Media Fun Thinkers Berbasis Soal Literasi untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup

Authors

  • Ni Luh Wayan Rata Dewi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Ketut Suarni Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Ayu Tri Agustiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37939

Keywords:

media fun thinkers, soal literasi

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran dapat berdampak terhadap penurunan hasil belajar siswa.  Pembelajaran memerlukan media yang menarik minat siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menciptakan media fun thinkers berbasis soal literasi yang valid dan  praktis  pada topik pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D. Subjek penelitian ini adalah 3 ahli media, 3 ahli materi soal, 2 praktisi, dan 10 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini adalah metode nontes berupa kuesioner dalam bentuk rating scale dengan rentang 5-1. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menghitung indeks validitas penilaian ahli serta menghitung rata-rata respon praktisi dan siswa. Hasil analisis data validitas ahli media memperoleh skor terendah sebesar 0,83 dan skor tertinggi sebesar 1 sedangkan ahli materi soal memperoleh skor terendah sebesar 0,83 dan skor teringgi sebesar 1. Hal ini menunjukkan bahwa validitas media fun thinkers berbasis soal literasi sangat valid. Rata-rata skor penilaian respon praktisi sebesar 5. Rata-rata skor penilaian respon siswa sebesar 4,81. Dengan begitu, secara keseluruhan penilaian respon praktisi dan respon siswa terhadap media fun thinkers berbasis soal literasi berada pada rentang 4,01 < x < 5,01 dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, media fun thinkers berbasis soal literasi pada topik pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup di kelas III sekolah dasar dinyatakan valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Author Biographies

Ni Luh Wayan Rata Dewi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ni Ketut Suarni, Universitas Pendidikan Ganesha

Bimbingan Konseling

I Gusti Ayu Tri Agustiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agostinho, S. (2011). The use of a visual learning design representation to support the design process of teaching in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 27(6), 961–978. https://doi.org/10.14742/ajet.923.

Agung, A. A. G. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes Piaget ’ s Theory of Cognitive Development Analysis in 11 Year Olds in Brebes. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177.

Anjarani, A. S., Mulyadiprana, A., & Respati, R. (2020). Fun Thikers sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar : Kajian Hipotetik. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 100–111. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26466.

Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Antologi UPI, 1(2), 1–17. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/159.

Budiarnawan, K. B., Antari, N. N. M., & Rati, N. W. (2014). Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Desa Selat. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2224.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243–255. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96.

Efanudin, A. F., & Wibawa, S. C. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar Untuk Siswa Kelas X Jurusan RPL Di SMK Krian 1 Sidoarjo. It-Edu, 2(02), 202–209. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/22657/20779.

Fa’idah, R. N., H, S. K., & Mahanal, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(12), 1704–1709. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i12.13096.

Fransisca, I., & Mintohari. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pelajaran Ipa Dalam Materi Tata Surya Kelas Vi SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(11), 1916–1927. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24661.

Han, Y. (2019). Exploring multimedia, mobile learning, and place-based learning in linguacultural education. Language Learning & Technology, 23(3), 29–38. https://eric.ed.gov/?id=EJ1234122.

Hung, H. T., Yang, J. C., & Tsai, Y. C. (2020). Student game design as a literacy practice: A 10-Year review. Educational Technology and Society, 23(1), 50–63. https://eric.ed.gov/?id=EJ1255781.

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017.

Kurniawati, D., & Mawardi. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Gotong Royong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640–648. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.387.

Kusumastuti, R. P., Rusilowati, A., & Nugroho, S. E. (2019). Pengaruh Keterampilan Berpikir Krtis Terhadap Literasi Sains Siswa. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 8(3), 254–261. https://doi.org/10.15294/upej.v8i3.35624.

Liew, T. W., Mat Zin, N. A., & Sahari, N. (2017). Exploring the affective, motivational and cognitive effects of pedagogical agent enthusiasm in a multimedia learning environment. Human-Centric Computing and Information Sciences, 7(1). https://doi.org/10.1186/s13673-017-0089-2.

