayonita, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Gusti Ayu Tri Agustiana, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Nyoman Laba Jayanta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Aditya Media Publishing.

Agustiana, I. G. A. T. 2014. Konsep Dasar IPA Aspek Biologi. Yogyakarta: Ombak.

Agustiana, I. G. A. T. 2015. Model Pembelajaran OPEMES dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains. ISBN: 978-602-72071-0-3, (hlm.1423-1433).

Agustiana, I. G. A. T. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Surabaya: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains PPs Unesa. ISBN: 978-60273229-0-4, (hlm 1423-1433).

Agustiana, I. G. A. T., & Dkk. 2013. Konsep Dasar IPA Aspek Fisika dan Kimia. Ombak.

Agustiana, I. G. A. T., & Dkk. 2019. Model Pembelajaran OPPEMEI. Undiksha Press.

Apriliani, A., & Wangig, M. N. 2015. Pengaruh SSP Tematik-Integratif terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasi, Volume 3, Nomor 1.

Aziz, A., & Dkk. 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Memanfaatkan Alat Peraga Sains Fisika (Materi Tata Surya) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kerjasama Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Volume 4, Nomor2, (hlm.94–99).

Dewi, N. L. P. K. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Pdeode Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran IPA pada Siswa Kelas V SD Laboratorium Undiksha. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha.

Eliasa, E. I. 2014. Increasing Valueof Teamwork and Responsibility of the Students Through Games: Integratingeducation Character in Lectures. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Volume 123, Nomor 196.

Fauziah, Y. N. 2011. Analisis Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Kelas V pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Edisi Khusus, Volume 1, Nomor 1, (hlm.98–106).

Gamez, C. M., & Dkk. 2016. Developing Preservice Science Teacher’ Beliefs about New Approaches to Science Education. Jurnal of Turkish Science Education, Volume 13, Nomor 2, (hlm.123–136).

Harahap, F. 2019. Model Pembelajaran CDR-Po untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran SAINS SMP. UNESA.

Hidayah, N. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Integratif Menggunakan Model Demonstrasi pada Siswa Kelas I SDN 82/VII Sei Benteng II. Jurnal Refleksi Edukatika, Volume 8, Nomor2.

Mariya, M. 2019. Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), Volume 3, Nomor 6, (hlm.1247–1254).

Nuryani, D. 2019. Efektifitas Media Smart Land untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, Volume 7, Nomor 2.

Purbosari, P. M. 2016. Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Volume 6, Nomor 3, (hlm.231–238).

Putra, R. D., & Dkk. 2016. No TitlePeningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. In Proceeding Biology Education Conference: Biology , Science, Enviromental, and Learning, Volume 13, Nomor 1.

Putri, I. W. S., & Dkk. 2017. Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Menyelesaikan Masalah Kesebangunan di SMPN 11 Jember. Jurnal Edukasi, Volume 4, Nomor 3, (hlm.59–62).

Rolina, N. 2014. Developing Responsibility Character for University Student In ECE Through Project Method. Procedia-Social and Behavioral Sciences, Volume 123, Nomor 170.

Sapriati, A., & Dkk. 2014. Pembelajaran IPA di SD. Universitas Terbuka.

Susanti, R. H. 2015. Meningkatkan Kesadaran Tanggung Jawab Siswa SMP melalui Penggunaan Teknik Klarifikasi Nilai. Jurnal Konseling Indonesia, Volume 1, Nomor 1.

Suyidino. 2017. Effectivenese Of Creative Responsbility Based Teaching (CRBT) Model on Basic Physice Learning to Increase Student's Scientific. Creativity and Responsbility Journal of Baltic Science Education, Volume 17, Nomor 1 .

Tilaar, H. A. R. 2012. Pengembangan Kreativitas dan Entrepreneurship Dalam Pendidikan Nasional. PT. Kompas Media Nusantara.

Tumurun, S. wahyu, & Dkk. 2006. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah, Volume 1, Nomor 1.

Voinea, M., & T., P. 2014. Teacher’s professional identity in the 21st century Romania. Procedia-Social and Behavioral Sciences.

Wardani, F. L., & Uyun, Z. 2017. Ngajeni Wong Liyo; Menghormati Orang yang Lebih Tua pada Remaja Etnis Jawa. Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 2, Nomor 2, (hlm.176–183).

Widiana, I. W., & Dkk. 2017. Pembelajaran Berbasis Otak (Brain Based Learning) Gaya Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, Volume 6, Nomor 1.

Widiastini, Y., & Dkk. 2018. Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran Pemecahan Menggunakan Pendekatan Open Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 12, Nomor 2.

Widyaningrum, R., & Prihastari, E. B. 2018. Implementasi Model Pembelajaran Talking Chips Disertai Media Fotonovela untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Menyampaikan Pendapat Mahasiswa. Premiere Educandum, Volume 8, Nomor 1, (hlm.22–30).

Wijaya, L., & Dkk. 2016. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII Ditinjau dari Tipe Kepribadian. Journal of Mathematics Education, Volume 5, Nomor 2, (hlm.84–91).

Downloads

Published

2020-07-24

How to Cite

Primayonita, N. K. K., Agustiana, I. G. A. T., & Jayanta, I. N. L. (2020). Model Creativity Learning Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Tanggung Jawab Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(2), 211–222. https://doi.org/10.23887/jp2.v3i2.26551

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)