Instrumen Penilaian Motivasi Belajar IPA

Made Savitri Yugakisha, I Nyoman Laba Jayanta

Abstract


Permasalahan yang terjadi terkait instrumen penilaian ini adalah guru tidak mengetahui seberapa besar motivasi belajar siswa karena tidak bertemu siswa selama pembelajaran daring, belum dilakukannya pemetaan dan analisis motivasi belajar serta tidak memiliki instrumen penilaian yang layak. Dari permasalahan tersebut, dilakukan penelitian dengan tujuan untuk menguji kelayakan instrumen penilaian motivasi belajar IPA siswa dilihat dari validitas dan reliabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model RDR  yang terdiri dari 3 tahap yaitu tahap research, development  dan research.Tahap uji coba lapangan kelompok besar, diseminasi dan implementasi tidak dilaksanakan karena waktu dan kondisi yang tidak memungkinkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan kuisioner. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 ahli instrumen dan 98 siswa. Teknik menganalisis data yang digunakan adalah rumus Gregory untuk menguji validitas isi, rumus product moment untuk menguji validitas butir dan rumus Alpha-Cronbach yang skornya bukan 1 dan 0 untuk menguji reliabilitas. Hasil uji ahli instrumen menunjukkan bahwa dari 30 pernyataan kuisioner, terdapat 24 pernyataan yang relevan dan 6 pernyataan yang tidak relevan. Kemudian hasil perhitungan validitas isi sebesar 0,92 dengan kriteria validitas sangat tinggi, validitas butir yang menunjukkan 2 pernyataan tidak valid dan reliabilitas sebesar 0,6474 dengan kriteria reliabilitas kuat. Simpulan dari hasil analisis data tersebut yaitu instrumen penilaian yang dikembangkan telah menunjukkan hasil yang valid dan reliabel sehingga layak digunakan untuk menilai motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA SD. 


Keywords


motivasi belajar; IPA; instrumen penilaian

References


Adiansha, A. A. (2017). Kata Kunci: motivasi, prestasi, metode pemberian balikan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 11–13. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/17703/10167

Ahn, I., Chiu, M. M., & Patrick, H. (2021). Connecting teacher and student motivation: Student-perceived teacher need-supportive practices and student need satisfaction. Contemporary Educational Psychology, 64(January). https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.101950

Astalini, & Kurniawan, D. A. 2019. Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains (JPS). Volume 7, No. 1, hlm. 1–7.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka¬tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Candiasa, I M. 2010. Pengujian Instrumen Penelitian Disertai Aplikasi ITEMAN dan BIGSTEPS. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Duffy, T., McCaig, M., McGrandles, A., Rimmer, R., & Martin, C. R. (2014). Review of the integrity of a Self Administered Motivational Instrument. Nurse Education Today, 34(4), 625–630. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2013.05.015

Erlisnawati. (2015). Masalah Motivasi Belajar Siswa Sd Pada Ips Erlisnawati Fkip Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPsd), Vol.1(2), 1–10.

Fauziah, Intan, S., & Syarifah, H. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson Studi di Kelas V SD Negeri Lampagen Aceh Besar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 30–31.

Fimala, Y., & Miaz, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. E-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8, 1–10. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd

Gomez Urquiza, J. L., Gomez Salgado, J., Albendin Garcia, L., Correa Rodriguez, M., Gonzalez Jimenez, E., & Canadas De la Fuente, G. A. (2019). The impact on nursing students’ opinions and motivation of using a “Nursing Escape Room” as a teaching game: A descriptive study. Nurse Education Today, 72, 73–76. https:// doi.org/10.1016/j.nedt.2018.10.018.

Gulikers, J. T. M., Kester, L., Kirschner, P. A., & Bastiaens, T. J. (2008). The effect of practical experience on perceptions of assessment authenticity, study approach, and learning outcomes. Learning and Instruction, 18(2), 172–186. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2007.02.012

Hadikusuma, Z. (2016). Pengembangan Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kota Pekanbaru. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/tematik/article/view/3201

Hafida, dkk. (2020). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Di Tengah Pendemi Covid-19. Indonesian Journal Of Education Scince, 2(2), 82.

Hajaroh, S., & Adawiyah, R. (2018). Kesulitan Guru dalam Mengimplementasikan Penilaian Autentik. Jurnal Jurusan PGMI, 10(2), 131–152.

Helti, Y. (2016). Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak SD dalam Berkomunikasi. Jurnal Cerdas Proklamator, 4(1), 1–31. http://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php?journal=JCP-PGSD&page=article&op=view&path%5B%5D=9921&path%5B%5D=8334

Hidayah, U., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2016). Konsistensi Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan Indikator pada Evaluasi Guru dalam Pembelajaran Eksposisi Berdasarkan Kurikulum 2013 Siswa Kelas X MAN Patas. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 5(3), 1–12.