Maloy, J., Fries, L., Laski, F., & Ramirez, G. (2019). Seductive details in the flipped classroom: The impact of interesting but educationally irrelevant information on student learning and motivation. CBE Life Sciences Education, 18(3). https://doi.org/10.1187/cbe.19-01-0004.

Mapicayanti, D., Jamaludin, J., & Fathoni, A. (2018). Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesain Jaringan Lokal/LAN Kelas X TKJ. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(2), 59. https://doi.org/10.29408/edumatic.v2i2.913.

Maswin, Ilyas, M., & Nurdin. (2020). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 24–30. https://doi.org/10.30605/2615-7667.482.

McQuillan, J. (1999). Seven myths about literacy in the United States. Practical Assessment, Research and Evaluation, 6(1), 1998–1999. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED509943.pdf.

Megawati. (2018). Pentingnya Pengakomodasian Pengalaman Belajar Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tunas Pendidikan, 1(1), 21–30. https://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/pgsd/article/view/62.

Moslem, M. C., Komaro, M., & Indonesia, U. P. (2019). Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Aircraft Drawing Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21803.

Nst, S. A. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Berbasis Scientific pada Tema 4 Berbagai Pekerjaan Subtema 1 Jenis-Jenis Pekerjaan Kelas IV di SDN 060912 Medan Denai T.A 2020/2021. Jurnal Keluarga Sehat Sejahtera, 18(1), 36–45. https://doi.org/10.24114/jkss.v18i1.25069.

Peng, R., & Fu, R. (2021). The effect of Chinese EFL students’ learning motivation on learning outcomes within a blended learning environment. Australasian Journal of Educational Technology, 37(6), 61–74. https://doi.org/10.14742/ajet.6235.

Philip, R. (2018). Finding creative processes in learning design patterns. Australasian Journal of Educational Technology, 34(2), 78–94. https://doi.org/10.14742/ajet.3787.

Riani, R. P., Huda, K., & Fajriyah, K. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik “Fun Thinkers Book” Tema Berbagai Pekerjaan. Jurnal Sinektik, 2(2), 173–184. https://doi.org/10.33061/js.v2i2.3330.

Rizqi, A. T., & Sumantri, M. (2019). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071.

Sabrina, R., Fauzi, & Yamin. (2017). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Dalam Proses Pembelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 108–118. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/download/7736/3350.

Safrizal, Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215–223. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987.

Setiawan, A. R. (2020). Desain Pembelajaran Tematik untuk Membimbing Siswa Sekolah Dasar dalam Memperoleh Literasi Saintifik. Journal of Petrology, 369(1), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Sommer, M., Kohnen, A., Ritzhaupt, A., & Hampton, J. (2021). Investigation of the Validity Evidence of the Information Literacy Self-Efficacy Scale (ILSES) Among Undergraduate Students. Communications in Information Literacy, 15(1), 1–23. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2021.15.1.1.

Sugiartini, N. K., Pudjawan, K., & Renda, N. T. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Rasa Percaya Diri Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 5(2), 171. https://doi.org/10.23887/ika.v17i2.19853.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 73–82. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.89.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16. http://dx.doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21262.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77.

Wijaya, I. H., Ermiana, I., & Khair, B. N. (2021). The Influence of Fun Thinkers Book Media Towards Science Concepts Understanding of 5Th Grade Student on Min 3 Central Lombok in 2020/2021 Academic Year. Progres Pendidikan, 2(2), 81–88. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i2.128.

Yuanta, F. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 91–100. http://dx.doi.org/10.30742/tpd.v1i02.816.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614.

Downloads

Published

2021-08-07

How to Cite

Dewi, N. L. W. R., Suarni, N. K., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). Media Fun Thinkers Berbasis Soal Literasi untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar Pada Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 233–242. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37939

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)