Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan PKn
DOI:
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19280Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar Denpasar Barat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 239 siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sedangkan sampel yang digunakan berjumlah 76 siswa yang terdiri dari siswa kelas IV SDN 13 Dauh Puri sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 42 siswa dan SDN 12 Dauh Puri sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dalam bentuk pilihan ganda biasa. Selanjutnya data dianalisis dengan uji-t. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan PKn antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar Denpasar Barat tahun pelajaran 2017/2018. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio terhadap kompetensi pengetahuan PKn siswa kelas IV SD Gugus Teuku Umar Denpasar Barat tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai hasil kajian yang relevan bagi peneliti lain yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai model pembelajaran jigsaw berbasis penilaian portofolio.
Kata Kunci: Model pembelajaran jigsaw, penilaian portofolio, kompetensi pengetahuan PKn
References
Adimassana. 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Ips Sd . Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD). Volume 20, No. 2, Desember 2016, hlm. 174-181
Agung, A.A G . 2014. Buku Ajar Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang : Aditya Media Publishing
Arifin, Zainal. 2009. Evaluasi Pembelajaran.Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasa-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Budiyanto, Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Model Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: Universitas Muhammadiyah
Darmada, Olyn Suyanti. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN 1 Dan 2 Rendang”. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada http://ejournal.undiksha.ac.id (Diakses tanggal 24 November 2017)
Munirah. 2015. Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan Dan Realita. Jurnal Auladuna, Vol. 2 No. 2 Desember 2015: 233-245
Pradnyani, Gst Ayu Indah. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Berbasis Kearifan Lokal Tat Twam Asi Terhadap Kompetensi Pengetahuan Pkn Siswa Kelas IV SD Gugus PB. Sudirman Denpasar Barat”. Universitas Pendidikan Ganesha. Tersedia Pada http://ejournal.undiksha.ac.id (Diakses tanggal 31 November 2017)
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna Dan Kedudukannya Dalam Pendidikan) . Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember 2015
Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rajawali Pers
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualiatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2015. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia
Suprihatin, Siti. 2015. Penggaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.
Sutoyo. 2011. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovativ Berorientasi konstruktivistik. Jakarta:Prestasi Pustaka.
Wahyudin, Dinn, dkk. 2004. Materi Pokok Pengantar Pendidikan Jakarta: Universitas Terbuka.
Yusuf, Muri. 2015. Assesment dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenad
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)