Hill, S. et al. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Metode Eksperimen Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kearney, SP & Perkins, T 2014, 'Engaging students through assessment: The success and limitations of the ASPAL (Authentic Self and Peer Assessment for Learning) model', Journal of University Teaching and Learning Practice, vol. 11, no. 3.

Krismony, N. P. A., Parmiti, D. P., & Japa, I. G. N. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28264

Kurniati, Erisa. 2017. “Perkembangan Bahasa pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 17 (3): 47–56.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., Putri, R., & Tangerang, U. M. (2020). Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya. Bintang : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2, 244–257.

Mahirah. B. (2017). Evaluasi Belajar Peserta Didik (Siswa). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 257–267. https://doi.org/10.24252/idaarah.v1i2.4269

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian, dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mas Ning Zahroh. (2017). Evaluasi Kinerja Guru Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Yayasan Al Kenaniyah Jakarta Timur. Visipena Journal, 8(2), 210–220. https://doi.org/10.46244/visipena.v8i2.403

Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611

Norazaini. 2017. Peningkatan Hasil Belajar IPA Menggunakan Media Lingkungan Alam Pada Siswa Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 7, No. 6, hlm. 716–722.

Nuriana, D. (2019). Kendala Guru Dalam Memberikan Penilaian Sikap Siswa Pada Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 2(2), 51. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i2.1970

Nurmasitah, S., Achmad, U., & Prasetyaningtyas, W. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Penyusunan Proposal Penelitian untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. Teknobuga, 5(2), 66–73. https://doi.org/10.1529/jtbb.v5i2.15371

Paulina, Undang, R., & Chandra, E. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1, 29–40.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Ipa Siswa Terhadap Hasil. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286.

Ratnaningsih, S., & Nastiti, G. (2018). Upaya Meningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Gambar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 5(2), 275. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v5i2.3397

Rusydi, A., & Fadhli, M. (2018). STATISTIKA PENDIDIKAN : Teori dan Praktik Dalam Pendidikan. In Journal of Visual Languages & Computing, CV. WIDYA PUSPITA (Vol. 11, Issue 3).

Safitri, E., & Sontani, U. T. (2016). Keterampilan Mengajar dan Komunikasi Interpersonal Guru sebagai Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa ( Teachers Teaching Skills and Student Learning Motivation as a Determinant of the Learning Skills ). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 144–153.

Saftari, Maya, N. F. (2019). ASSESSMENT OF AFFECTIVE DOMAIN IN ATTITUDE SCALE STMIK Atma Luhur , Universitas Sriwijaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kependidikan, 7(1), 71–81.

https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/schemata/article/download/836/465/

Santoso, B., Putri, D. H., & Medriati, R. (2020). Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Problem Based Learning Bermuatan. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 1–16.

Setyowati. (2007). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Semarang Tahun Ajaran 2007. (online), (http://Journal.Unes.ac.id, Di aksess 23 November 2017)

Sudiana, I. K., Sastrawidana, I. D. K., & Antari, N. P. S. (2018). Kendala Guru Dalam Penyelenggaraan Penilaian Sikap. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 2(2), 69. https://doi.org/10.23887/jjpk.v2i2.21169

Sukanti, S. (2011). Penilaian Afektif Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(1), 74–82. https://doi.org/10.21831/jpai.v9i1.960

Sulthon, S. (2017). Pembelajaran IPA yang Efektif dan Menyenangkan bagi Siswa MI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1969

Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 90–101. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Taradisa, Nidia., Jarmita, Nida., E. (2020). Kendala Yang Dihadapi Guru Mengajar Daring Pada Masa Pandemi Covid 19 MIN 5 Banda Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 1(1), 23.

Taurina, Z. (2015). Students Motivation and Learning Outcomes: Significant Factors in Internal Study Quality Assurance Aystem. International Journal for Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE), 5(4), 2625–2630. https://infonomics-society.org/wp-content/uploads/ijcdse/published-papers/special-issue-volume-5-2015/Students-Motivation-and-Learning-Outcomes-Significant-Factors-in-Internal-Study-Quality-Assurance-System.pdf

Tuan, H. L., Chin, C. C., & Shieh, S. H. (2005). The development of a questionnaire to measure students’ motivation towards science learning. International Journal of Science Education, 27(6), 639–654. https://doi.org/10.1080/0950069042000323737

Uno, Hamzah. B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Zuhera, Y., Habibah, S., & Mislinawati. (2017). Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 73–87




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jp2.v4i2.35918

Article Metrics

Abstract view : 658 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran indexed by:


  Akreditasi SINTA   Crossref  
Creative Commons License

Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



View My Stats