Instrumen Penilaian Motivasi Belajar IPA

Authors

  • Made Savitri Yugakisha Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Laba Jayanta Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35918

Keywords:

motivasi belajar, IPA, instrumen penilaian

Abstract

Permasalahan yang terjadi terkait instrumen penilaian ini adalah guru tidak mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa karena tidak bertemu siswa selama pembelajaran daring, belum dilakukannya pemetaan dan analisis motivasi belajar serta tidak memiliki instrumen penilaian yang layak. Dari permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menguji kelayakan instrumen penilaian motivasi belajar IPA siswa dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model RDR  yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap research, development  dan research.Tahap uji coba lapangan kelompok besar, diseminasi dan implementasi tidak dilaksanakan karena waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli instrumen dan 98 siswa. Teknik menganalisis data yang digunakan adalah rumus Gregory untuk menguji validitas isi, rumus product moment untuk menguji validitas butir dan rumus Alpha-Cronbach yang skornya bukan 1 dan 0 untuk menguji reliabilitas. Hasil uji ahli instrumen menunjukkan bahwa dari 30 pernyataan kuisioner, terdapat 24 pernyataan yang relevan dan 6 pernyataan yang tidak relevan. Kemudian hasil perhitungan validitas isi sebesar 0,92 dengan kriteria validitas sangat tinggi, validitas butir yang menunjukkan 2 pernyataan tidak valid dan reliabilitas sebesar 0,6474 dengan kriteria reliabilitas kuat. Simpulan dari hasil analisis data tersebut yaitu instrumen penilaian yang dikembangkan telah menunjukkan hasil yang valid dan reliabel sehingga layak digunakan untuk menilai motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA SD.

Author Biographies

Made Savitri Yugakisha, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

I Nyoman Laba Jayanta, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Adiansah, W., Setiawan, E., Kodaruddin, W. N., & Wibowo, H. (2019). Person in Environment Remaja Pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/focus.v2i1.23118.

Ahn, I., Chiu, M. M., & Patrick, H. (2021). Connecting teacher and student motivation: Student-perceived teacher need-supportive practices and student need satisfaction. Contemporary Educational Psychology, 64(January). https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.101950.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

Duffy, T., McCaig, M., McGrandles, A., Rimmer, R., & Martin, C. R. (2014). Review of the integrity of a Self Administered Motivational Instrument. Nurse Education Today, 34(4), 625–630. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.05.015.

Erlisnawati. (2015). Masalah Motivasi Belajar Siswa SD Pada Ips Erlisnawati Fkip Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), Vol.1(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v1i2.698.

Fauziah, Intan, S., & Syarifah, H. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Studi di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–31. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17703/10167.

Gulikers, J. T. M., Kester, L., Kirschner, P. A., & Bastiaens, T. J. (2008). The effect of practical experience on perceptions of assessment authenticity, study approach, and learning outcomes. Learning and Instruction, 18(2), 172–186. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.02.012.

Hadikusuma, Z. (2016). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/3201.

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 131–152. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/elmidad/article/view/778.

Helti, Y. (2016). Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak SD dalam Berkomunikasi. Jurnal Cerdas Proklamator, 4(1), 1–31. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/1023.

Hendrawan, josia sanchaya, & Sirine, H. (2017). Pengaruh Sikap Mandiri, Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan). AJIE-Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship, 02(03), 291–292. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/8971/7517.

Hidayah, U., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2016). Konsistensi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas X MAN Patas. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3), 1–12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/8766.

Lumbantoruan, A., Irawan, D., & Siregar, H. R. (2019). Science Process Skills in Physics Practicum. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 6(2), 1–12. https://doi.org/10.30738/cjipf.v6i2.5839.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 244–257.

Mahirah. (2017). Handbook of Research on Science Teaching and Learning. New York : Maccmillan Company, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269.

Mas Ning Zahroh. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Visipena Journal, 8(2), 210–220. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.403.

Mudanta, K. A., Astawan, G., & Labajayanta, N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN 1 Sepang Kelod Kecamatan Busungbiu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2). https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611.

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611.

Nuriana, D. (2019). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Sikap Siswa Pada Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 51. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1970.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/63.

Rusydi, A., & Fadhli, M. (2018). Statistika Pendidikan: Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. CV. Widya Puspita.

Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar dan Komunikasi Interpersonal Guru sebagai Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa ( Teachers Teaching Skills and Student Learning Motivation as a Determinant of the Learning Skills ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144–153. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3258.

Sudiana, I. K., Sastrawidana, I. D. K., & Antari, N. P. S. (2018). Kendala Guru Dalam Penyelenggaraan Penilaian Sikap. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21169.

Sukanti, S. (2011). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(1), 74–82. https://doi.org/10.21831/jpai.v9i1.960.

Taradisa, Nidia., Jarmita, Nida., E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi COvid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1(1), 23. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14083/.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tuan, H. L., Chin, C. C., & Shieh, S. H. (2005). The development of a questionnaire to measure students’ motivation towards science learning. International Journal of Science Education, 27(6), 639–654. https://doi.org/10.1080/0950069042000323737.

Walid, A., & Hadiwinarto, H. (2021). Assessment Instruments of Learning Motivation and Science Learning Outcomes of Class V Elementary School Students. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 2(1), 17–26. https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/156.

Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 73–87. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2534.

Downloads

Published

2021-12-14

How to Cite

Yugakisha, M. S., & Jayanta, I. N. L. (2021). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 402–408. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35918

Issue

Section

Articles